Apa Itu ISK? Bikin Kalina Oktarani Dikira Sakit Kelamin Berbahaya

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA Lifestyle – Isu tak sedap kembali mendera Kalina Oktarani yang dikabarkan menderita infeksi saluran kemih / ISK atau infeksi kandung kemih. Penyakit itu tak dibantahnya lantaran diagnosis dokter mengatakan demikian. Tapi, mantan istri Vicky Prasetyo ini naik pitam usai beredar isu bahwa ISK yang diidapnya ini sama seperti penyakit kelamin berbahaya. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Tuduhan atas penyakit kelamin berbahaya ini diutarakan oleh mantan kekasihnya, Ricky Miraza. Penyakit ini, kata dia, adalah dampak dari gaya hidupnya yang kurang baik selama ini. Gerah lantaran diserbu berita miring, Kalina Oktarani mengklarifikasi soal ISK di akun Instagram pada Senin, 18 Juli 2022 kemarin seraya mengunggah percakapan dengan dokter. 

Mencermati isi percakapan antara Kalina Oktarani dengan dokter tersebut, terlihat jelas bahwa penyebab Kalina Oktarani terkena infeksi kandung kemih karena beberapa hal, salah satunya adalah menahan pipis. Sebab itu, publik pun penasaran dengan infeksi saluran kemih (ISK) yang diderita oleh Kalina Oktarani. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Definisi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih.

Photo :
  • U-Report
Parto Patrio Terbaring dibawa Pakai Ambulans, Sakit Apa?

Infeksi saluran kemih merupakan sebuah kondisi ketika ada bakteri pada organ saluran kencing seseorang. Bakteri yang mengakibatkan infeksi saluran kemih ini bisa memengaruhi bagian ginjal, kandung kemih, dan tabung yang bisa menghubungkan keduanya. 

Saluran kemih atau kencing ini bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu saluran kemih atas dan bawah. Saluran kemih bagian atas terdiri atas ginjal dan ureter, atau saluran ginjal ke kandung kemih. Sedangkan, saluran kemih bagian bawah terdiri atas kandung kemih dan uretra.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih.

Photo :
  • U-Report

Infeksi saluran kemih ini bisa ditandai dengan sakit ketika buang air kecil, sering buang air kecil tapi urine yang keluar sedikit dan warna urine keruh atau merah bercampur dengan darah. Jika tak segera diobati, infeksi yang sudah mencapai ginjal akan mengakibatkan kerusakan ginjal permanen. Bahkan, tak menutup kemungkinan infeksi akan menyebar sampai menimbulkan peradangan di seluruh tubuh. 

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

ilustrasi kandung kemih bermasalah.

Photo :
  • U-Report

Biasanya, penyebab infeksi saluran kemih ini karena bakteri Escherichia coli (E.coli) yang ditemui pada usu. Tapi, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh bakteri jenis lain. Ketika bakteri E. Coli ada pada kulit atau dekat anus, bakteri ini akan masuk ke dalam saluran kencing dan berpindah ke tempat lain. 

Pada wanita, lantaran saluran kencing dan anus berdekatan, risiko infeksi menjadi lebih tinggi. Bakteri juga bisa masuk ke area saluran kencing lewat kateter urine yang dipakai saat terapi medis. Selain itu, hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Tapi, bukan berarti kamu yang tidak aktif berhubungan badan akan terhindar dari penyakit ini. 

Pengobatan dan Pencegahan ISK

Ilustrasi menderita kanker kandung kemih.

Photo :
  • U-Report

Pengobatan infeksi saluran kemih bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Tapi, pemeriksaan terlebih dahulu oleh seorang dokter adalah hal yang patut dilakukan supaya jenis antibiotik yang diresepkan sesuai dengan kondisi pasien. Khusus untuk pasien dengan gejala yang berat, pengobatan harus dilakukan di rumah sakit. 

Infeksi saluran kemih ini bisa dicegah dengan cara banyak minum air putih, sehingga bakteri yang mungkin masuk ke dalam saluran kemih akan selalu terbilas bersama dengan urine. Pada seorang wanita, ISK bisa dicegah dengan menerapkan cara yang benar ketika membersihkan organ intim usai buang air besar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya