Ramai Diperbincangkan, Apa Itu Ringworm?

Ilustrasi kulit gatal.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA Lifestyle – Ringworm mendadak menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna media sosial. Ringworm sendiri merupakan salah satu infeksi jamur kulit yang dapat mengganggu kesehatan kulit dan tubuh.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Ringworm ini dapat menyerang manusia dan hewan. Ringworm awalnya muncul sebagai bercak yang berubah warna, seringkali bersisik di daerah yang terkena. Bercak ini biasanya tampak merah pada kulit yang lebih terang atau coklat keabu-abuan pada kulit yang lebih gelap.

Lantas apa yang menyebabkan seseorang terpapar Ringworm? Melansir laman Healthline, sekitar 40 spesies jamur yang berbeda dapat menyebabkan ringworm. Mereka biasanya dari jenis Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Ilustrasi kulit gatal.

Photo :
  • U-Report

Jamur ini dapat hidup di kulit dan permukaan lainnya, terutama area yang lembab. Ringworm juga dapat hidup untuk waktu yang lama sebagai spora di tanah.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Ringworm sendiri dapat menyebar ke manusia dalam empat cara:

1. Manusia ke manusia

Anda bisa terkena infeksi jika Anda melakukan kontak dengan orang yang menderita ringworm atau jika Anda berbagi barang pribadi, seperti sisir atau handuk. Infeksi ini umumnya menyebar di antara anak-anak dan dengan berbagi barang-barang yang mengandung jamur.

2. Hewan ke manusia

Ilustrasi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Photo :
  • U-Report

Anda bisa terkena ringworm setelah menyentuh hewan yang terkena atau bahkan benda-benda yang bersentuhan dengan hewan tersebut. Kucing dan anjing adalah sumber umum, tetapi hewan lain, seperti hewan ternak, dapat menyebarkan jamur juga.

3. Objek bagi manusia

Anda mungkin mendapatkan infeksi jika Anda bersentuhan dengan benda atau permukaan yang terpapar dengan virus ini, seperti telepon atau lantai pancuran umum. Jamur ini tumbuh subur di lingkungan yang lembab.

4. Tanah ke manusia

Manusia dan hewan bisa terkena kurap setelah kontak langsung dengan tanah yang membawa jamur.

Sementara itu, siapapun diketahui bisa terpapar ringworm, tetapi Anda mungkin lebih berisiko jika hidup di lingkungan atau iklim yang hangat dan lembab berpartisipasi dalam olahraga kontak, seperti gulat atau sepak bola, mengunakan kamar mandi umum atau ruang ganti, melakukan kontak dekat dengan hewan, mengenakan sepatu atau pakaian ketat yang membuat kulit Anda lecet, menderita diabetes, memiliki obesitas atau kelebihan berat badan, keringat berlebihan
atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sementara itu, beberapa gejala dari ringworm yang perlu diwaspadai antara lain:

1. rasa gatal
2. bercak gatal atau bersisik yang berwarna merah, coklat, atau abu-abu, atau area kulit yang menonjol yang disebut plak
3. sepetak kulit gatal yang bulat dan rata
4. tambalan yang mengembangkan lepuh atau pustula
5. tambalan yang menyerupai cincin dengan warna yang lebih dalam di bagian luar
6. rambut rontok

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya