Bisa Berbahaya Ini Tanda Darah "Terlalu Tipis", Kata Para Ahli

Sakit kepala
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Darah yang "terlalu tipis" berarti memiliki trombosit yang rendah, zat alami yang membantu darah menggumpal. Ini adalah kondisi yang disebut trombositopenia, dan dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu atau reaksi terhadap obat pengencer darah. 

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Ini berbahaya karena begitu pendarahan dimulai, akan sulit untuk berhenti. Ini adalah beberapa tanda bahwa darah Anda terlalu encer, menurut para ahli yang dilansir dari Eat This, Senin 25 Juli 2022.

Pendarahan di gusi

Photo :
  • Eat This
Banyak Aktivitas Luar Ruangan, Ria Ricis Risih dengan Kulit Wajahnya yang Menghitam

Sering Memar

Menurut Mayo Clinic, gejala umum trombositopenia adalah mudah memar atau memar berlebihan, juga dikenal sebagai purpura. Anda mungkin lebih mudah memar daripada sebelumnya, atau cedera yang relatif kecil dapat menyebabkan memar yang lebih besar dari biasanya.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Pendarahan tidak biasa

Pendarahan yang berkepanjangan, bahkan dari luka kecil, adalah tanda lain bahwa darah lebih encer dari yang seharusnya, kata National Institutes of Health. Anda mungkin juga sering mengalami mimisan, gusi berdarah, periode menstruasi yang lebih berat, atau melihat darah di tinja atau urin Anda.

Bintik kemerahan pada kulit

Bercak di kulit

Photo :
  • Eat This

Jika darah Anda terlalu encer, Anda mungkin mengalami pendarahan superfisial ke dalam kulit. Ini mungkin terlihat seperti ruam kecil, bintik-bintik ungu kemerahan yang dikenal sebagai petechiae. Menurut Mayo Clinic, ini biasanya muncul di kaki bagian bawah.

Kelelahan

Pendarahan yang lebih mudah dapat menyebabkan masalah lain dalam tubuh, termasuk kekurangan zat besi dan anemia. Itu bisa mengakibatkan perasaan lelah. Jika jumlah trombosit Anda yang rendah disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan, kelelahan Anda dapat disebabkan oleh masalah lain dengan masalah terkait kekebalan, seperti penyakit tiroid, kata Asosiasi Dukungan Gangguan Trombosit.

Kapan harus mengunjungi dokter

Ilustrasi wanita konsultasi ke dokter.

Photo :
  • U-Report

Para ahli mengatakan Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika melihat gejala trombositopenia. Kondisinya bisa berbahaya. "Tanpa pengobatan yang tepat, trombositopenia dapat menyebabkan pendarahan serius," kata National Institutes of Health. "Ini bisa terjadi baik di dalam tubuh Anda maupun di luar kulit Anda. Ini bisa mengancam jiwa."

Jika darah yang terlalu encer disebabkan oleh obat-obatan, dokter mungkin menyesuaikan dosis atau mengubah obat itu. Jika penyebab gejala Anda tidak jelas, dokter mungkin melakukan tes pada darah dan sumsum tulang Anda.

Anda mungkin tidak memerlukan perawatan jika kasusnya ringan, atau pengobatan atau prosedur mungkin diperlukan jika pendarahan Anda serius, Anda memiliki risiko komplikasi yang tinggi, atau kondisi medis yang menyebabkan jumlah trombosit yang rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya