Kenali Gejala Hepatitis yang Kerap Tak Disadari Sebelum Mengganas

Ilustrasi hepatitis B.
Ilustrasi hepatitis B.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle –  Kasus penyakit hepatitis kian banyak, khususnya di negara Indonesia sendiri yang angkanya cukup tinggi. Hepatitis sendiri adalah infeksi-infeksi kuman atau virus yang bisa menyebabkan gangguan serta penyakit di hati. Penyakit ini bisa dilihat dari gejala hepatitis yang akan kita bahas. 

Pada kali ini kita akan mengupas pembahasan mengenai penyakit hepatitis, mulai dari jenis hepatitis, gejala hepatitis dan apa yang harus dilakukan jika terinfeksi berdasarkan sesi tanya jawab dengan dokter Richard Suwandi dari Rumah Sakit OMNI Pekayon melalui kanal YouTube VDVC health. 

Jenis virus hepatitis

Ilustrasi hepatitis B.

Ilustrasi hepatitis B.

Photo :
  • U-Report

Hingga saat ini jenis virus hepatitis terbagi menjadi enam virus, namun yang paling banyak dibahas di Indonesia hanya ada tiga yakni hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. 

Hepatitis A

Hepatitis A merupakan suatu peradangan organ hati atau suatu infeksi kuman dari hepatitis A di mana penularannya didapatkan melalui makanan. Jenis hepatitis ini termasuk yang paling mudah disembuhkan setelah 1 sampai 2 minggu setelah diobati baik di rumah sakit ataupun perawatan mandiri di rumah.