Tanda Kanker Prostat yang Sering Diabaikan Pria

Kanker Prostat
Sumber :
  • times of india

VIVA LifestyleKanker prostat adalah salah satu kanker utama pada pria. Biasanya kanker prostat terjadi pada pria berusia 65 tahun ke atas. Namun, ada peningkatan kasus kanker prostat di kalangan populasi yang lebih muda belakangan ini.

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Para ahli memperingatkan agar tidak menunda diagnosis dan pengobatan, mengingat hal itu dapat berakibat fatal dan tidak dapat diobati. 

Paling sering, gejala kanker prostat diabaikan atau diabaikan, yang mengarah ke stadium lanjut kanker, demikian dilansir dari Times of India. Karena itu, perhatikan semua tanda awal kanker prostat dan jangan salah mengartikannya sebagai penyakit jinak.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Ilustrasi penderita kanker prostat.

Photo :
  • U-Report

Apa itu kanker prostat?

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Kanker prostat adalah kondisi yang mengancam jiwa yang terjadi pada prostat, yang merupakan kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria, yang membantu menghasilkan cairan mani yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma.

Menurut American Cancer Society (ACS), kanker prostat dimulai ketika sel-sel di kelenjar prostat mulai tumbuh di luar kendali.

Jenis kanker prostat meliputi:

- Karsinoma sel kecil

- Tumor neuroendokrin (selain karsinoma sel kecil)

- Karsinoma sel transisional

- Sarkoma

Prevalensi terbanyak dari kanker prostat adalah adenokarsinoma.

Tanda-tanda paling umum dari kanker prostat yang perlu diperhatikan

Mengingat bahwa kelenjar prostat terletak dekat dengan kandung kemih dan uretra, ada kemungkinan besar seseorang dapat mengalami berbagai gejala kencing. Ini umum terjadi selama tahap awal kanker dan tergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Beberapa tanda mungkin termasuk:

- Kesulitan atau kesulitan buang air kecil
- Rasa terbakar, nyeri atau tidak nyaman saat buang air kecil
- Sering buang air kecil di malam hari
- Darah dalam urin
- Darah dalam air mani
- Hilangnya kontrol kandung kemih
- Disfungsi ereksi (DE)
- Ejakulasi yang menyakitkan

Apa yang terjadi jika kanker menyebar di luar kelenjar prostat?

Dalam banyak kasus, karena diagnosis dan pengobatan yang tertunda, kanker dapat menyebar ke luar kelenjar prostat ke bagian lain dari tubuh, termasuk tulang dan kelenjar getah bening, menyebabkan komplikasi yang lebih parah.

Yang mengatakan, tanda-tanda kanker prostat stadium lanjut atau metastatik meliputi:

- Pembengkakan di kaki atau daerah panggul
- Mati rasa atau nyeri di pinggul, tungkai atau kaki
- Nyeri tulang yang menetap atau menyebabkan patah tulang

Siapa yang berisiko lebih besar?

Dokter tahu bahwa kanker prostat dimulai ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan DNA mereka, kata kesehatan tubuh. Sel-sel abnormal inilah yang membentuk tumor yang menyebar dan menyerang jaringan di sekitarnya.

Tetapi sementara penyebab kondisi ini tidak sepenuhnya diketahui, ada faktor-faktor tertentu yang dapat menunjukkan siapa yang lebih berisiko terkena kanker.

Usia tua, riwayat keluarga kanker dan obesitas adalah beberapa faktor risiko kanker prostat. Kebiasaan gaya hidup Anda yang tidak sehat juga harus disalahkan. Para ahli percaya memilih diet sehat penuh buah dan sayuran, olahraga teratur dan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko kanker prostat.

Jangan abaikan tanda-tanda kanker prostat berulang

Kanker prostat juga bisa kambuh, artinya bisa kambuh lagi setelah pengobatan. Ketika itu terjadi lagi di sekitar prostat, itu dikenal sebagai kekambuhan lokal. Jika telah menyebar ke bagian lain, itu dianggap metastasis.

Konon, tanda pertama kanker prostat berulang mungkin adalah kenaikan tingkat Prostate-Specific Antigen (PSA). Gejala lain termasuk: Darah dalam urin, kesulitan buang air kecil, kelelahan, sakit punggung bagian bawah, penyakit kuning.

Apa saja pilihan tes yang tersedia?

Orang lanjut usia atau lansia.

Photo :
  • Freepik

Menurut American Cancer Society (ACS), kelompok orang ini harus menjalani tes kanker prostat.

- Pria berusia 50 tahun atau lebih yang memiliki risiko rata-rata kanker prostat dan harapan hidup setidaknya 10 tahun lagi

- Pria berusia 45 tahun atau lebih dengan risiko tinggi, termasuk pria Afrika-Amerika dan mereka yang memiliki kerabat tingkat pertama (saudara laki-laki atau ayah) yang menderita kanker prostat sebelum usia 65 tahun

- Pria berusia 40 tahun atau lebih yang memiliki risiko lebih tinggi, seperti lebih dari satu kerabat tingkat pertama yang didiagnosis menderita kanker prostat pada usia dini

Mayo Clinic merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan rektal digital (DRE) atau tes antigen spesifik prostat (PSA) untuk mendiagnosis apakah Anda menderita kanker prostat atau tidak.

Anda juga bisa mendapatkan USG, MRI atau menjalani biopsi prostat, di mana mereka akan mengumpulkan sampel jaringan dari prostat Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya