Hati-hati, Ini Faktor dan Gejala Serangan Asam Urat

Ilustrasi asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Asam urat merupakan penyakit osteoarthritis yang menyebabkan persendian tiba-tiba terasa sakit, bengkak, dan berwarna kemerahan. Persendian yang paling sering terkena asam urat antara lain area kaki dan tangan. Tulang belakang juga bisa terserang meskipun jarang terjadi. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat bisa menjadi kronis jika tidak segera ditangani. Namun penyakit ini juga bisa disembuhkan dan dicegah agar tidak kambuh. Sebelum mengetahui cara pencegahannya, alangkah lebih baik mengenali gejala serta penyebab dari asam urat yang dikutip dari penjelasan Dr. Richard Suwandi, Sp.PD dalam video kanal YouTube VDVC health.

Pengertian asam urat

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Asam urat

Photo :
  • U-Report

Asam urat adalah produk metabolisme protein yang disebut dengan purin. Penyakit yang berhubungan dengan asam urat dibagi menjadi dua, pertama asam urat tinggi (gout) yang hanya ada peningkatan asam urat tanpa gejala sama sekali, kedua yakni serangan asam urat yang masuk ke dalam sendi dan menimbulkan serangan sehingga membentuk pembengkakan sendi.

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Faktor penyebab asam urat tinggi

Seafood

Photo :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

Asam urat tinggi dapat dikatakan bila kondisi deposit dari kristal-kristal asam urat (yang berbentuk seperti jarum) di dalam darah akan masuk ke dalam sendi dan menimbulkan reaksi radang. 

  • Aktivitas fisik berlebihan sehingga memicu kristal pada sendi bereaksi.
  • Asupan yang mengandung asam urat terlalu tinggi: seafood, jeroan (usus, ati, ampela, babat, dll) serta makanan dengan asam urat tinggi salah satunya melinjo.
  • Adanya gangguan fungsi ginjal: asam urat yang diproduksi di badan tidak bisa dikeluarkan.
  • Faktor genetik: pasien memang memiliki keturunan asam urat tinggi di keluarganya.

Gejala serangan asam urat

Asam urat.

Photo :
  • U-Report

Asam urat tinggi di dalam darah tidak memberikan gelaja kecuali serangan asam urat. Gejala serangan asam urat mempunyai ciri khas yaitu sendi yang terkena bengkak, merah, nyeri hingga susah digerakkan. 

Usia rentan terkena asam urat

Obesitas

Photo :
  • U-Report

Asam urat sangat erat dengan fungsi ginjal dan pada umumnya menyerang pada usia lanjut. Hal ini disebabkan karena semakin tua seseorang, semakin memburuk fungsi ginjalnya. Terlepas dari pola hidup seperti apapun, sudah kodratnya fungsi organ manusia melemah seiring berlanjutnya usia. 

Selain itu, para penderita obesitas juga mempunyai kemungkinan besar terkena asam urat. Lantaran jumlah makanan yang dikonsumsi banyak namun jarang bergerak dan bobot tubuh yang berat, maka ketika badan bergerak, kristal asam urat mudah terangsang.

Pencegahan asam urat

Ilustrasi minuman beralkohol.

Photo :
  • kbsi23.com

Menjaga pola makan adalah salah satu cara untuk mencegah asam urat. Hindari makanan jeroan, seafood, biji-bijian, serta segala jenis kacang. Mengonsumsi minuman manis, beralkohol, dan kopi pun harus diatur sedemikian rupa agar tak timbul asam urat.

Penjelasan lebih lengkap bisa ditonton di sini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya