Ada Bakteri Ini di Mulut, Hati-hati Gejala Penyakit Alzheimer

Ilustrasi Penyakit Alzheimer.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Apakah ada hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dan demensia? Sebuah studi baru dari Tufts University School of Dental Medicine menunjukkan bakteri mulut tertentu dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan neurodegenerasi.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Para peneliti di Tufts menemukan bahwa bakteri tertentu di mulut yang berhubungan dengan penyakit gusi dapat menyebabkan respons peradangan di otak. 

"Dalam studi ini, lab kami adalah yang pertama menemukan bahwa Fusobacterium nucleatum dapat menghasilkan peradangan sistemik dan bahkan menyusup ke jaringan sistem saraf dan memperburuk tanda dan gejala penyakit Alzheimer," kata Jake Jinkun Chen, Profesor Periodontologi dan Direktur Divisi Biologi Oral di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Tufts dikutip dari Eat This.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Ia menambahkan, "Studi kami menunjukkan bahwa F. nucleatum dapat mengurangi memori dan keterampilan berpikir pada tikus melalui jalur sinyal tertentu. Ini adalah tanda peringatan bagi para peneliti dan dokter. Pengujian untuk jumlah bakteri dan tingkat gejala suatu hari nanti bisa menjadi cara untuk mengukur efek F. nucleatum dan mengelola pengobatan untuk memperlambat perkembangan penyakit periodontal dan Alzheimer."

Bakteri sebagai biomarker penyakit

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Studi Tufts hanyalah yang terbaru dalam beberapa studi yang menghubungkan bakteri berbahaya dengan amiloid beta—biomarker kunci untuk penyakit Alzheimer. 

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang menunjukkan hubungan antara komunitas bakteri yang tidak seimbang yang ditemukan di bawah garis gusi dan biomarker CSF penyakit Alzheimer pada orang dewasa yang lebih tua secara kognitif normal," kata Angela Kamer, DDS, PhD, profesor periodontologi dan implan. kedokteran gigi di NYU College of Dentistry dan penulis utama studi tersebut. 

"Mulut adalah rumah bagi bakteri berbahaya yang memicu peradangan dan bakteri pelindung yang sehat. Kami menemukan bahwa memiliki bukti amiloid otak dikaitkan dengan peningkatan bakteri berbahaya dan penurunan bakteri menguntungkan."

Cara mencegah bakteri

Ilustrasi sedang bersikat gigi

Photo :
  • U-Report

"Untuk menghilangkan biofilm dan plak, serta mencegah pembentukan karang gigi, Anda harus membersihkan semua permukaan gigi dan gusi," kata Andrew J. Corsaro, DMD, MS, asisten profesor klinis, College of Dentistry, University of Florida. 

"Itu berarti menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari, menggunakan sikat gigi berbulu lembut dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Anda juga harus membersihkan ruang di antara gigi sekali sehari, biasanya dengan benang gigi."

Makan makanan sehat

Diet Anda dapat memengaruhi bakteri mulut, para ahli memperingatkan. "Batasi asupan gula, bersama dengan makanan dan minuman lain yang mengandung karbohidrat, seperti soda, jus buah, kopi dan teh manis, serta permen," kata Dr. Corsaro. 

"Anda tidak harus benar-benar menghindari konsumsinya, tentu saja, tetapi mengurangi keduanya bisa sangat bermanfaat. Hindari makanan keras dan lengket yang dapat merusak gigi dan perawatan gigi."

COVID-19 dan kesehatan mulut

COVID-19

Photo :
  • Times of India

Studi menunjukkan bakteri mulut bahkan dapat memengaruhi pemulihan dari COVID-19—orang dengan penyakit gusi memiliki risiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit dan komplikasi lainnya. 

“Melihat kesimpulan dari penelitian kami, kami dapat menyoroti pentingnya kesehatan mulut yang baik dalam pencegahan dan pengelolaan komplikasi COVID-19,” jelas Belinda Nicolau, penulis yang berkontribusi dan Profesor Penuh di Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas McGill. 

"Ada korelasi yang sangat kuat antara periodontitis dan hasil penyakit."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya