10 Fobia Aneh yang Asing Didengar, Salah Satunya Takut Akan Tidur

Ilustrasi takut, fobia
Sumber :
  • Pixabay/Österreich

VIVA Lifestyle –  Mungkin Anda tidak asing lagi dengan istilah fobia, dimana ini merupakan adanya rasa ketakutan pada sesuatu hal. Fobia sendiri merupakan suatu reaksi ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional. Jika Anda memiliki fobia, Anda mungkin mengalami rasa takut atau panik yang mendalam ketika Anda menemukan sumber ketakutan Anda.

10 Selebriti Dengan Fobia Teraneh, Paling Konyol Takut dengan Toilet

Ketakutan dapat berupa tempat, situasi, atau objek tertentu. Tidak seperti gangguan kecemasan umum, fobia biasanya terhubung dengan sesuatu yang spesifik. Dampak fobia dapat berkisar dari mengganggu hingga sangat melumpuhkan.

Ilustrasi fobia.

Photo :
  • U-Report
10 Jenis Fobia Seks yang Bikin Insecure Pasangan, Ada yang Takut Alat Kelamin

Orang dengan fobia sering menyadari ketakutan mereka tidak rasional, tetapi mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Ketakutan seperti itu dapat mengganggu pekerjaan, sekolah, dan hubungan pribadi.

Diperkirakan 19 juta orang Amerika memiliki fobia yang menyebabkan kesulitan di beberapa bidang kehidupan mereka. Tahukah Anda ternyata ternyata, fobia itu memiliki berbagai jenis yang mungkin jarang kita ketahui sebelumnya. Nah, berikut ini kami akan beritahu Anda tentang jenis-jenis fobia aneh yang mungkin sebelumnya belum Anda dengar. Apa saja?

BCL Bakal Atraksi di Ketinggian saat Konser, Padahal Punya Fobia

Fobia aneh di dunia

Photo :
  • U-Report

Somniphobia: Takut tidur 

Somniphobia sering melibatkan ketakutan yang tidak rasional dan berlebihan terhadap tidur . Orang yang memiliki fobia ini mengasosiasikan tertidur dengan kematian. Mereka juga takut kehilangan waktu saat tidur. Karena tidur sangat penting bagi manusia dan memiliki banyak manfaat kesehatan, kurang tidur dalam jangka panjang meningkatkan risiko pilek, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. 

Caligynephobia: Takut pada wanita cantik 

Caligynephobia juga dikenal sebagai Venustraphobia. Ini adalah salah satu fobia aneh yang terdiri dari ketakutan abnormal terhadap wanita cantik. Meskipun mungkin umum bagi pria untuk terintimidasi oleh seseorang yang cantik, mereka yang menderita kondisi ini menganggapnya ekstrem. Mereka mengalami mati rasa di ekstremitas, merasakan nyeri dada, atau pingsan di sekitar wanita yang menarik. 

Kathisophobia: Takut duduk

Kathisophobia adalah fobia spesifik yang terkait dengan rasa takut untuk duduk. Ini terkait dengan Thassophobia, yaitu rasa takut duduk atau bermalas-malasan. Orang yang memiliki fobia ini biasanya mengalami ketakutan, kecemasan ekstrem, dan apa pun yang terkait dengan kepanikan seperti keringat berlebih, pernapasan cepat, mual, detak jantung tidak teratur, mulut kering, gemetar, dan ketidakmampuan untuk mengartikulasikan kata dan kalimat. 

Geliophobia: Takut tertawa

Orang dengan Geliophobia memiliki ketakutan akan tawa. Mereka juga membenci suara tawa atau cekikikan orang lain jika mereka memiliki salah satu fobia aneh ini. Beberapa orang hanya merasa sedikit tidak nyaman, sementara yang lain juga bisa mulai mengalami hiperventilasi. Ini mungkin disebabkan oleh tertawa pada waktu yang tidak tepat dan sebagai akibatnya mengalami rasa malu dan terhina. Seseorang yang Geliofobik juga dapat ditertawakan karena berbagai alasan di luar kendali mereka. 

Plutophobia: Takut akan uang

Plutophobia melibatkan ketakutan akan uang atau kekayaan. Ini adalah salah satu fobia aneh yang dapat bermanifestasi sebagai ketakutan pada uang itu sendiri, menjadi kaya, atau orang kaya. Orang yang menderita Plutophobia sering kali takut menghasilkan lebih banyak uang, menjadi kaya, atau takut pada orang kaya. Mereka takut akan uang itu sendiri dan harus menghadapinya. Fobia ini mungkin berasal dari ketakutan akan tekanan dan tanggung jawab yang datang dengan kekayaan atau ketakutan akan dirampok. 

ilustrasi takut hantu

Photo :
  • Freepik

Dextrophobia: Takut memiliki benda di sebelah kananmu

Dextrophobia adalah ketakutan spesifik atau terisolasi memiliki benda di sebelah kanan Anda. Ini adalah bentuk gangguan obsesif-kompulsif (OCD) yang berpusat pada faktor kunci non-sosial. Fobia ini sering cenderung muncul dari trauma sebelumnya (biasanya melukai fisik) yang dialami di masa kanak-kanak. Orang dengan Dextrophobia tidak tahan memiliki benda di sisi kanan tubuh mereka. Dalam kasus ekstrim, mereka akan mengatur ulang lingkungan mereka untuk mencerminkan kebutuhan kompulsif ini. 

Siderophobia: Takut pada bintang

Orang dengan Siderophobia tidak menikmati melihat bintang di malam hari seperti kebanyakan dari kita. Mereka memiliki rasa takut pada bintang , yang merupakan fobia yang sangat langka dan aneh. Siderophobics sering menghindari tinggal di luar di malam hari dan menutup tirai mereka untuk menghindari kewalahan oleh luasnya alam semesta. Jika mereka melihat bintang, orang yang menderita Siderophobia mungkin pingsan, merasa mual, kehilangan kendali atas pikiran mereka, memiliki detak jantung yang meningkat, dan menderita serangan panik. 

Ablutophobia: Takut mandi dan bersih-bersih

Ablutophobia adalah ketakutan untuk mandi dan membersihkan diri. Ini adalah salah satu fobia aneh yang lebih banyak terjadi pada anak-anak, tetapi masih bisa terjadi pada orang dewasa. Orang dengan Ablutophobia menghindari mandi atau mandi yang menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan dan terkadang isolasi sosial. Itu berasal dari peristiwa masa lalu yang traumatis yang melibatkan air atau takut basah. 

Arachibutyrophobia: Takut selai kacang menempel di langit-langit mulutmu

Arachibutyrophobia adalah rasa takut selai kacang menempel di langit-langit mulut Anda. Meskipun itu adalah perasaan yang tidak nyaman bagi kebanyakan dari kita, orang-orang dengan fobia ini cemas dan takut akan hal itu. Mereka mungkin menghindari produk berbasis kacang seperti selai kacang dan es krim . Ini dapat berakar pada fobia yang lebih luas seperti rasa takut akan tekstur yang lengket atau tersedak.

Hylophobia: Takut pada pohon

Hylophobia adalah ketakutan irasional terhadap pohon , kayu, atau hutan. Ketakutan ini sering dikaitkan dengan paparan film masa kecil dan dongeng yang melibatkan hutan menakutkan. Orang dengan Hylophobia tidak tumbuh dari fobia ini. Kecemasan ekstrim mereka dapat dipicu dengan berjalan di daerah berhutan atau hutan. 

Optophobia: Takut membuka mata

Optophobia adalah ketakutan yang tidak normal dan terus-menerus untuk membuka mata . Fobia yang tidak biasa ini bisa sangat melemahkan bagi orang yang menderitanya karena mereka lebih suka tinggal di dalam ruangan atau di ruangan yang remang-remang. Sulit bagi mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa melihat dan membuka mata. Optophobia dikaitkan dengan gangguan kecemasan umum dan dihasilkan dari melihat atau menyaksikan insiden traumatis. 

Phagophobia: Takut menelan

Phagophobia adalah fobia langka dan spesifik yang melibatkan rasa takut menelan. Kadang-kadang bingung dengan Pseudodysphagia atau takut tersedak. Fagofobia biasanya dipicu oleh pengalaman negatif saat makan. Orang yang menderita ini merasakan kecemasan dan ketegangan yang menyebabkan otot tenggorokan mereka mengerut. Mereka mungkin mendapati diri mereka secara fisik tidak dapat menelan karena mereka menjadi terlalu cemas, yang pada gilirannya memperburuk ketakutan mereka. 

Nomophobia: Takut tidak memiliki akses ke ponsel sendiri

Nomophobia dibawa oleh rasa takut tidak memiliki akses ke ponsel seseorang, kehilangan sinyal, kehabisan baterai, atau bahkan kehilangan ponsel. Orang yang memiliki salah satu fobia aneh ini memeriksa ponsel mereka secara obsesif dan mengalami kecemasan yang ekstrem jika mereka tidak dapat menggunakan ponsel mereka. Ketakutan ini seringkali bermula dari kecanduan ponsel. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya