Menu Lele dari Ahli Gizi, Makan Sehat Nan Lezat di Bawah Rp50 Ribu

Mangut Lele Mbah Marto, Yogyakarta
Mangut Lele Mbah Marto, Yogyakarta
Sumber :
  • Indonesia Kaya

VIVA Lifestyle – Makan murah sebetulnya tak selalu identik dengan asupan yang minim nutrisi. Dengan biaya yang cukup, makan sehat dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang bisa diperoleh. Bagaimana dengan uang Rp50rb, makanan apa yang dapat diolah untuk menjadi makanan penuh gizi?

Spesialis Gizi Klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK mengungkap menu sehat nan lezat dengan harga di bawah Rp50 ribu.

"Kabar baiknya tidak sampai Rp50 ribu sudah ada makanan gizi seimbang seharian, karbohidrat, protein, hewani sampai sayuran," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 28 Juli 2022.

Diungkap oleh Putri beberapa bahan makanan yang disiapkan antara lain lele dengan harga di bawah Rp20 ribu, kemudian 3 buah terong ukuran sedang seharga Rp5 ribu, tempe Rp10 ribu, cabai Rp10 ribu dan kemangi Rp5ribu.

Pekerja memanen ikan lele hasil budidaya di Tegalrejo, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah

Pekerja memanen ikan lele hasil budidaya di Tegalrejo, Sawit, Boyolali, Jawa Tengah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

"Kita akan buat lele terong kemangi," kata Putri.

Diungkap Putri, untuk mengolah makanan ini, akan menggunakan teknik menumis, dan marinasi lele menggunakan teknik panggang atau oven. Sementara untuk lele agar amisnya hilang bisa menggunakan rempah, seperti kunyit, jahe, bawang putih dan lemon.

"Minyak, takar 1 sdm sehari. Kemudian untuk ini kita bisa pakai minyak canola atau zaitun cukup 1 sdm untuk mengurangi kalori tersembunyi," kata dia.

Putri menjelaskan beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain 10 bawang putih, 5 bawang merah, 2 cabai keriting, 4-5 rawit merah, kecap, garam dan gula. Haluskan bawang, dan cabai kemudian tumis hingga harum.

Ilustrasi rempah

Ilustrasi rempah

Photo :
  • Pixabay/stevepb

"Jangan sampai overcook, karena ada beberapa bahan yang akan menghilang itu tergantung berapa lama dimasak dan suhunya. Jadi suhunya jangan terlalu tinggi dan tumis hingga wangi saja. Kemudian tambahkan air secukupnya hingga mendidih. Garam di bagian akhir saja karena kalau di awal yodiumnya akan menguap," kata Putri.

Setelah tumisannya mendidih, masukkan tempe yang sudah dipotong-potong kotak dilanjutkan dengan terong. Untuk terong diusahakan tidak boleh dimasak terlalu lama cukup lima menit, kemudian masukkan ikan lele dan masak sebentar lalu sajikan.