Tips Sehat Atasi Masalah Asam Lambung Naik

Refluks asam lambung, sakit lambung, gerd
Sumber :
  • Pixabay/ Robystarm

VIVA Lifestyle –  Salah satu penyakit yang mudah kumat dan kerap menyerang adalah asam lambung. Namun, cara sehat mengatasi asam lambung naik juga bisa siapkan untuk menghindari risiko penyakit bertambah parah.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Apa saja? Berikut ini tips dari dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 28 Juli 2022.

1. jangan panik

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

2. konsumsi atau minum air hangat. Diungkap oleh Haekal dengan minum air hangat akan membantu menetralkan rasa asam dan tak menyenangkan di tenggorokan.

3. konsumsi air rebusan jahe. Rebusan air jahe diungkap Haekal memiliki kemampuan atasi mual karena terserang gerd ga enak minum air rebusan jahe.

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

Ilustrasi jahe.

Photo :
  • Pixabay/ Couleur

4. kunyah permen karet. Dijelaskan Haekal mengunyah permen karet akan menstimulasi kelenjar air liur yang mana akan membasahi kerongkongan, dan meredakan sensasi tercekik

5. kalau mengenakan pakaian ketat dan menghimpit perut, bisa 
duduk berdiri, berbaring 45 derajat, dimana badan lebih tinggi dibanding perut agar asam dari lambung tidak naik ke kerongkongan

"Sebelum ke dokter bisa minum obat maag yang dijual bebas, seperti antasida berfungsi menetralkan asam lambung. Kalau semua langkah di atas tidak bisa atasi sebaiknya datang ke dokter," ungkap Haekal.

Asam lambung naik

Photo :
  • U-Report

Seperti diketahui, penyakit asam lambung atau refluks gastroesofageal ( GERD ) didiagnosis ketika refluks asam terjadi lebih dari dua kali seminggu. Penyakit asam lambung atau refluks gastroesofagus /  GERD, adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut Anda.

Gejala yang timbul biasanya seperti rasa tidak nyaman di dada seperti terbakar yang disebut mulas. Jika gejala refluks asam terjadi lebih dari dua kali seminggu, Anda mungkin menderita penyakit refluks asam atau asam lambung, dan biasanya juga dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Gejala awal asam lambung biasanya terasa seperti nyeri dada yang membakar yang dimulai di belakang tulang dada Anda dan bergerak ke atas ke leher dan tenggorokan Anda. Banyak orang mengatakan rasanya seperti makanan masuk kembali ke dalam mulut , meninggalkan rasa asam atau pahit. Rasa terbakar, tertekan, atau nyeri ulu hati dapat berlangsung selama 2 jam. Ini sering lebih buruk setelah makan. Berbaring atau membungkuk juga dapat menyebabkan mulas. Banyak orang merasa lebih baik jika mereka berdiri tegak atau minum antasida yang membersihkan asam dari kerongkongan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya