5 Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alami

Stretch mark yang dubah jadi karya seni
Sumber :
  • instagram.com/zinteta/

VIVA Lifestyle – Stretch mark adalah garis atau goresan yang berkembang ketika kulit kita meregang atau menyusut dengan cepat. Perubahan mendadak menyebabkan kolagen dan elastin yang menopang kulit kita, pecah. Saat kulit sembuh, stretch mark mungkin muncul.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Pada awalnya, stretch mark akan muncul sebagai garis tipis berwarna merah atau ungu dengan tekstur berbeda dari kulit di sekitarnya. Sebagian besar stretch mark akan memudar dengan sendirinya seiring waktu. Stretch mark yang memudar biasanya terlihat berwarna lebih terang dari kulit di sekitarnya dan sedikit mengkilap, seperti bekas luka.

Lalu bagaimana cara menghilangkan stretch mark? Berikut cara menghilangkannya menggunakan obat alami:

Satu Pasien Kasus DBD di Jaksel Meninggal Dunia

1. Vitamin A

Mengutip laman healthline. Vitamin A dalam produk perawatan kulit disebut sebagai retinoid. Retinoid dapat membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda. Mereka digunakan di banyak krim kosmetik topikal yang dijual bebas.

DPR soal Kebakaran Gudang Amunisi Dekat Pemukiman Ciangsana: TNI AD Harus Tanggung Jawab

Penelitian dari 2015 berfokus pada tretinoin, bentuk retinol dengan kekuatan resep. Dalam sebuah penelitian yang lebih tua dari 1996, para peneliti menemukan bahwa tretinoin membantu stretch mark tampak lebih kecil dan tidak terlalu parah.

Namun, beberapa penelitian terbaru dan berskala besar telah meneliti kemanjuran tretinoin untuk stretch mark.

Sebagai informasi, Produk vitamin A terkadang dapat mengiritasi kulit, jadi sebaiknya ikuti petunjuk dokter jika kamu ingin mencoba bahan ini. Sebaiknya kamu tidak menggunakannya jika kamu sedang mengandung dan sedang menyusui.

2. Minyak kelapa

Ilustrasi Minyak kelapa Murni

Photo :
  • U-Report

Minyak kelapa murni dikenal memiliki beberapa manfaat untuk kulit. Penelitian pada 2018 menunjukan bahwa minyak kelapa dapat memperbaiki kulit kering dan menyembuhkan bekas luka dengan cepat.

Namun tidak banyak bukti yang mendukung penggunaan minyak kelapa untuk stretch mark. Tetapi, memijat setiap hari stretch mark menggunakan minyak kelapa mungkin bisa membantu dan tidak akan membahayakan.

Ini termasuk pengobatan rumahan dan pendekatan alami. Jadi, jika kamu melihat reaksi, hentikan penggunaan bahan tersebut.

3. Centella atau pegagan

Centella merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini juga cukup populer di Korea yang digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan.

Dikenal sebagai krim cica, produk yang mengandung centella terkadang digunakan sebagai perawatan bekas luka atau untuk membantu menenangkan dan memperbaiki kulit sensitif. Krim cica juga semakin populer di Amerika Serikat dengan harga yang sangat mahal.

Menurut penelitian pada tahun 2015 centella dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen. Centella juga dapat membantu mencegah stretch mark selama kehamilan dan memperbaiki tampilannya.

Namun, ada baiknya sebelum menggunakan bahan ini kamu tanyakan terlebih dahulu dengan medis.

4. Gula

Gula pasir

Photo :
  • Times of India

Gula merupakan bahan pengangkat kulit mati yang populer. Kristal kecil dapat digunakan untuk menggosok kulit mati sehingga terasa lebih halus.

Mikrodermabrasi yang dilakukan oleh dokter kulit adalah salah satu dari sedikit metode yang terbukti secara klinis untuk membuat stretch mark memudar. Jadi, obat rumahan untuk pengelupasan kulit ini sepertinya patut kamu coba. Bahan-bahannya mungkin juga sudah tersedia di rumahmu

Cara membuat scrub gula:

Campurkan setengah cangkir gula dengan bahan pelembut, seperti minyak almond atau minyak kelapa. Campurkan minyak ke dalam gula, sedikit demi sedikit. Lulur yang kamu buat sudah siap saat terlihat seperti pasir pantai yang basah.

Gosokkan campuran tersebut dengan lembut ke bagian tubuh yang terdapat stretch mark.

Ulangi 2 atau 3 kali seminggu saat mandi atau berendam. Bilas dengan air hangat.

5. Aloe vera

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya adalah Lidah buaya. Tanaman ini memiliki sejarah panjang sebagai perawatan kulit alami. Agar-agar dari dalam daun tanaman tersebut dapat dioleskan langsung ke kulit untuk menenangkan dan melembabkan.

Penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa lidah buaya membantu menyembuhkan kulit dari luka bakar. Stretch mark adalah jenis jaringan parut dari kulit yang rusak, sifat perbaikan kulit lidah buaya dapat membantu mencegah atau memudarkan stretch mark.

Sementara sedikit bukti klinis yang ada untuk lidah buaya sebagai obat stretch mark, lidah buaya murni mungkin patut dicoba karena dapat melembutkan dan menyembuhkan kulit.

Oleskan lidah buaya murni dari tanaman atau produk OTC ke stretch mark kamu setiap hari setelah mandi.

Stretch mark yang dubah jadi karya seni

Photo :
  • instagram.com/zinteta/

Ingat, Tidak ada pengobatan rumah yang sempurna, tetapi perawatan topikal dapat membantu hidrasi dan dapat meningkatkan proses penyembuhan kulit.

Jika kamu mengobati stretch mark karena kehamilan, sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikan perawatan tersebut aman digunakan.

Hampir semua stretch mark akan memudar seiring waktu, meskipun kamu tidak mengobatinya. Jarang ada stretch mark yang tetap terlihat seperti saat pertama kali muncul.

ilustrasi ambulans.

Pemudik Asal Lumbuk Linggau Meninggal Dunia Diduga Kelelahan di Perjalanan

 Seorang pemudik meninggal dunia di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Kamis, 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024