Manfaat Yoga Ternyata Bisa Bantu Diabetes Hingga Penyakit Jantung

Ilustrasi yoga.
Sumber :
  • Pixabay/AndiP

VIVA Lifestyle – Meningkatnya tuntutan di rumah, tempat kerja, maupun lingkungan pergaulan tak jarang menimbulkan stres berkepanjangan, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Kesadaran inilah yang membuat banyak wanita di zaman sekarang mencari cara untuk hidup seimbang dan berkualitas, salah satunya dengan berolahraga yoga, yang semakin diminati para wanita di perkotaan.

Mengutip Healthline, yoga memiliki banyak manfaat yang teruji secara ilmiah, antara lain stress relief, mengurangi kecemasan dan inflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh. Bahkan, sebuah survei di tahun 2019 menunjukkan potensi yoga dalam memperbaiki kualitas hidup. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Terkait manfaatnya dalam mengurangi inflamasi atau peradangan, beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, radang sendi, penyakit Chrohn dan banyak kondisi lain terkait dengan peradangan yang berkepanjangan. 

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Freepik/jcomp
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Satu ulasan memeriksa 15 studi penelitian dan menemukan hasil yang umum. Yoga yang dilakukan dengan berbagai gaya, intensitas dan durasi, dapat mengurangi penanda biokimia peradangan pada beberapa kondisi kronis. 

Tidak hanya itu, yoga juga dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, jika dilakukan dengan benar. Namun masalahnya, tak sedikit yang melakukan kesalahan saat melakukan yoga, termasuk pemilihan pakaian. 

Brand Director IETE, Cory Margaret, mengungkap, masalah yang sering ditemukan saat mencari activewear adalah menemukan outfit dengan fungsi yang tepat guna, namun tetap terlihat fashionable

"Activewear harus menunjang setiap gerakan olahraga yang kita lakukan, dan juga menunjang penampilan kita saat melakukan olahraga tersebut. Function, high quality material and very fashionable," ujarnya saat peluncuran jenama activewear dari Korea, IETE dari Yuna & Co. 

Cory melanjutkan, peluncuran IETE di Indonesia untuk memberikan motivasi berolahraga kepada para wanita demi mencapai hidup yang seimbang dan berkualitas. 

"Ditujukan bagi para wanita milenial Indonesia yang modern, aktif dan dinamis, IETE memberi definisi baru bagi fitness outfit dengan memadukan bahan berkualitas tinggi dan style mutakhir untuk menciptakan look athleisure yang baru. It’s a hybrid of fashion-meets-function," imbuh Cory Margaret.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya