Menkes Budi Harap Indonesia Banyak Hasilkan Ilmuwan dan Ahli Kesehatan

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Youtube/Sekretariat Presiden

VIVA Lifestyle – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (RI), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah fokus dalam mewujudkan ketahanan kesehatan, sebagai salah satu pilar transformasi kesehatan. 

Kata Menkes Budi, sasaran tersebut diupayakan demi terpenuhinya kebutuhan sediaan farmasi dan alat kesehatan nasional oleh produksi dalam negeri. Lalu, bagaimana cara mewujudkannya?

"Untuk mencapai sasaran ini, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk akademisi, industri, pemerintah dan masyarakat khususnya dalam menghasilkan ilmuwan, ahli, dan praktisi yang berkualitas, yang dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas produksi sediaan farmasi dalam negeri," ujarnya saat memberikan sambutan di acara Virtual Ceremony Dexa Award Science Scholarship 2022, baru-baru ini. 

Menurut Budi, Dexa Award Science Scholarship merupakan bentuk dukungan masyarakat dan industri terhadap transformasi sistem kesehatan, khususnya pada transformasi ketahanan kesehatan dan sumber daya manusia di bidang kesehatan. Hal itu diwujudkan melalui beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa, akademisi dan dokter. 

Ilustrasi dokter/suster.

Ilustrasi dokter/suster.

Photo :
  • Pixabay/voltamax

"Diharapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan dapat meningkat dan mampu bersaing di tingkat internasional," ungkapnya. 

Mewakili Kementerian Kesehatan, Menkes turut mengucapkan selamat kepada para penerima beasiswa yang merupakan orang-orang terpilih dan calon pemimpin Indonesia masa depan. 

"Saya berpesan untuk bersungguh-sungguh dalam menggali ilmu sebanyak-banyaknya, membuat jejaring dan kemudian kembali berbakti untuk masyarakat menjadi agen perubahan di komunitas demi kemajuan bangsa Indonesia," pungkasnya. 

Budi pun turut mengapresiasi langkah Dexa grup yang telah memberikan bantuan beasiswa pada ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia melalui program Dexa Award Science Scholarship. 

"Saya harap program ini terus berlanjut memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Indonesia dalam pengembangan ilmu dan teknologi dalam berkarya secara kreatif, berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan manusia Indonesia," tutup Budi Gunadi Sadikin.