5 Manfaat Jus Wortel, Kontrol Gula Darah dan Kesehatan Kulit

Jus wortel
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA Lifestyle – Jus wortel diketahui sangat kaya akan kandungan gizinya, tidak hanya menyediakan potasium dan vitamin C, jus wortel juga memiliki kandungan provitamin A.

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

Dengan mengkonsumsi jus wortel secara rutin, kamu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata serta kulit.

Untuk lebih lengkapnya berikut ulasan mengenai 5 manfaat jus wortel bagi kesehatan yang sangat mengesankan:

Menguak Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Bergizi tinggi

Dilansir dari laman healthline, dalam secangkir jus wortel atau 240 mili terdapat kandungan:

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter
  • Kalori: 96
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 22 gram
  • Gula: 9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A: 255% dari kebutuhan harian 
  • Vitamin C: 23% kebutuhan harian
  • Vitamin K: 31% kebutuhan harian
  • Kalium: 15% kebutuhan harian

Selain itu, jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin yang dapat bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan dapat berperan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Wortel

Photo :
  • U-Report

Seperti yang sudah kita ketahui, jus wortel mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Secara khusus, satu cangkir atau 250 mili jus wortel terdapat lebih dari 250% vitamin A dari kebutuhan harian yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dapat mencegah risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.

3. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Minum jus wortel dalam jumlah kecil dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Secara khusus, penelitian yang pernah dilakukan terhadap hewan dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa jus wortel dapat menurunkan gula darah.

Hal itu dikarenakan pada jus wortel terdapat kandungan probiotik yang dapat mempengaruhi bakteri usus yang terkait dengan diabetes.

Studi yang dilakukan pada hewan pengerat menemukan bahwa jus wortel dapat meningkatkan kontrol gula darah karena efek anti-inflamasi dari pigmen antosianin-nya.

4. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Jus wortel.

Photo :
  • U-Report

Nutrisi pada jus wortel mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Beberapa penelitian mengatakan, pada secangkir jus wortel terdapat lebih dari 20% vitamin C harian. Selain itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Satu studi menemukan bahwa dengan mengkonsumsi jus wortel dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar ultraviolet serta dapat memperbaiki penampilan kulit.

5. Dapat mencegah penumpukan lemak pada hati

Karotenoid yang terdapat dalam jus wortel dianggap dapat meningkatkan kesehatan hati.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung pada karotenoid dapat menjadi pelindung terhadap penyakit hati berlemak atau non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD).

NAFLD terjadi ketika lemak menumpuk pada hati seseorang yang disebabkan karena pola makan yang buruk, kelebihan berat badan atau obesitas, yang apabila tidak ditangani akan berkembang menjadi jaringan parut hati dan kerusakan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati

Miris! Angka Stunting Cuma Turun 0,1 Persen, Padahal Sudah Keluar Puluhan Triliun

Komisi IX DPR RI mengkritisi turunnya angka prevalensi stunting hanya 0,1 persen dari 21,6 persen pada 2022 menjadi 21,5 persen pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024