Joe Biden Positif COVID 2 Kali Sebulan, Apa Penyebab Kambuhnya?

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC
Sumber :
  • AP Photo/Patrick Semansky

VIVA Lifetsyle – Setelah pertama kali dites positif COVID-19 pada Kamis, 21 Juli, Joe Biden, memulai perawatan Paxlovid dan mulai dites negatif lagi pada Selasa malam lalu. Gedung Putih kemudian mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat berusia 79 tahun itu dites positif lagi pada hari Sabtu sehingga dikenal dengan kondisi COVID-19 rebound atau kambuh.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, dokter presiden, Dr. Kevin C. O'Connor, mencatat Biden terus merasa sehat saat masih dinyatakan positif. Orang nomor satu di Amerika Serikat itu akan terus menjalankan bisnis sambil tetap berada di bawah isolasi ketat sembari diberikan perawatan dengan obat Paxlovid.

Administrasi Biden sebelumnya telah merekomendasikan penggunaan Paxlovid, di mana lebih dari 3 juta tablet telah terdaftar di Amerika Serikat sejak Desember, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

Dapat Duit Rp989 Triliun dari AS, Presiden Ukraina Langsung Tulis di Sosmed: Terima Kasih AS

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden

Photo :
  • scmp.com

Food and Drug Administration menyetujui Paxlovid untuk penggunaan darurat pada bulan Desember setelah terbukti mengurangi risiko rawat inap atau kematian pada orang dewasa berisiko tinggi sebesar 89 persen. Dan meskipun pengobatannya efektif bagi banyak orang, beberapa telah melaporkan kasus kambuh atau rebound COVID-19 setelah minum antivirus tersebut.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berikut adalah beberapa fakta penting yang perlu diketahui tentang rebound atau kambuh COVID-19, dikutip dari laman People.

Kambuh COVID terkait Paxlovid?

Pil COVID-19 Paxlovid.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Jennifer Lorenzini

Kembali pada bulan Mei, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merilis panduan tentang rebound COVID-19, yang digambarkan sebagai gejala berulang atau tes virus positif baru setelah dites negatif.

Kasus rebound telah dilaporkan pada pasien antara dua hingga delapan hari setelah pemulihan awal mereka, dan gejalanya tetap ringan pada mereka yang telah menjalani pengobatan Paxlovid.

"Berdasarkan informasi dari laporan kasus, rebound COVID-19 tidak mewakili infeksi ulang dengan SARS-CoV-2 atau perkembangan resistensi terhadap Paxlovid," tambah panduan itu.

CDC juga melaporkan bahwa selama uji klinis Paxlovid, sebagian kecil kasus kambuh ditemukan pada mereka yang diberikan obat dan orang yang menggunakan plasebo, yang berarti kambuh tampaknya tidak disebabkan oleh antivirus.

"Tidak ada peningkatan kejadian rawat inap atau kematian, dan tidak ada bukti bahwa peningkatan RNA virus yang terdeteksi adalah hasil dari resistensi SARS-CoV-2 terhadap Paxlovid," tambah laporan itu.

Seberapa umumkah kasus kambuh COVID-19?

Ilustrasi COVID-19.

Photo :
  • ist

Meskipun kasus kambuh dilaporkan jarang terjadi, beberapa ahli medis mengatakan bahwa itu lebih umum daripada yang diperkirakan, menurut The Washington Post.

Catherine Bennett, seorang profesor epidemiologi di Deakin University di Australia, mengatakan kepada outlet itu bahwa kasus rebound tidak jarang, tetapi tidak biasa, karena terjadi pada sekitar 10 persen orang yang telah diobati dengan Paxlovid.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan bulan lalu di Clinical Infectious Diseases, peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas California San Diego menemukan bahwa kasus rebound pada pengguna Paxlovid tampaknya disebabkan oleh paparan obat yang tidak mencukupi, yang berarti bahwa dosis yang lebih tinggi atau durasi pengobatan yang lebih lama dapat diperlukan menunggu penelitian lebih lanjut.

Apakah kambuh COVID-19 menular?

Ilustrasi Pasien covid-19

Photo :
  • Times of India

Michael Charness dari Veterans Administration Medical Center di Boston mengatakan bahwa mereka yang mengalami rebound COVID berisiko menularkan ke orang lain. Charness sebelumnya bekerja dengan tim peneliti di Universitas Columbia yang menemukan setidaknya dua kasus pasien dengan COVID-19 rebound menularkan infeksi ke orang lain, bahkan sebelum gejala kembali.

"Bisa dibayangkan bahwa ada orang lain di luar sana yang tidak memiliki gejala dan masih memiliki pemulihan virus," tambah Charness.

Meskipun penularan infeksi selama kasus rebound telah dilaporkan, CDC mencatat bahwa masih belum diketahui apakah kemungkinan penularan selama rebound berbeda dari kemungkinan penularan selama infeksi awal.

Perawatan apa yang dibutuhkan kasus rebound COVID-19?

Ilustrasi tes swab COVID-19

Photo :
  • IG dit.promkes

Mereka yang memiliki kasus rebound harus terus mengikuti pedoman isolasi CDC selama setidaknya lima hari, setelah itu mereka dapat mengakhiri karantina jika gejalanya membaik dan mereka telah 24 jam tanpa demam (dan tanpa bantuan obat penurun demam).

Pasien juga harus terus memakai masker selama 10 hari setelah pulih, kata CDC. Jika gejalanya memburuk, mereka disarankan untuk menemui dokter mereka.

"Saat ini tidak ada bukti bahwa pengobatan tambahan diperlukan dengan Paxlovid atau terapi anti-SARS-CoV-2 lainnya dalam kasus-kasus di mana diduga COVID-19 rebound," catat CDC.

Dalam panduan, CDC menekankan bahwa obat tersebut masih direkomendasikan untuk pengobatan tahap awal COVID-19 ringan hingga sedang di antara orang-orang yang berisiko tinggi untuk berkembang menjadi penyakit parah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya