Rendah Kalori dan Segudang Nutrisi, Simak 7 Manfaat Air Kelapa

Ilustrasi air kelapa
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle  –  Pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah kelapa yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah air kelapa yang menyimpan segudang manfaat bagi tubuh. Manfaat air kelapa sudah tidak diragukan lagi. Air kelapa mudah berbeda dengan santan, yang terbuat dari air dan daging buah kelapa tua.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Karena kandungan 95 persen air kelapa hanyalah air. Dengan demikian, air kelapa mampu membantu mencegah atau mengobati dehidrasi.

Di daerah tropis, air kelapa telah lama menjadi bagian dari diet dan praktik perawatan kesehatan.Di bawah ini, kamu akan menemukan tujuh manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh, dilansir dari Medical News Today.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

1. Elektrolit

Manfaat air kelapa yang pertama adalah mengandung elektrolit alami. Misalnya, 1 cangkir mengandung 600 miligram (mg) Kalium, yaitu 16% dari nilai harian (DV). Kalium memainkan peran penting dalam tubuh, termasuk membantu fungsi ginjal dan kontraksi otot.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Air kelapa bisa menjadi alternatif alami untuk minuman olahraga seperti Gatorade. Sementara air kelapa sering memiliki lebih banyak potasium daripada rata-rata minuman olahraga, air kelapa cenderung memiliki lebih sedikit sodium, elektrolit utama yang hilang melalui keringat.

Selain itu, ia memiliki lebih sedikit karbohidrat daripada banyak minuman olahraga. Ini berarti bahwa itu mungkin tidak memberikan dorongan energi yang cukup selama latihan yang berat atau panjang, tetapi dapat membantu rehidrasi sesudahnya.

2. Hidrasi rendah kalori

Air kelapa dicampur dengan lemon.

Photo :
  • U-Report

Seperti yang dijabarkan di atas, 95 persen air kelapa merupakan air yang mampu menghindari dari dehidrasi. Satu cangkir air kelapa mengandung 45 kalori. Academy of Nutrition and Dietetics menekankan bahwa itu adalah pengganti yang bagus untuk minuman seperti soda dan jus, yang umumnya tinggi kalori, gula, dan karbohidrat.

Siapa pun yang menganggap air putih tidak menggugah selera mungkin mendapati bahwa minum air kelapa sepanjang hari meningkatkan hidrasi mereka.

Tetap terhidrasi dapat membantu:

  • meningkatkan tingkat energi
  • mendukung pencernaan
  • meningkatkan kognisi
  • mengurangi nyeri sendi
  • mengatur berat badan
  • mencegah batu ginjal
  • mengatur suhu tubuh
  • mengurangi terjadinya sakit kepala
  • meningkatkan kesehatan jantung

3. Nutrisi

Minum air kelapa muda.

Photo :
  • U-Report

Manfaat air kelapa yang sangat penting adalah mengandung nutrisi di luar potasium, termasuk kalsium dan magnesium.

Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 600 mg potasium, sedangkan untuk konteksnya, pisang ukuran sedang mengandung 420 mg. Bagi siapa pun yang ingin meningkatkan asupan kalium, air kelapa mungkin merupakan pilihan yang baik.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, terutama saat berolahraga. Dan karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalsium mendukung kekuatan tulang dan gigi, dan membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 56 mg kalsium, 4% dari DV.

Magnesium membantu memindahkan kalsium dan kalium ke dalam otot, dan juga membantu produksi energi dan fungsi organ. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 60 mg magnesium, yaitu 14% dari DV.

Namun, air kelapa bukanlah sumber kalsium atau magnesium yang terkonsentrasi, sehingga tubuh perlu menyerap nutrisi ini dari sumber lain juga.

4. Untuk kesehatan jantung

Ilustrasi jantung

Photo :
  • Times of India

Manfaat lain dari air kelapa yakni dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kaliumnya dapat membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu, sebuah penelitian yang lebih tua menemukan bahwa air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun air kelapa dapat berperan dalam diet jantung sehat, seseorang tetap harus mengikuti rekomendasi diet dari dokter mereka.

5. Antioksidan

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu kalau manfaat air kelapa mampu menetralkan stres? Air kelapa mengandung antioksidan, yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas.

Sementara beberapa penelitian selama bertahun-tahun telah meneliti antioksidan dalam air kelapa, relatif sedikit yang melibatkan peserta manusia.

Salah satu penelitian terbaru, yang diterbitkan pada tahun 2016, menemukan bahwa antioksidan potensi tinggi air kelapa membantu mengurangi penanda kolesterol pada tikus.

6. Mengontrol gula darah

Ilustrasi cek gula darah

Photo :
  • Bio Insuleaf

Minum air kelapa tanpa pemanis sebagai pengganti minuman manis dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya. Namun, air kelapa tanpa pemanis mengandung gula alami, jadi seseorang mungkin perlu membatasi asupannya.

Dalam sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan model tikus diabetes, peneliti menemukan bahwa air kelapa menyebabkan peningkatan kontrol gula darah dan pengurangan kadar gula darah secara keseluruhan.

7. Bermanfaat bagi kesehatan ginjal

Gigi sehat

Photo :
  • Times of India

Manfaat air kelapa yang terakhir yakni bagi ginjal. Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah studi tahun 2018 pada peserta tanpa batu ginjal, air kelapa membantu mereka kehilangan lebih banyak sitrat, kalium, dan klorida saat buang air kecil, menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu melonggarkan batu atau mencegahnya terbentuk.

Dalam studi tahun 2021 pada tikus, peneliti menemukan manfaat serupa. Mereka juga mengutip beberapa temuan sebelumnya bahwa air kelapa dapat membantu meringankan kerusakan ginjal akibat diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya