Dear Diabetesi, Banyak Minum Ampuh Pangkas Gula Darah

Ilustrasi wanita memeriksa gula darah
Sumber :
  • eatthis.com

VIVA Lifestyle - Gula darah tinggi, atau hiperglikemia adalah suatu kondisi yang memengaruhi orang-orang yang diabetes atau pre-diabetes. Banyak hal yang kerap dilakukan para diabetisi ini untuk memangkas tingginya gula darah di tubuh, termasuk minum air mineral yang banyak.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

"Ketika tubuh Anda memiliki terlalu sedikit insulin (hormon yang mengangkut glukosa ke dalam darah), atau jika tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan benar," demikian Cleveland Clinic menyatakan.

Dikutip dari laman Eat This, mengelola gula darah sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Perawat praktisi doktor dengan pengalaman 37 tahun dan 10 pengalaman di Hematologi/Onkologi, Dr. JB Kirby menyebutkan bahwa dampak gula darah tinggi dapat mengancam nyawa.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Ada banyak alasan mengapa pengelolaan gula darah dapat mengancam jiwa. Salah satu alasannya adalah jika kadar gula darah menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius," tuturnya.

Tingkat gula darah kurang dari 100 mg/dL setelah 8 jam puasa dianggap normal. Pembacaan darah acak 200 mg/dL atau lebih tinggi menunjukkan bahwa Anda menderita diabetes. Tubuh Anda harus dapat mengatur kadar gula darah.  

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

"Misalnya, kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Kadar gula darah rendah dapat menyebabkan kejang, koma, dan bahkan kematian. Peningkatan kadar gula darah jangka panjang atau kronis dapat menyebabkan diabetes," tuturnya. 

Diabetes adalah penyakit yang mengancam jiwa yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Jika tidak diobati, diabetes juga dapat menyebabkan kebutaan, amputasi, dan kematian. 

"Efek diabetes dapat mengancam jiwa," tegasnya.

Olahraga teratur

?

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Menurut Dokter Kirby, olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. Saat berolahraga, tubuh menggunakan lebih banyak gula darah, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

"Berolahraga juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes," jelasnya.

Pola diet sehat

Makan makanan yang sehat adalah kunci untuk manajemen gula darah, kata Dokter Kirby. Diet sehat mencakup banyak makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. 

"Makanan ini dikemas dengan serat, vitamin, dan mineral, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin," ujarnya.

Mengurangi stres

Dokter Kirby menjelaskan, hormon seperti adrenalin, glukagon, hormon pertumbuhan dan kortisol dari stres meningkatkan tekanan darah Anda, meningkatkan detak jantung Anda, dan dapat menyebabkan gula darah naik. 

Cobalah untuk mengurangi stres dalam hidup Anda dengan teknik relaksasi atau stres- menghilangkan aktivitas seperti yoga atau meditasi.

Minum banyak air

Tetap terhidrasi penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk pengelolaan gula darah. Dokter Kirby menekankan, ketika Anda mengalami dehidrasi, gula dalam darah Anda menjadi lebih terkonsentrasi. 

"Pastikan untuk minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga diri Anda tetap sehat dan terhidrasi dengan baik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya