Baik untuk Kulit, 6 Manfaat Susu Kambing yang Jarang Diketahui

Ilustrasi susu kambing
Sumber :
  • newsbytesapp

VIVA Life – Susu kambing termasuk susu yang paling banyak digunakan di dunia. Tingkat konsumsinya sangat tinggi sehingga hampir 65-72% konsumen susu global. Hal ini juga karena kemudahan memelihara kambing dibandingkan dengan sapi.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Hal ini terutama berlaku dalam kasus negara-negara berkembang di mana ada kekurangan sumber daya untuk populasi umum. Apalagi manfaat susu kambing yang memiliki kalori, protein, dan lemak yang baik. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih susu kambing daripada susu sapi.

Pembeda antara susu kambing dengan susu lainnya adalah kekentalannya dan kelembutannya. Selain itu juga memiliki banyak manfaat kesehatan juga. Misalnya, lebih mudah dicerna, memiliki risiko lebih kecil menyebabkan alergi susu, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Berikut ini enam manfaat susu kambing bagi keshatan tubuh yang dilansir dari healthifyme.

1. Baik untuk Kulit

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • Ms Glow

Menurut penelitian, susu merupakan bahan aktif untuk memperbaiki kondisi kulit. Misalnya, membantu mengurangi jerawat dan komedo. Selain itu, membantu melembabkan, menghaluskan, dan memutihkan kulit kamu.

Manfaat susu kambing untuk kulit kamu melampaui manfaat susu untuk kulit secara umum. Susu kambing dan kulit manusia memiliki pH kulit yang sama. Artinya, ketika kamu menggunakan susu kambing untuk membersihkan kulit, tidak mengganggu mikrobioma alami kulit atau mantel asam. Jadi, jika kamu memiliki masalah kulit sensitif seperti psoriasis atau eksim, susu kambing akan sangat membantu.

Susu kambing memiliki asam laktat dan asam lemak, yang memperbaiki penghalang kulit. Sesuai penelitian, konsentrasi asam alfa hidroksi (AHA) yang rendah dalam susu kambing membantu menghidrasi, mengelupas dengan lembut dan merawat kulit yang rusak akibat sinar matahari. Selain itu, ini berkontribusi pada kulit yang terasa lebih lembut. Mereka juga memiliki probiotik untuk mendorong pertumbuhan flora kulit normal.

2. Meningkatkan Berat Badan yang Sehat

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Berat badan yang sehat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, juga mencegah kemungkinan tertular kanker. Dibandingkan dengan jenis susu lainnya, manfaat susu kambing memiliki kalori lebih banyak per sajiannya. Namun, ia memiliki profil nutrisi yang mirip dengan susu sapi. Oleh karena itu, kalori ekstra menyebabkan kenaikan berat badan yang sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kamu dapat menggunakan susu kambing sebagai alternatif susu sapi untuk merehabilitasi anak-anak yang kekurangan gizi. Jadi, jika kamu kekurangan berat badan dan ingin menambah berat badan secara sehat, sebaiknya konsumsi susu kambing.

3. Susu Kambing Lebih Mudah Dicerna

Ilustrasi sistem pencernaan.

Photo :
  • Pixabay

Butiran lemak dalam susu kambing 20% ??lebih kecil dari susu sapi. Karenanya, ini lebih mudah dicerna. Ini juga lebih rendah laktosa, menjadikannya alternatif yang sangat baik untuk susu sapi bagi orang yang menderita intoleransi laktosa.

Sesuai penelitian, manfaat susu kambing mendukung kelancaran proses metabolisme dan pencernaan yang mudah. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa dampaknya pada nafsu makan dan metabolisme protein.

4. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Cara menaikkan trombosit

Photo :
  • U-Report

Komplikasi signifikan demam berdarah adalah defisiensi selenium dan penurunan jumlah trombosit darah. Namun, penelitian menunjukkan manfaat susu kambing dapat membantu mengobati pasien demam berdarah dengan meningkatkan trombosit darah. Itu karena selenium adalah komponen utamanya. Selain itu, juga membantu pencernaan dan pemanfaatan metabolisme berbagai mineral yang ada dalam tubuh.

5. Membantu Mencegah Alergi Susu pada Anak

Anak alergi.

Photo :
  • U-Report

Manfaat susu kambing lainnya adalah memiliki jumlah kasein A2 yang baik. Misalnya, 100 ml susu kambing mengandung sekitar 3,6 gram kasein A2. Kasein A2 memiliki kadar protein yang tinggi, sama seperti ASI manusia. Oleh karena itu, mencegah penyakit radang kolitis dan sindrom iritasi usus besar. Biasanya, bayi diberikan susu kambing sebagai sumber protein pertama setelah menyusui. Itu membuat mereka kurang rentan terhadap alergi susu daripada susu sapi.

6. Mencegah Anemia

Ilustrasi penderita anemia.

Photo :
  • U-Report

Manfaat susu kambing yang terakhir yakni mampu mencegah anemia. Susu kambing kaya akan kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor. Tubuh kita dengan mudah mencerna dan menyerap mineral ini. Hasilnya, susu kambing membantu mengobati kekurangan nutrisi seperti demineralisasi tulang. Ini juga memperbaiki kekurangan zat besi dan magnesium. Ini lebih meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan zat besi. Susu kambing juga meningkatkan pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, pasien yang menderita anemia, gangguan penyerapan, atau osteoporosis sebaiknya mengonsumsi susu kambing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya