4 Cara Benar Rawat Miss V Menurut Dokter, Jangan Salah Lagi!

ilustrasi organ intim/vagina.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Merawat area kewanitaan sangatlah penting bagi semua wanita. Tanpa disadari, keringat aktif dan menstruasi dapat menimbulkan bau tak sedap pada Miss V. Bahkan tak jarang wanita mengalami keputihan karena kurang menjaga kebersihan vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Walaupun sebenarnya secara alami vagina dapat membersihkan dirinya sendiri, terkadang diperlukan perawatan ekstra. Bagaimana cara merawat yang benar? 

Spesialis kulit dan kelamin, dr. Corry Khathreen, SpKK, menjelaskan bahwa menjaga kebersihan vagina merupakan bagian dari menjaga kebersihan tubuh. Selain mencegah infeksi, juga mencegah gangguan kesehatan lain di sekitar organ intim.

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

“Ada beberapa cara menjaga area kewanitaan, salah satunya membasuh area kewanitaan dengan tepat, yaitu dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus," ujar dr. Corry dalam keterangannya, Senin 1 Agustus 2022.

Ilustrasi vagina

Photo :
  • Times of India
Pakai Parfum Khusus untuk Miss V yang Viral di Korea Selatan? Ini Faktanya

"Lalu, gunakan pakaian dalam yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu ketat untuk menghindari lembap berlebih. Selain itu, bisa gunakan pembersih kewanitaan yang aman untuk area luar vagina (vulva)," tambah dia. 

Bicara pembersih area kewanitaan, Agustina selaku Founder Mayium, mengatakan, sabun pembersih organ intim wanita bisa membantu mengatasi keputihan, gatal karena iritasi, dan bau tak sedap pada area kewanitaan. Salah satunya, dia merekomendasikan penggunaan Mayium Feminine Wash. 

Menurutnya, sabun pembersih tersebut mengandung bahan aktif yang natural seperti daun sirih, kayu rapet, dan manjakani, sehingga diklaim sangat aman digunakan.

Daun sirih

Photo :
  • Pixabay/pexels

"Daun sirih memiliki sifat anti jamur yang dapat mengurangi gatal pada organ intim wanita. Dan manjakani dapat mengurangi keputihan dan bau tak sedap. Selain itu, kayu rapet juga dipercaya dapat memberikan efek keset pada vagina," bebernya. 

"Tak hanya berbahan alami dan dibuat dengan pH-balance 4.5 (pH alami wanita), Mayium Feminine Wash juga non-SLS, non-paraben, dan non-fragrance," imbuh Agustina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya