5 Manfaat Probiotik untuk Kulit, Bisa Atasi Berbagai Masalah

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/cookie_studio

VIVA Lifestyle – Bisa dibilang probiotik merupakan salah satu kandungan skincare yang cukup populer akhir-akhir ini. Sederet rangkaian perawatan kulit mulai dari sabun wajah, toner, serum, pelembab, sama masker banyak yang memiliki kandungan ini.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Probiotik merupakan bakteri hidup yang baik. Mikroorganisme ini bertanggung jawab untuk memulihkan keseimbangan dalam tubuh dengan memastikan bakteri jahat dapat dikendalikan dan dicegah agar tak menyebabkan penyakit. 

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Selain itu, probiotik diketahui bisa melawan peradangan usus dengan membantu tubuh menyerap jenis nutrisi tertentu dan menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi optimal. 

Karena baik bagi tubuh, probiotik pun juga mampu memperbaiki kondisi kulit. Dilansir VIVA dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat probiotik untuk kulit. 

Banyak Aktivitas Luar Ruangan, Ria Ricis Risih dengan Kulit Wajahnya yang Menghitam

Mengatasi berbagai masalah kulit

Ilustrasi ruam di kulit.

Photo :
  • U-Report

Masalah kulit seperti jerawat, ruam, eksim, serta kerusakan akibat sinar UV dapat diatasi oleh probiotik. Sebuah penelitian menyatakan bakteri baik yang seimbang dapat membantu mengurangi masalah kulit yang disebutkan tadi.

Mengurangi tanda penuaan

Ilustrasi penuaan.

Photo :
  • U-Report

Probiotik diklaim membantu membangun kolagen untuk mencapai struktur kulit yang lebih kuat serta menambah kehalusan pada kulit. Selain itu, probiotik juga bisa membuat kulit lebih tahan terhadap efek negatif dari paparan sinar matahari yang berujung pada menghasilkan lebih sedikit kerutan dan garis-garis halus.

Meningkatkan hidrasi kulit

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Photo :
  • SNP Lab

Probiotik dapat menguatkan lapisan kulit paling luar atau skin barrier. Dengan semakin kuatnya skin barrier, otomatis kulit tidak akan mudah kehilangan air. Maka dari itu, kulit akan tetap sehat dan terhidrasi dengan baik untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Mencegah jerawat dan mencerahkan kulit

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Terkadang kita menyantap makanan tertentu yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, membuat pori-pori tersumbat, serta memicu munculnya jerawat yang meradang. Peradangan dapat dicegah dengan penggunaan skincare probiotik secara teratur. Dengan begitu, kulit akan lebih bersih dari jerawat sekaligus lebih cerah.

Memperbaiki kulit

iritasi

Photo :

Gangguan kulit muncul seiring dengan sejumlah gejala seperti rasa terbakar, gatal, dan sakit untuk disentuh. Apalagi jika ada benjolan atau bercak merah yang teriritasi yang meninggalkan bekas luka. Menggunakan skincare probiotik secara rutin dipercaya mampu mengurangi bekas luka dan menghaluskan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya