10 Fakta Penyakit Kanker yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Penyakit kanker.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Hampir setiap orang memiliki teman atau orang terkasih yang pernah menderita kanker.  Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui, fakta penyakit kanker yang mungkin sebelumnya pernah didengar.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Kanker biasanya berkembang ketika beberapa sel tubuh mulai tumbuh di luar kendali. Sel-sel ini menyalin diri mereka sendiri dan tumbuh menjadi tumor. Sel kanker dapat menyebar ke jaringan dan bagian tubuh lainnya. Tumor dan penyebaran sel kanker dapat mengganggu cara kerja tubuh, sehingga menimbulkan gejala yang bisa mematikan .

Penyakit kanker.

Photo :
  • Pixabay
Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Setiap tahun lebih dari 1,9 juta orang didiagnosis dengan kasus kanker baru. Lebih dari 500.000 orang meninggal karena kanker setiap tahun (609.360 diperkirakan pada tahun 2022) itu 1.670 kematian sehari. Untungnya, tingkat kelangsungan hidup kanker membaik. 

Faktanya, penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar yang ada di dunia ini.  Masih banyak fakta penyakit kanker lainnya yang perlu Anda ketahui, selaiin yang telah disebutkan di atas.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Beriku ini sederet fakta penyakit kanker yang mungkin tidak Anda ketahui, melansir dari facts.net:

Ilustrasi penyakit kanker.

Photo :
  • U-Report

Kanker Adalah Pertumbuhan Sel Yang Tidak Normal dan Ganas

Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel yang ganas dan tidak normal. Menurut fakta kanker, sel-sel abnormal ini mampu menyerang berbagai bagian tubuh dan terus tumbuh kecuali pertumbuhannya dihentikan dengan pengobatan. Mereka dapat mengganggu fungsi organ normal.

Ada Lebih dari 100 Jenis Kanker

Karena kanker dapat terjadi hampir di mana saja di tubuh, ada lebih dari 100 jenis yang berbeda. Kanker umum termasuk kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru, melanoma dan kanker kandung kemih.

Hampir Seperempat Kematian Akibat Kanker Berhubungan dengan Tembakau

Bukti menunjukkan bahwa 22% kanker disebabkan oleh penggunaan tembakau. Fakta kanker menunjukkan bahwa sekitar 90% dari semua kanker paru-paru berhubungan dengan tembakau. Kanker terkait tembakau lainnya termasuk kanker kerongkongan, pankreas, laring dan kandung kemih. Asap tembakau mengandung lebih dari 50 karsinogen; ini adalah zat yang terbukti terkait dengan berbagai kanker.

Obesitas dan Pola Makan yang Buruk Adalah Faktor Besar Kanker

Ada diyakini penyebab kanker yang berbeda. Hingga 35% kanker diperkirakan disebabkan oleh pola makan yang buruk, kurang olahraga, dan obesitas. Kanker yang disebabkan oleh obesitas , pola makan yang buruk dan kurang olahraga diyakini bertanggung jawab atas 14-20% dari semua kematian akibat kanker.

Hanya 5-10% Kanker yang Disebabkan Genetika

Meskipun genetika sering disebut-sebut sebagai penyebab utama kanker, hanya 5-10% kejadian kanker yang disebabkan oleh genetika. Kanker lebih sering disebabkan oleh merokok, kurangnya aktivitas fisik dan obesitas. Kurang dari 0,3% populasi memiliki kecenderungan genetik terhadap kanker tertentu.

Ilustrasi sel kanker menyerap glukosa dari aliran darah

Photo :
  • U-Report

Beberapa Virus Dapat Menyebabkan Kanker

Oncovirus adalah virus yang dapat menyebabkan kanker. Dikombinasikan dengan bakteri dan parasit penyebab kanker , mereka menyumbang sekitar 18% dari semua kematian akibat kanker. Fakta kanker menunjukkan bahwa human papillomavirus dan hepatitis B adalah contoh oncovirus.

Kanker Diklasifikasikan Berdasarkan Jenis Sel Asal Tumor

Agar tepat ketika menggambarkan kanker, kanker diklasifikasikan berdasarkan tempat asalnya di dalam tubuh. Ada lima klasifikasi: karsinoma, sarkoma, limfoma dan leukemia, tumor sel germinal dan blastoma.

Karsinoma adalah yang paling umum dan mulai di sel epitel. Sarkoma berasal dari jaringan ikat. Limfoma dan leukemia berhubungan dengan kanker darah . Tumor sel germinal berasal dari sel pluripoten dan blastoma berasal dari jaringan embrionik.

Diet Sehat Adalah Bagian dari Pencegahan Kanker

Karena hingga 35% kanker dapat dikaitkan dengan pola makan dan pilihan olahraga yang buruk, pola makan dan olahraga yang sehat merupakan bagian penting dari pencegahan kanker. Program berhenti merokok juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi risiko kanker.

Gejala Kanker Mudah Disalahartikan, Seperti Penurunan Berat Badan

Pada awalnya, kanker tidak memiliki gejala. Saat massa kanker abnormal tumbuh, gejala mungkin muncul. Gejala-gejala ini tidak terlalu spesifik dan dapat dikaitkan dengan banyak kondisi yang berbeda. Beberapa gejala, seperti penurunan berat badan atau batuk mungkin tidak mudah dikenali sebagai indikasi kanker.
Karena itu, gejala kanker dapat dengan mudah disalahartikan sebagai sesuatu yang lain. Beberapa gejala, seperti benjolan di jaringan payudara, jelas menonjolkan masalah yang perlu diperiksakan ke dokter.

Perawatan Kanker Menyerang Masalah Secara Berbeda

Fakta kanker memberitahu kita bahwa ada beberapa pilihan pengobatan yang berbeda untuk kanker. Ini termasuk operasi, kemoterapi, dan radiasi, antara lain. Tujuan dari operasi adalah untuk menghilangkan massa kanker.

Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker melalui penggunaan obat anti neoplastik sitotoksik. Radiasi menggunakan radiasi ionik untuk membunuh sel kanker. Seringkali, rencana perawatan mencakup campuran teknik untuk membasmi kanker dengan baik atau memperpanjang hidup. Ada juga perawatan eksperimental yang tersedia.

Kanker Payudara dan Prostat Adalah yang Paling Umum

Kanker yang paling umum adalah kanker payudara dan kanker prostat dengan lebih dari 230.000 kasus baru setiap tahun. Kanker paru-paru melengkapi tiga besar dengan lebih dari 200.000 kasus baru setiap tahun. Kanker prostat adalah kanker yang sangat dapat bertahan hidup, dengan tingkat kematian 0,8%. Kanker payudara memiliki angka kematian 10%. Kanker paru-paru merupakan salah satu kanker yang paling mematikan, dengan angka kematian sebesar 83%.

Kanker Pankreas adalah Kanker Paling Mematikan, 94% Akan Meninggal dalam Lima Tahun

Dari orang-orang yang didiagnosis dengan kanker pankreas, 94% akan meninggal dalam waktu lima tahun. Kanker pankreas adalah kanker yang paling tidak dapat bertahan hidup. Fakta kanker menunjukkan bahwa aktor Amerika Patrick Swayze dan ikon teknologi Apple Steve Jobs keduanya meninggal karena kanker pankreas.

Kanker Paru Membunuh Lebih dari 150.000 Orang Setiap Tahun

Sekitar 80-90% kasus kanker paru-paru disebabkan oleh asap rokok. Ini adalah salah satu kanker yang paling dapat dicegah dan juga kanker yang membunuh kebanyakan orang. Lebih dari 200.000 orang didiagnosis dengan kanker paru-paru setiap tahun dan lebih dari 150.000 meninggal karenanya. Ini adalah bentuk paling umum dari orang-orang kanker yang meninggal.

4 Februari Adalah Hari Kanker Sedunia

Tujuan Hari Kanker Sedunia adalah untuk memberikan informasi. Setiap tahun pada tanggal 4 Februari, Union for International Cancer Control mendorong organisasi untuk berbagi informasi tentang pencegahan dan deteksi dini untuk membantu memberantas kanker yang dapat dicegah.

Stadium Kanker Menunjukkan Ukuran Tumor

Sistem TNM adalah sistem pementasan yang paling umum digunakan untuk kanker. Tahapan yang berbeda dalam sistem berhubungan dengan ukuran tumor dan jangkauan tumor. Stadium 0 menunjukkan sel-sel abnormal tetapi tidak ada kanker yang terlihat. Stadium I, II, dan III menunjukkan adanya tumor dan jumlah yang telah menyebar ke organ lain. Stadium IV menunjukkan tumor telah menyebar ke organ yang jauh. Tahap IV adalah tahap terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya