Pangkas Kolesterol Tinggi Pakai Menu Orem Tahu Pelangi Cuma Rp20 ribu

Ilustrasi tahu
Ilustrasi tahu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Kolesterol tinggi menjadi momok banyak orang lantaran bisa memicu komplikasi penyakit berbahaya apabila dibiarkan. Untuk mencegahnya, paling utama adalah dengan menjaga pola makan yang rupanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi tahu dalam resep sehat nan nikmat juga murah. Mau coba?

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti SpGK menjelaskan bahwa tahu bisa menjadi bahan utama untuk sajian menu murah dan juga nikmat. Tak hanya itu, tahu juga merupakan sumber protein nabati yang ampuh memangkas kolesterol.

"Tahu mengandung serat, lemaknya juga termasuk lemak bagus. Tahu juga punya antioksidan untuk bantu kontrol kadar kolesterol tinggi. Jadi tak hanya ada protein tapi juga penurun kolesterol," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Selasa 2 Agustus 2022.

Dokter Putri menyebut bahwa tahu dapat diolah menjadi sajian sehat dengan dikombinasi sayur mayur seperti wortel dan buncis. Siapa sangka, wortel juga memiliki khasiat luar biasa sehingga mengonsumsinya membuat kadar gula darah juga menurun.

Makanan baik penderita kolesterol.

Makanan baik penderita kolesterol.

Photo :
  • U-Report

"Wortel untuk jaga kadar gula darah stabil. Di dalam wortel mengenal ada indeks glikemik, itu untuk atur gula darah. Tapi di wortel indeks glikemiknya rendah dan serat tinggi otomatis jaga gula darah untuk cegah diabetes. Betakaroten juga membantu sensitivitas insulin jadi bagus untuk diabetes," tuturnya.

Sedangkan pada buncis, bermanfaat pada kesehatan mata serta turut stabilkan kadar gula darah. Di dalam buncis mengandung vitamin A yang tinggi serta antioksidan untuk membantu hormon insulin terjaga.