Hirup Aroma Lavender Bantu Redam Stres dan Tidur Nyenyak

Ilustrasi bunga lavender
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Di masa pandemi ini, masyarakat menjadi semakin menyadari akan pentingnya kehidupan yang sehat, baik secara jasmani, emosional, dan juga kesehatan mental. Hal tersebut juga senada dengan data yang menunjukkan bahwa ketertarikan konsumen akan self care meningkat hingga 70 persen di tahun 2021. 

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui penggunaan produk wellness guna merawat diri. Ciri khas dari produk wellness ini berkaitan erat dengan membangun kesehatan mental, terlebih dengan banyaknya tekanan di masa pandemi.

"Kehidupan kita berubah banyak pressure, banyak adaptasi during pandemic time. Orang-orang lebih aware kesehatan mental," ujar Fragrance Expert, Sannia Alattas, dalam acara SoKlin Liquid Nature Series Provence Lavender, Rabu 3 Agustus 2022.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

lavender

Photo :
  • U-Report

Sannia menjelaskan bahwa berbagai cara dapat dilakukan untuk meredam tekanan yang dirasakan selama 2 tahun belakangan ini, termasuk dengan menghirup aroma menyenangkan dari bunga lavender. Nah, aroma bunga lavender sudah terbukti membantu tubuh dengan berbagai manfaatnya mulai dari meredam stres hingga menenangkan pikiran.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

"Dikenal karena efeknya yang menangkan, minyak tanaman lavender merupakan pilihan tepat untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi relaks, meringankan suasana hati dan membuat mood semakin baik, layaknya kasih seorang Ibu yang penuh kelembutan dan kehangatan,” ucapnya.

Lebih dalam, Sannia menambahkan bahwa lavender merupakan tanaman serba guna alias dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari campuran produk kosmetik, pengobatan, wewangian hingga minuman. Minyak lavender yang diekstraksi secara alami pun memiliki aroma unik dan khas yang mudah untuk dikenali dengan notes bunga yang ringan, segar dan tidak menyengat, serta aroma manis yang lembut.

Minyak lavender.

Photo :
  • U-Report

"Banyak manfaat kesehatannya. Natural remedy untuk kesehatan fisik dan emosional. Kalau lagi merasa mual, nggak enak badan, pusing, cium aroma natural dari family aromatic herb seperti lavender bisa redam gejala itu. Secara emosional bantu redakan gejala stres, bantu saat merasa anxious, nervous," imbuhnya.

Di Provence, Prancis, Lavender tumbuh di ketinggian 1 km di atas permukaan laut dan aroma dari Lavender di sana cenderung lebih manis jika dibandingkan dengan Lavender dari daerah lain. Menurut Sannia, setiap satu hektar ladang lavender dapat diolah menjadi 12-15 kg natural essential oil sehingga masyarakat bisa  memanfaatkannya untuk kesehatan tubuh.

"Lavender termasuk essential oil yang disukai karena bisa untuk kesehatan fisik dan tidur lebih nyenyak, buat lebih tenang," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya