Sering Keputihan Tanda Penyakit Berbahaya? Kenali Gejalanya

Wanita alami keputihan abnormal.
Wanita alami keputihan abnormal.
Sumber :
  • http://www.jadimodel.biz

VIVA Lifestyle – Keputihan pada organ kewanitaan cenderung dianggap hal yang normal terjadi sehingga mengabaikan tanda-tanda keputihan berbahaya. Padahal, keputihan normal atau berbahaya sebenarnya memiliki gejala yang seharusnya mudah dikenali bagi tiap perempuan agar dapat mendeteksi dini kelainan yang dialaminya.

Gangguan keputihan memang meresahkan sehingga para perempuan seharusnya mewaspadainya. Dokter spesialis kebidanan, Dr. Ridwan Mahmuddin SpOG menjelaskan, organ kewanitaan sebenarnya umum memproduksi cairan yang cenderung dipahami sebagai keputihan.

"Normalnya pada alat kelamin wanita diliputi cairan seperti halnya organ di tubuh kita yang diliputi mukosa seperti pada hidung, pasti dilapisi selaput lendir. Cairan itu bisa normal dan jadi penyakit ketika terinfeksi bakteri," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Jumat 5 Agustus 2022.

Keputihan pada wanita.

Keputihan pada wanita.

Photo :
  • U-Report

Menurut dokter Ridwan, ada tanda-tanda yang dapat dilihat dengan seksama ketika keputihan yang terjadi merupakan siklus normalnya. Terdapat tiga tanda utama yang sebenarnya bisa diobservasi ketika cairan dari organ kewanitaan muncul. Apabila di luar tanda utama itu, maka patut dicurigai adanya masalah atau kelainan pada organ kewanitaan.

"Normalnya seperti putih telur mentah. Bening, konsistensi sedikit kental, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal pada organ kewanitaan. Ketika sudah di luar gejala itu curiga itu penyakit. Apalagi disertai gatal ataupun bau amis," tuturnya.

Dengan mengenali tanda tersebut, maka keputihan yang tidak normal bisa dideteksi sebagai gejala penyakit berbahaya. Dokter Ridwan menambahkan bahwa penyebab keputihan yang tak normal itu utamanya akibat dua hal yakni infeksi dan kanker.