Bukan Cacar Monyet, Ruam Seperti Ini Tanda Diabetes

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Ruam kulit merupakan gejala yang cukup sering di berbagai penyakit, tak terkecuali cacar monyet. Kendati begitu, kondisi penyakit lain juga bisa memicu ruam, salah satunya diabetes, namun dengan tanda penyerta lainnya yang patut dipahami.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dalam beberapa tahun ke depan, lebih dari lima juta orang yang mengejutkan bisa hidup dengan diabetes. Di sini kita melihat beberapa tanda umum dari kondisi tersebut dan juga beberapa fakta yang mungkin lebih mengejutkan.

Ilustrasi ruam kulit.

Photo :
  • U-Report
Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi umum yang menyebabkan gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi, pada dasarnya adalah ketidakmampuan tubuh untuk memecah kadar glukosa. Dan seperti setiap kondisi, ada sejumlah tanda dan gejala yang dapat menunjukkan seseorang memilikinya, dengan beberapa tanda bahaya yang kurang dikenal daripada yang lain.

Tapi pertama-tama, mari kita lihat dua jenis utama diabetes. Berikut ulasannya dikutip dari laman Mirror.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Tipe pertama adalah ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Tipe dua adalah yang paling umum, dan saat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau sel-sel tubuh gagal bereaksi terhadap insulin. Yang satu ini dianggap lebih mudah untuk mengelola keduanya.

Ilustrasi suntik insulin/diabetes.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pra-diabetes?

Terlepas dari namanya, pra-diabetes masih merupakan kondisi kesehatan yang serius. Di sinilah kadar gula darah seseorang tinggi, tetapi belum cukup tinggi untuk mengklasifikasikan orang tersebut menderita diabetes. Ini adalah tanda peringatan nyata yang untungnya bisa dibalik.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Gejala khas pra-diabetes

Pergi ke toilet lebih sering, terutama di malam hari. Merasa lebih lelah, karena tubuh Anda tidak dapat memasukkan cukup glukosa ke dalam sel untuk energi. Menurunkan berat badan tanpa berusaha. Gatal atau sariawan pada alat kelamin. Luka terpotong dan luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Kabur penglihatan. Merasa sangat haus.

Apa saja gejala yang kurang diketahui?

Ini mungkin tidak terlalu diketahui, tetapi memiliki ruam yang dapat muncul di sejumlah tempat di tubuh dapat menunjukkan pra-diabetes, atau dengan diabetes yang sebenarnya. Seperti apa ruam itu, ini sepenuhnya tergantung pada penyebabnya.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Ada lima jenis ruam yang terjadi pada penderita diabetes:

1. Bullosis diabetesorum

Klinik Cleveland menggambarkan ini sebagai "lepuh tanpa rasa sakit [yang] dapat terbentuk di punggung tangan dan kaki dan di kaki dan lengan bawah". Kondisi ini sering mempengaruhi orang dengan neuropati diabetik - suatu kondisi di mana saraf rusak akibat diabetes.

Ilustrasi Diabetes

Photo :
  • U-Report

2. Diabetes dermopati

Di sinilah tulang kering menjadi tertutup bercak coklat muda dari kulit bersisik. Mereka sering terlihat seperti bintik-bintik penuaan dan tidak memerlukan perawatan apa pun.

3. Sklerosis digital

Ini adalah jenis ruam yang muncul jika Anda menderita diabetes tipe 1. Ini menyebabkan kulit mengeras dan menjadi lilin di punggung tangan.

Diabetes menyebabkan timbulnya masalah kulit

Photo :
  • U-Report

4. Nekrobiosis lipoidica diabetikorum (NLD)

Ini adalah ruam kaki bagian bawah yang lebih sering ditemukan pada wanita. Ini dapat menyebabkan bercak merah, terangkat, dan mengkilat pada kulit, dengan bagian tengah berwarna kuning.

5. Sindrom kaki diabetes

Di sinilah bisul berkembang setelah trauma pada kulit. Ulkus bisa memakan waktu lama untuk sembuh dan bisa terinfeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya