Monkeypox Diduga Masuk RI, Dinkes Tangerang: Waspada Ada Taman Solear

cacar monyet
cacar monyet
Sumber :
  • pixabay

VIVA Travel – Suspek virus cacar monyet atau yang dikenal dengan monkeypox diketahui telah terdeteksi di Indonesia, yakni Pati, Jawa Tengah. Adanya hal itu, pemerintah pusat hingga, daerah pun mengeluarkan imbauan untuk peningkatan kewaspadaan.

Seperti di Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan setempat sudah menyebar luaskan informasi tentang monkeypox, baik itu melalui Instagram, website  dan spanduk untuk memberikan pengetahuan dan meningkatakan kewaspadaan masyarakat.

"Kita telah berikan informasi soal peningkatan kewaspadaan yang harus dilakukan masyarakat di Kabupaten Tangerang terkait penyakit cacar monyet ini," kata Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Sumihar Sihaloho, Jumat, 5 Agustus 2022.

Terlebih di Kabupaten Tangerang, terdapat lokasi wisata Taman Makam Kramat Solear. Di mana, pada lokasi tersebut ditempati oleh ratusan monyet liar.

"Terkait adanya wisata taman monyet Solear di Kabupaten Tangerang, maka diharapkan memang adanya peningkatan pengawasan dari pihak pengelola," ujarnya.

Peningkatan pengawasan ini dimaksudkan, agar pengunjung terhindar dari  kontak fisik dengan hewan tersebut sebagai bentuk pencegahan (bekerjasama dengan dinas peternakan).