5 Penyakit Berbahaya Mengintai Dibalik Manisnya Minuman Kekinian

minuman kekinian.
minuman kekinian.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Menyukai makanan dan minuman manis, permen, dan makanan yang dipanggang? Sebagian besar barang-barang ini sarat dengan gula putih atau pemanis buatan, yang telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan yang berbahaya. Apa saja?

Untuk mengurangi asupan gula dan kalori, banyak orang memilih pemanis buatan atau pengganti gula lainnya. Namun, berbagai makanan dan minuman yang dijual bebas gula mengandung pemanis buatan. 

Meski pengganti gula sintetis ini mengandung kalori yang jauh lebih sedikit daripada gula meja (sukrosa), penelitian menunjukkan beberapa diantaranya dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, dengan meningkatkan nafsu makan dan konsumsi makanan. 

Untuk itu, mari kita lihat beberapa kondisi kesehatan yang terkait dengan tingginya konsumsi gula putih atau pemanis buatan, dikutip dari laman The Health Site.

1. Kegemukan

lingkar pinggang, obesitas, kegemukan

lingkar pinggang, obesitas, kegemukan

Photo :
  • Pixabay/ Bru-No

Beberapa penelitian telah menyoroti hubungan antara diet tinggi gula tambahan dan kelebihan berat badan/obesitas. Para ahli mengatakan kelebihan gula disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Juga, asupan gula yang tinggi meningkatkan nafsu makan, yang menyebabkan konsumsi berlebihan.