Puting Lecet Amankah Menyusui? Ini Kata Dokter

Ilustrasi menyusui/ASI.
Ilustrasi menyusui/ASI.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA Lifestyle – Menyusui si kecil merupakan bentuk memenuhi kebutuhannya dalam proses tumbuh kembang, sehingga bisa memaksimalkan kemampuan si buah hati kelak. Namun, banyak para moms yang merasa khawatir untuk lanjut menyusui ketika puting payudaranya lecet. Bagaimana kata dokter?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Neonatolog, Naomi Esthernita SpA (K) membeberkan bahwa memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi diperlukan untuk memenuhi nutrisi, terutama di enam bulan pertama. Naomi tak menepis sejumlah kendala pasti ditemukan para ibu ketika menyusui bayinya, seperti puting payudara yang lecet.

Menurut Naomi, puting payudara yang lecet menjadi keluhan banyak ibu, sehingga hal tersebut sebenarnya wajar terjadi. Terlebih, untuk menyusui di saat puting payudara lecet atau berdarah pun tetap aman dilakukan pada si kecil meski mungkin akan terasa kurang nyaman pada para ibu.

"Aman. Tapi harus lihat masih lecet dan berdarah berarti ada yang salah. Mungkin posisi atau pelekatan bayinya salah sehingga lecet atau berdarah," ujar Naomi dalam acara virtual bersama IDI beberapa waktu lalu.

Ilustrasi menyusui/ASI.

Ilustrasi menyusui/ASI.

Photo :
  • Freepik/javi_indy

Naomi melanjutkan bahwa bentuk kesalahan posisi saat menyusui bisa membuat puting payudara rentan lecet. Selain itu, pelekatan yang masih kurang benar pun rentan membuat puting menjadi berdarah sehingga harus segera dibenarkan. Bisa dengan melihat edukasi melalui buku mau pun berkonsultasi ke tenaga medis terdekat.

"Benerin dulu supaya nggak berdarah terus-terusan. Semoga dengan posisi dan pelekatan baik tidak lagi terjadi luka," imbuhnya.