Cara Menggunakan Test Pack yang Baik dan Benar untuk Hasil Akurat

Test Pack
Test Pack
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA Lifestyle –  Cara menggunakan test pack memang tampaknya sangat praktis dan sederhana. Tapi, pemakaian test pack yang kurang tepat nyatanya akan membuat hasilnya menjadi kurang akurat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kamu dalam mengetahui bagaimana langkah pemakaian alat tes kehamilan supaya hasilnya menjadi lebih akurat.

Tespek atau test pack (dalam bahasa Inggris) ini merupakan alat pendeteksi kehamilan yang kerap dipakai oleh para wanita. Tespek bisa dengan mudah ditemukan di apotik maupun supermarket dengan jenis dan harga yang bervariasi. Test pack juga menjadi alat yang penting untuk kamu, pasangan yang aktif secara seksual tapi belum mau memiliki anak. 

Untuk itu, tespek merupakan barang yang sangat penting guna mendeteksi situasi saat kamu tiba-tiba berhenti mengalami menstruasi. Cara pemakaiannya juga harus diperhatikan supaya hasil yang diperoleh tepat dan akurat. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan tentang cara menggunakan test pack seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

Cara Memilih Test Pack

Test Pack

Test Pack

Photo :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

Test pack adalah alat untuk menguji kehamilan yang tingkat keakuratannya mencapai 99%. Test pack bisa mengetahui kehamilan seseorang dengan cara mendeteksi kandungan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine atau yang kita ketahui dengan kencing. 

Saat sel telur sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim, seorang perempuan akan memproduksi hCG. hCG ini baru bisa terdeteksi setelah memasuki 7-14 hari masa pembuahan. Selain cara menggunakan test pack yang benar, untuk memperoleh hasil yang akurat juga kamu harus memperhatikan pemilihan tespek saat membelinya di toko tertentu. 

Pastikan bahwa kamu mengecek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa test pack yang akan dibeli. Sebab, test pack yang sudah kadaluarsa bisa memengaruhi hasil akhir atau tingkat keakuratan untuk mendeteksi kehamilan. Kemudian selalu konsultasikan pada apoteker tentang test pack mana yang memerlukan kadar hCG lebih sedikit. Sebab, mayoritas membutuhkan hCG tinggi. 

Waktu Pemakaian Test Pack

ilustrasi ibu hamil tidur

ilustrasi ibu hamil tidur

Photo :
  • freepik by freepik

Selain memperhatikan tanggal kadaluarsa dari test pack yang akan digunakan, memperhatikan waktu pemakaian test pack juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk memperoleh hasil tes yang lebih akurat. 

Disarankan untuk memakai tespek di hari pertama terlambat menstruasi atau 1-2 minggu setelah berhubungan badan. Ada baiknya, tunggu hingga kamu terlambat menstruasi selama 1-2 minggu. Jika kamu hamil, usia kandungan kamu diperkirakan sudah mencapai 6 minggu.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, ada baiknya kamu menghindari pemakaian test pack di siang hari. Sebab, urine siang hari cenderung encer. Urine encer membuat hormon hCG sulit terdeteksi. Jadi, akan lebih baik bila kamu memakai test pack saat pagi hari setelah bangun tidur. 

Cara Menggunakan Test Pack yang Sering Salah

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.

Ilustrasi hamil/ibu hamil/USG.

Photo :
  • Freepik/tirachardz

Pemakaian test pack yang salah kerap kali terjadi. Misalnya melakukan tes pada siang hari. Tak disarankan memakai alat tes kehamilan pada siang hari. Hal ini karena lewat dari pagi hari kamu sudah banyak minum dan makan, yang membuat urine semakin encer. Kondisi urine yang encer ini akan membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi. 

Sebab itu, ada baiknya lakukan pengecekan pada pagi hari setelah kamu terbangun dari tidur. Kondisi urine yang pekat pada pagi hari bisa membuat hasil menjadi lebih akurat. Jangan terburu-buru atau terlalu lama untuk membaca hasil. Kadang, karena terlalu gembira mengalami keterlambatan haid, seorang istri terburu-buru melihat dengan test pack. 

Padahal, ada beberapa jenis test pack yang memerlukan waktu beberapa menit untuk memperlihatkan hasil yang akurat. Tidak jarang juga karena tak sabar menunggu hasilnya kadang test pack ditinggal dan kemudian baru dilihat hasilnya dalam rentang waktu yang cukup jauh. Hal ini bisa mengakibatkan kesalahan dalam membaca hasil test pack. 

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Ilustrasi pria hamil.

Ilustrasi pria hamil.

Photo :
  • U-Report

Sebelum kamu memutuskan untuk memakai test pack, pastikan untuk membaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian yang ada di dalam kemasan produk. Harus dipahami juga bahwa setiap jenis test pack mungkin mempunyai rekomendasi pemakaian yang berbeda-beda. Biasanya, ada 3 jenis test pack yang paling sering dipakai untuk mendeteksi kehamilan. 

1. Test Pack Strip

Test pack strip merupakan alat tes kehamilan yang berupa strip plastik. Alat tes kehamilan yang satu ini berukuran kecil dan sangat ringan. Cara menggunakan test pack strip adalah sebagai berikut.

  • Siapkan wadah untuk menampung urine, namun jika kamu kesulitan menemukan wadah yang tepat, maka bisa dengan langsung mengguyur urine ke tespek. Namun, harus berhati-hati agar tidak melebihi garis batas. 
  • Setelah urine ditampung, celupkan test pack ke wadah dengan bagian putihnya saja. 
  • Celupkan sampai berada di bawah garis batas MAX. 
  • Tunggu kurang lebih selama 5-10 detik, kemudian angkat test pack. Sebaiknya, jangan terlalu terburu-buru menyimpulkan garis merah yang ditunjukan oleh alat. 
  • Tunggu sekitar 10 menit hingga warna garis benar-benar tidak berubah lagi. 
  • Jika muncul dua garis merah, memperlihatkan bahwa kamu hamil. Sementara bila hanya satu garis atau tidak sama sekali, memperlihatkan bahwa kamu tidak sedang hamil. 

2. Test Pack Digital

Alat ini mempunyai bentuk yang berupa stik dengan ujungnya yang bisa dipasang strip untuk menyerap urine. Kelebihannya, pemakaian test pack yang satu ini bisa berulang kali dengan cara mengganti strip di dalamnya. Cara pemakaian test pack digital ini sama seperti test pack digital. 

  • Siapkan wadah untuk menampung urine, namun bila kamu kesulitan menemukan wadah yang tepat, maka bisa dengan langsung mengguyur urine ke tespek. Tapi, harus berhati-hati agar tidak melebihi garis batas. 
  • Setelah urine ditampung, celupkan test pack ke wadah dengan bagian putihnya saja. 
  • Celupkan sampai berada di bawah garis batas MAX. 
  • Tunggu kurang lebih selama 5-10 detik, kemudian angkat test pack. Sebaiknya, jangan terlalu terburu-buru menyimpulkan garis merah yang ditunjukan oleh alat. 
  • Tunggu sekitar 10 menit hingga warna garis benar-benar tidak berubah lagi. 
  • Jika muncul dua garis merah, memperlihatkan bahwa kamu hamil. Sementara bila hanya satu garis atau tidak sama sekali, memperlihatkan bahwa kamu tidak sedang hamil. 

3. Pregnancy Cassette Test

Ini adalah sebuah alat tes kehamilan yang berbentuk stick yang dipakai dengan cara meneteskan urine pada alat tes tersebut. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

  • Buka kemasan produk tersebut, kemudian pegang ke arah kucuran urine ketika buang air kecil.
  • Pegang alat tersebut dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik sampai kondisi ujung resapan basah karena urine. 
  • Jangan sampai membasahi jendela atau tempat penunjuk hasil. 
  • Hasil biasanya akan keluar dalam waktu 3 menit. Bila dalam waktu tersebut belum muncul, tunggu 1 menit lagi. Hasil test pack akan keluar 1 menit lebih lama bergantung konsentrasi hormon hCG. 
  • Hasil tespek positif ditandai dengan munculnya garis merah pada jendela kontrol (berbentuk bulat) dan jendela hasil (berbentuk persegi).