Segudang Manfaat Minyak Kemiri, Minimalisir Sel Kanker pada Kulit

Minyak kemiri.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Siapa yang tak menyangka, jika dari bahan-bahan yang bisa kita temukan di dapur memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh kita. Sebut saja salah satunya adalah minyak kemiri yang berbahan dasar kemiri. 

Deretan Negara Arab Ini ternyata Tolak Embargo ke Israel, Kok Bisa?

Kemiri berbentuk seukuran kelereng yang memiliki kandungan cukup luar biasa untuk tubuh. Mulai dari mineral, vitamin seperti kalium, magnesium, kalsium, folat, seng, besi, riboflavin, dan masih banyak lainnya.

Kandungan di dalam kemiri, tidak dipungkiri memberikan manfaat besar untuk dijadikan sebuah olahan minyak. Seperti minyak kemiri salah satunya.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Minyak kemiri.

Photo :
  • U-Report

Minyak kemiri sendiri merupakan cairan yang diekstraksi dari kemiri dengan mesin yang disebutnya dengan mesin press. Manfaat minyak kemiri sangatlah beragam, seperti salah satunya yang paling mendasar itu digunakan sebagai bahan untuk memasak dan dijadikan saus salad.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Manfaat minyak kemiri lainnya ternyata juga kerap dijadikan kunci kecantikan para wanita. Banyak orang juga mempercayai manfaat minyak kemiri untuk perawatan rambut dan lainnya, seperti minyak arometerapi atau minyak pijat.

Apa itu Minyak Kemiri?

Ilustrasi minyak kemiri.

Photo :
  • U-Report

Minyak kemiri adalah cairan yang diekstraksi dari kemiri oleh mesin yang disebut pers. Ini biasanya digunakan untuk memasak dan dalam saus salad. Ini juga digunakan untuk perawatan rambut dan sebagai minyak pembawa untuk aromaterapi atau minyak pijat.

Namun minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai produk perawatan kulit. Ini sarat dengan vitamin yang menutrisi kulit dan asam lemak esensial yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan produksi kolagen, dan banyak lagi.

Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana hazelnut dapat bermanfaat bagi kulit Anda dan bagaimana menambahkannya ke rutinitas perawatan kulit Anda.

Komposisi dan Manfaat Nutrisi Minyak Kemiri

Minyak kemiri mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit, seperti asam lemak, vitamin, mineral, squalene, dan tokoferol.

  • Asam lemak berperan dalam menyeimbangkan penghalang pelindung kulit. Mereka juga mencegah hilangnya kelembaban dari permukaan kulit. Asam lemak ini mencegah zat berbahaya memasuki kulit.
  • Vitamin C (asam askorbat) mencegah dan memperbaiki penuaan dini. Ini memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan UV . Ini juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi hiperpigmentasi . Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea. Ini juga mempromosikan penyembuhan luka dan meningkatkan sintesis kolagen.
  • Vitamin E mengandung tokoferol dan tokotrienol. Ini memiliki sifat antioksidan tinggi yang mengurangi kerusakan radikal bebas akibat radiasi matahari . Ini melindungi kulit dari stres oksidatif.  Ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dari sengatan matahari. Ini memiliki efek terapeutik terhadap psoriasis, jerawat, skleroderma, dan dermatitis atopik. Hal ini juga dapat mempromosikan penyembuhan luka. Ini mungkin mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari, termasuk penebalan kulit, kerutan, dan eritema. Tokoferol juga memiliki sifat penyejuk kulit/
  • Asam folat meningkatkan kekencangan kulit yang mungkin memburuk karena penuaan. Suplementasi asam folat sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit inflamasi kronis.
  • Vitamin A (retinol) sering digunakan dalam pengobatan jerawat , psoriasis, dan kondisi kulit lainnya. Ini juga memperlambat proses penuaan. Ini melindungi fungsi penghalang kulit dan kolagen, dan mengurangi kehilangan air. Ini juga mencegah perubahan warna kulit. Ini mengurangi produksi sebum berlebih, meningkatkan elastisitas kulit , dan meningkatkan sintesis kolagen dan pembentukan keratin. Ini mengurangi tanda-tanda penuaan dan photoaging juga . Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan secara efektif.
  • Niasin meningkatkan fungsi penghalang kulit. Ini mencegah kehilangan air dan meningkatkan kadar air di kulit. Ini meningkatkan kualitas kulit dan mengurangi kerutan. Ini dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti jerawat dan rosacea, berkat sifat anti-inflamasinya. Ini mengurangi efek penuaan dan mungkin juga mengurangi perubahan warna kulit.
  • Mineral seperti seng dan tembaga menawarkan sifat fotoprotektif dan mencegah kerusakan akibat radiasi UV . Mineral ini mencegah radiasi menembus kulit. Mereka juga memiliki sifat antioksidan. Tembaga, selain itu, meningkatkan elastisitas dan ketebalan kulit.

Manfaat Minyak Kemiri

Langsung Langsing, sebuah liputan yang mengupas tentang berbagai cara yang dilakukan wanita untuk kembali ramping setelah melahirkan. Foto ilustrasi.

Photo :
  • U-Report

Minyak kemiri ternyata memiliki sarat dengan vitamin yang menutrisi kulit dan asam lemak esensial yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan produksi kolagen, dan banyak manfaat lainnya lagi. Lantas, apa saja manfaat minyak kemiri tersebut?

Membantu Memudarkan Bekas Luka

Menerapkan produk tinggi vitamin E ke kulit Anda, tentu dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka. Akan tetapi, penelitian masih belum dapat menyimpulkan dengan tepat.

Dalam Journal of Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery, anak-anak dengan bekas luka operasi yang mengoleskan vitamin E ke kulit mereka tiga kali sehari tidak mengembangkan keloid (jaringan parut ekstra) di atas luka mereka.

Namun, penelitian lain pada Dermatologic Surgery menemukan bahwa vitamin E tidak memberikan hasil yang lebih baik daripada salep berbasis minyak bumi. Sepertiga orang yang pernah menggunakan vitamin E juga mengalami ruam gatal yang disebut dermatitis kontak.

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sinar matahari menciptakan radikal bebas, yang merusak sel-sel kulit seseorang dan menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Oleh karena itu dengan menggunakan minyak kemiri tentu bisa membantu Anda.

Manfaat minyak kemiri dengan kandungan vitamin E membantu melindungi tubuh dengan menetralkan radikal bebas dan melindungi membran sel dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meminimalisir Perkembangan Sel Kanker Kulit

Manfaat minyak kemiri lainnya adalah mengandung antioksidan dan Beta-sitosterol yang menghentikan proses perkembangan sel kanker kulit. Minyak yang diekstrak dari kacang-kacangan meredakan dan menonaktifkan sel-sel ganas yang ada dalam sistem integumen, sehingga menggagalkan kemungkinan sel kanker menyebar ke seluruh tubuh.

Alfa-tokoferol, salah satu varian vitamin E, juga berperan dalam menggagalkan mekanisme karsinogenik yang mengarah pada perkembangbiakan sel kanker.

Membantu Memudarkan Bekas Luka

Menerapkan produk tinggi vitamin E ke kulit Moms dapat membantu mengurangi munculnya bekas luka. Akan tetapi, penelitian masih belum dapat menyimpulkan dengan tepat.

Dalam Journal of Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery, anak-anak dengan bekas luka operasi yang mengoleskan vitamin E ke kulit mereka tiga kali sehari tidak mengembangkan keloid (jaringan parut ekstra) di atas luka mereka.

Namun, penelitian lain pada Dermatologic Surgery menemukan bahwa vitamin E tidak memberikan hasil yang lebih baik daripada salep berbasis minyak bumi. Sepertiga orang yang pernah menggunakan vitamin E juga mengalami ruam gatal yang disebut dermatitis kontak.

Melembapkan

Asam lemak minyak kemiri dan vitamin E juga membuatnya menjadipelembab yang efektifSumber Tepercaya. Bahan-bahan ini membantu menciptakan penghalang minyak alami yang membantu kulit Anda menahan air dan menghindari kekeringan.

Sebagai Astringent

Minyak kemiri mengandung tanin , yang merupakan antioksidan kuat. Tanin dalam minyak kemirimenjadikannya zatSumber Tepercayayang dapat membantu mengeringkan kulit berminyak, membersihkan dan mengecilkan pori-pori, serta menghilangkan bakteri.

Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah protein penting yang menyatukan tulang, organ, dan tendon Anda. Ini memberikan struktur dan elastisitas kulit Anda. Kulit kita menghasilkan lebih sedikit kolagen seiring bertambahnya usia, tetapi vitamin E dapat membantu. Ini memungkinkan produksi kolagen denganmengurangi enzim yang menghancurkan kolagenSumber Tepercaya.

Dapat Mengurangi Munculnya Garis-garis Halus

Vitamin E dalam minyak kemiri juga dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus.
Vitamin E adalah antioksidan penting untuk perawatan kulit karena membantu menghaluskan kulit serta membantu lapisan luar kulit mempertahankan air dan kelembaban.

Namun,beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk yang menggabungkan vitamin E dan C lebih efektif melawan tanda-tanda penuaan daripada produk yang hanya mengandung vitamin E. Minyak kemiri tidak mengandung vitamin C.

Tapi minyak kemiri saja dapat membantu dengan photoaging: penelitianmenyarankanSumber Tepercayabahwa asam lemak, seperti yang ada dalam minyak kemiri, juga dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus atau kerutan akibat paparan sinar matahari.

Membantu Melindungi Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sinar matahari menciptakan radikal bebas, yang merusak sel-sel Anda dan menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit Anda. Vitamin E membantu melindungi tubuh Anda denganmenetralisir radikal bebasSumber Tepercayadanmelindungi membran selSumber Tepercayadari kerusakan akibat sinar matahari.

Membantu Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Ini dapat mempengaruhi area kecil atau besar pada kulit Anda. Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor , antara lain:

  • jerawat
  • kerusakan akibat sinar matahari
  • kehamilan
  • minum pil KB tertentu
  • luka pada kulit

Minyak kemiri kaya akan vitamin E, danbukti eksperimentalSumber Tepercayamenunjukkan bahwa vitamin E dapat mengurangi hiperpigmentasi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk benar-benar menentukan kemanjurannya.

Meringankan Mendengkur

Minyak kemiri dapat digunakan sebagai "pelumas pribadi," bagi mereka yang bertanya-tanya. Dengan menggunakan seteguk minyak kemiri sebelum tidur dapat membantu melumasi otot tenggorokan Anda, mengurangi dengkuran.

Yang lain telah mengamati bahwa menenggak satu sendok teh minyak kemiri dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal atau bahkan geli.

Menyembuhkan Sakit Telinga

Banyak orang merekomendasikan minyak kemiri sebagai alternatif minyak zaitun sebagai obat alami untuk sakit telinga. Salah satu rekomendasinya adalah “sangat hati-hati menggunakan kapas untuk menggunakan minyak kemiri ke rongga telinga luar untuk membantu mengatasi sakit telinga dan kotoran berlebih.” Yang lain menyarankan: hangatkan minyak kemiri dalam microwave selama 30 detik setelah itu taruh di telinga yang sakit untuk menghilangkannya.

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

Rambut berminyak.

Photo :
  • http://www.indotopinfo.com/tips-merawat-rambut-berminyak.htm

Anda dapat mengoleskan minyak kemiri ke kulit Anda sendiri atau menggabungkannya dengan minyak lain. Anda juga dapat menggunakannya sebagai alas jika Anda membuat lotion atau krim sendiri. Pastikan Anda melakukan skin patch test sebelum melakukan aplikasi penuh. Untuk melakukan ini:

  • Gosokkan minyak seukuran sepeser pun ke bagian dalam lengan bawah Anda.
  • Tutupi area tersebut dengan perban dan tunggu 24 jam.
  • Jika Anda mengalami iritasi, bilas lengan Anda secara menyeluruh dan jangan gunakan minyak lagi. Jika iritasi parah, hubungi dokter Anda.
  • Jika Anda tidak melihat adanya peradangan atau iritasi dalam waktu 24 jam, minyak kemiri seharusnya aman untuk Anda gunakan di tempat lain.

Setelah dioleskan, Anda dapat menerapkan beberapa hal seperti yang ada berikut ini:

  • Tutupi wajah Anda atau area kulit lainnya dengan waslap panas dan lembap selama sekitar 20 detik.
  • Lepaskan waslap dan pijat sekitar 1/2 sendok teh minyak kemiri ke kulit Anda. Anda dapat menggunakan lebih atau kurang jika diinginkan.
  • Biarkan minyak selama 30 detik.
  • Gunakan kain lap yang panas dan lembap untuk menyekanya dengan lembut.
  • Proses ini membersihkan wajah Anda dan juga menghilangkan sebagian besar jenis riasan. Anda dapat menggunakan minyak kemiri seperti yang Anda lakukan pada pembersih lainnya, baik di pagi hari atau di malam hari, atau keduanya. Jika menggunakan di malam hari, gunakan minyak sebelum memakai krim malam.

Sungguh luar biasa bukan manfaat minyak kemiri yang jarang diketahui publik? 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya