Mengejutkan, Ini 6 Manfaat Seks Buat Tubuh Selain Kenikmatan

Ilustrasi bercinta.
Ilustrasi bercinta.
Sumber :
  • Freepik/Racool_studio

VIVA Lifestyle – Seks tak sekadar memberi kenikmatan di atas ranjang bagi tiap pasangan yang menjalaninya atau ingin mendapatkan momongan. Lebih dari itu, seks dapat membantu kita hidup lebih lama dengan tubuh yang sehat. Bagaimana faktanya? 

Dikutip dari laman Daily Star, bercinta memberi banyak manfaat mulai dari hidup lebih sehat dengan meningkatkan kekebalan kita hingga menurunkan tekanan darah. Dokter kesehatan pria Dr Jeff Foster dan psikoterapis Lucy Beresford mengungkapkan berbagai alasan mengapa seks lebih dari sekadar sensasi perasaan senang dan sangat penting untuk kesejahteraan jangka panjang kita.

Ilustrasi bercinta/pasangan.

Ilustrasi bercinta/pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Berikut 6 manfaat seks bagi kesehatan yang mengejutkan

Imunitas

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akademik Psychological Reports menunjukkan bahwa orang yang berhubungan seks dua kali seminggu mengalami peningkatan 30 persen dalam antibodi yang disebut IgA. Ini membantu melawan infeksi dan lebih dari itu berarti tubuh Anda lebih baik dalam melawan infeksi.

Ilustrasi bercinta/seks.

Ilustrasi bercinta/seks.

Photo :
  • Freepik/ijab

"Seks meningkatkan tingkat antibodi, yang meningkatkan sistem kekebalan Anda dan dapat mengurangi keparahan virus," ungkapnya.

Libido

Ilustrasi bercinta

Ilustrasi bercinta

Photo :
  • Freepik/freepik

Pria yang berpantang selama tiga sampai empat minggu akan mengalami peningkatan libido. Tetapi teruskan hingga 12 minggu dan kadar testosteron mulai turun.

“Ini pasti kasus menggunakannya atau kehilangannya. Seks adalah kepuasan diri, meningkatkan hormon bahagia, meningkatkan aliran darah, kesejahteraan dan testosteron, dan karena itu, Anda ingin melakukan semuanya lagi," terangnya.

Kesehatan Mental

Ilustrasi wanita/bercinta.

Ilustrasi wanita/bercinta.

Photo :
  • Freepik/svetlanasokolova

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang aktif secara seksual memiliki lebih sedikit serangan depresi dan kecemasan dan mampu mengelola stres sehari-hari dengan lebih baik.

"Jadi, bahkan jika pekerjaan Anda sangat menegangkan atau kehidupan keluarga Anda membuat Anda stres, menjadi lebih aktif secara seksual dapat mengurangi aspek-aspek itu," imbuhnya.

Ilustrasi bercinta.

Ilustrasi bercinta.

Photo :
  • Pexels/Burst

Kanker Prostat

Manfaat seks tidak hilang seiring bertambahnya usia. Mereka bisa bertahan seumur hidup dan nyatanya setelah 40 seks memiliki manfaat yang lebih besar. Pria yang aktif secara seksual memiliki penurunan risiko kanker prostat.

"Sarannya adalah untuk ejakulasi sekitar tiga kali seminggu. Tapi tidak ada angka pasti, jadi semakin sering Anda berhubungan seks, semakin kecil risiko kanker prostat - lakukan saja sebanyak yang Anda bisa," paparnya.

Ilustrasi pria/laki-laki.

Ilustrasi pria/laki-laki.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Olahraga 'Mini'

Rata-rata pasangan di Inggris melakukan hubungan seks penetrasi antara tiga dan lima menit. Ini tidak cukup untuk dihitung sebagai latihan harian Anda tetapi memiliki manfaat.

Ilustrasi bercinta.

Ilustrasi bercinta.

Photo :
  • Pexels/Pixabay

“Ini baik untuk Anda seperti halnya yoga baik untuk Anda – dalam hal fleksibilitas, peregangan, dan pose menahan. Dan juga dalam cara seks memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan tubuh kita, untuk tetap selaras dengan apa yang diinginkan tubuh Anda dan apa yang dibutuhkan tubuh," jelasnya.

Tekanan Darah

Lonjakan produksi testosteron saat berhubungan seks dapat menurunkan tekanan darah, sementara hormon serotonin, endorfin, dan feniletilamin juga dilepaskan saat berhubungan seks, yang pada gilirannya dapat menurunkan tingkat stres.

Ilustrasi wanita/bercinta.

Ilustrasi wanita/bercinta.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

"Ini menguntungkan kami karena beberapa alasan yang melibatkan hormon dan aliran darah tetapi efek psikologisnya adalah jika Anda lebih relaks, Anda cenderung tidak terlalu stres, dan tekanan darah Anda turun," kata dia.