Minuman Emas, Turunkan Kolesterol dan Gula Darah Secara Signifikan

Ilustrasi teh chamomile
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA Lifestyle – Penyakit kronis mengintai di setiap sudut. Ancaman paling parah adalah penyakit jantung yang menjadi penyebab utama kematian secara global. Namun, Anda dapat meminimalisirnya dengan membuat keputusan diet yang tepat. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Sebuah tinjauan penelitian baru yang dilakukan Tea Advisory Panel (TAP) memberikan alasan kuat untuk minum teh chamomile Jerman. Chamomile Jerman (Matricaria recutita) adalah teh herbal populer yang terbuat dari bunga chamomile asli Eropa selatan dan timur. 

Tinjauan penelitian TAP baru menemukan, teh chamomile Jerman menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tinjauan itu menyimpulkan bahwa teh tersebut dapat secara signifikan mengurangi kolesterol dan membantu meningkatkan kadar glukosa, insulin dan lipid darah. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Hal ini penting karena kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi merupakan prekursor penyakit jantung. Temuan ini muncul dari ulasan yang berusaha mengevaluasi tiga teh herbal, chamomile Jerman, Rosehip dan spearmint, dan dampaknya terhadap masalah kesehatan yang penting bagi wanita. 

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Tinjauan tersebut mengidentifikasi uji coba terkontrol secara acak (RCT) dari database internasional yang besar dari makalah penelitian yang ditinjau oleh rekan sejawat. RCT secara acak menetapkan peserta ke dalam kelompok eksperimen atau kelompok kontrol untuk menguji kelompok tertentu, pengobatan atau intervensi lainnya. 

Percobaan diidentifikasi dengan menggunakan istilah pencarian khusus seperti 'teh atau infus chamomile'. 

"Karena kami ingin mengevaluasi mekanisme tindakan (yaitu bagaimana teh dapat bekerja dalam masalah kesehatan yang berbeda). Kami juga mengidentifikasi studi tentang teh dan ekstrak teh yang dilakukan di laboratorium, jelas Dokter Gill Jenkins, GP, rekan penulis studi dan penasihat tamu untuk TAP, dilansir Express, Selasa 9 Agustus 2022.

"Studi semacam itu benar-benar dapat menelusuri bagaimana teh dan bahan-bahannya dapat bertindak di bagian tubuh serta seluruh tubuh," tambahnya. 

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • Freepik/brgfx

Menurutnya, temuan keseluruhan dari tinjauan RCT juga menemukan chamomile dapat mengatasi kurang tidur dan kecemasan, yang keduanya berkontribusi terhadap penyakit jantung dan penurunan fungsi otak. 

"Peningkatan tidur dan kecemasan dapat meningkatkan fungsi otak (karena istirahat lebih baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa teh chamomile secara tidak langsung dapat meningkatkan fungsi otak, meskipun efek langsung dari chamomile adalah menenangkan tanpa efek pada memori secara langsung," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya