Yuk Cegah Diabetes, 5 Buah Ini Ampuh Pangkas Gula Darah

Buah apel.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Berbagai cara dilakukan agar kondisi gula darah bisa tetap stabil mengingat lonjakannya bisa memicu komplikasi berbahaya. Namun, salah satu hal yang sering diabaikan adalah mencoba menjaga pola makan melalui asupan nutrisi yang tepat dengan memilih buah yang rendah gula.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Diabetes adalah suatu kondisi yang ditandai dengan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Setelah didiagnosis, pola makan seharusnya menjadi lebih terjaga dan makanan apa pun, terutama yang manis, yang dapat meningkatkan kadar gula darah, dihindari. 

Apa yang menjadi tantangan bagi pasien ini adalah buah-buahan yang dapat mereka masukkan ke dalam pola makannya, untuk mengendalikan diabetes. Berikut beberapa buah paling terjangkau yang dapat Anda tambahkan dengan mudah ke dalam pola makan dan kelola kondisi diabetes, dikutip dari laman The Health Site.

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Jambu biji

buah jambu biji

Photo :
  • U-Report
Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Jambu biji sangat kaya serat makanan yang membantu dalam mengelola diabetes tipe-2. Selain itu, juga rendah kalori dan dapat dicerna dan diserap secara perlahan oleh sel.

Apel

Salah satu buah sepanjang musim - apel adalah buah yang bagus untuk semua orang yang menderita diabetes. Menurut para ahli, makan apel secara teratur dapat mengurangi resistensi insulin, yang membantu menurunkan kadar gula darah. Ini karena apel kaya akan polifenol (ditemukan di kulit apel). Polifenol merangsang pankreas untuk melepaskan insulin dan membantu sel mengambil gula

Pepaya

Pepaya mengandung flavonoid, antioksidan alami yang dapat membantu mengatur gula darah. Mengkonsumsi buah yang satu ini dapat membantu dalam menurunkan kadar gula darah secara efektif. Juga, antioksidan yang ada dalam pepaya dapat mencegah kerusakan sel dan mengatur berat badan yang sehat

Jamun atau plum hitam

Jamun, juga dikenal sebagai blackberry India adalah 'obat' yang terkenal untuk mengobati sensitivitas insulin dan membantu mengelola diabetes. Buah ini rendah gula dan asupan hariannya dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Juga, penting untuk dicatat bahwa senyawa dan antioksidan yang ada dalam buah hitam membantu mengubah pati menjadi energi dan menjaga kadar gula darah yang benar.

Diabetes

Photo :
  • Times of India

Persik

Buah lain yang bagus untuk penderita diabetes adalah buah persik. Juga dikenal sebagai buah batu, buah persik tinggi serat dan ramah diabetes. Senyawa bioaktif yang ada dalam buah persik dapat secara efektif membantu menurunkan kadar gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya