Catat, 7 Bentuk Payudara Ini Terkait Kesehatan Para Perempuan

Ilustrasi payudara
Ilustrasi payudara
Sumber :
  • Pixabay/ Foundry

VIVA Lifestyle – Payudara setiap orang berbeda, dan tidak apa-apa bagi mereka untuk memiliki bentuk dan ukuran yang unik. Namun, ada beberapa bentuk standar yang dapat membantu mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan tubuh setiap perempuan.

Seorang ahli sebelumnya mengungkapkan berbagai alasan mengapa payudara bisa kendor, seperti merokok dan postur tubuh yang buruk. Nah, untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bentuk payudara dan arti kesehatan tubuh, berikut ulasannya, dikutip dari laman The Sun.

Ilustrasi kanker payudara.

Ilustrasi kanker payudara.

Photo :
  • U-Report

Teardrop

Jika Anda memiliki payudara berbentuk teardrop maka kemungkinan besar akan berbentuk bulat, dengan bagian bawah sedikit lebih penuh daripada bagian atas. Ini adalah permintaan populer bagi wanita yang ingin menjalani operasi pembesaran payudara, karena dianggap sebagai 'tampilan alami'.

Bulat

Jika Anda memiliki payudara bulat maka mereka memiliki jumlah kepenuhan yang sama di bagian atas dan bawah. Orang dengan payudara bulat biasanya memiliki kelenjar susu yang lebih besar dan meskipun ini mungkin tampilan yang diinginkan, tapi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Sebuah studi sebelumnya, yang diterbitkan dalam Open Orthopaedics Journal menyatakan: "Nyeri bahu-leher yang berhubungan dengan payudara diduga sebagai akibat dari perubahan pusat gravitasi, dan payudara yang besar atau berat dapat menyebabkan ketegangan terus-menerus pada serat tengah dan bawah otot. otot trapezius dan pada kelompok otot yang terkait."

Wanita dengan payudara yang lebih besar juga mengalami masalah seperti sakit punggung dan leher karena beban ekstra yang mereka bawa. Selain itu - banyak wanita dengan payudara yang lebih besar berjuang untuk menemukan ukuran bra yang tepat untuk mereka.

Studi 2013 menyatakan: "Meningkatkan ukuran payudara dan bagaimana bra dipakai mungkin memiliki implikasi biomekanik untuk tulang belakang dada yang dimuat dan otot-otot di sekitarnya."

Bentuk lonceng

Jika Anda memiliki payudara berbentuk lonceng maka mereka akan lebih bulat di bagian bawah. Para ahli mengatakan bahwa ini bisa menyebabkan ruam.

"Payudara Anda akan bergesekan dengan kulit di perut Anda, menyebabkan gesekan, kelembapan, dan panas. Ruam keringat yang dikenal sebagai intertrigo, infeksi yang disebabkan oleh kondisi ragi, akan terbentuk. Ini akan muncul di lipatan kulit sebagai merah atau coklat kemerahan, mentah dan gatal, pecah-pecah, dan sakit," kata para ahli di BuglinoPlasticSurgery.

Atletik

Jika Anda memiliki lebih banyak bentuk atletik maka kemungkinan Anda akan memiliki payudara yang lebih kecil. Untuk kesehatan Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda berolahraga atau berlatih secara teratur yang memiliki manfaat seperti pemeliharaan berat badan dan kualitas tidur yang lebih baik.

Jika Anda memiliki payudara atletis maka kemungkinan payudara akan lebih lebar dengan lebih banyak otot dan lebih sedikit jaringan payudara.

Asimetris

Orang yang memiliki payudara asimetris biasanya memiliki satu lebih besar dari yang lain dan ini umum terjadi. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti trauma, pubertas dan perubahan hormonal.

Kehamilan adalah kondisi lain yang bisa membuat ukuran payudara Anda berubah. Kondisi medis lainnya termasuk hiperplasia duktus atipikal yang terjadi ketika saluran susu di payudara Anda mengalami pertumbuhan yang berlebihan. Kondisi ini bukan kanker, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit di masa mendatang.

Payudara berbentuk tabung

Jika Anda memiliki payudara berbentuk tabung maka biasanya bentuknya sama dari pangkal payudara hingga ujungnya. Meskipun hal ini biasanya merupakan hal yang perlu dikhawatirkan, dalam beberapa kasus hal ini dapat menyebabkan kecemasan atau stres yang parah.

Ramping

Payudara ramping biasanya sempit, dengan puting mengarah ke bawah. Kadang-kadang bentuk itu dapat dikaitkan dengan penuaan - yang wajar, seiring bertambahnya usia wanita, payudara mereka cenderung sedikit mengarah ke selatan. Penting bahwa seiring bertambahnya usia, Anda memantau payudara Anda untuk setiap perubahan. Sebagian besar kanker payudara ditemukan pada wanita berusia 50 tahun atau lebih. 

Jika Anda terus-menerus bungkuk, maka ini akan berdampak pada payudara Anda karena tarikan gravitasi akan mempercepat masalah payudara kendur. Dr Hakan Gundogan dari Clinic Center mengatakan bahwa Anda tidak dapat benar-benar merasakannya, tetapi tarikannya berdampak pada ligamen Cooper dan meregangkannya.

Dr Gundogan menambahkan bahwa Anda harus mencoba dan memperbaiki postur Anda dan jika Anda tidak memakai bra maka Anda mungkin juga mengalami kendur sebelumnya.

"Tentu saja, ini terjadi dalam jangka waktu tertentu," katanya.

Kenali tanda kanker payudara dari bentuknya

Menurut Breast Cancer Now, tanda-tanda kanker payudara meliputi:

- Benjolan atau pembengkakan di payudara, dada bagian atas atau ketiak 

- Perubahan pada kulit, seperti kerutan atau lesung pipi 

- Perubahan warna payudara – payudara mungkin terlihat merah atau meradang 

- Perubahan puting, misalnya tertarik ke dalam (terbalik) 

- Ruam atau pengerasan kulit di sekitar puting 

- Cairan yang tidak biasa (keluar) dari salah satu puting

- Perubahan ukuran atau bentuk payudara

- Nyeri di payudara atau ketiak - meskipun hal ini biasanya bukan merupakan tanda kanker payudara, waspadai nyeri terus-menerus yang selalu ada.