Ketahui Akar Penyebab Diabetes, Tak Dijaga Bisa Sebabkan Kematian

Cegah diabetes
Cegah diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Dari sekitar 26 juta orang Amerika yang memiliki penyakit berbahaya ini, banyak yang bahkan tidak mengetahuinya. Namun, penyakit ini merupakan penyebab utama penyakit jantung dan banyak komplikasi kesehatan lainnya. 

Dulu disebut 'diabetes onset dewasa', penyakit ini sekarang memengaruhi meningkatnya jumlah anak, merusak tidak hanya kualitas hidup tetapi kuantitas, karena diabetes memperpendek umur hingga 10 tahun." 

Berikut adalah penyebab utama diabetes tipe 2, menurut para ahli yang dikutip dari laman Eat This, Selasa 9 Agustus 2022.

Ilustrasi Diabetes

Ilustrasi Diabetes

Photo :
  • U-Report

Merokok

Orang yang merokok hingga 40% lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 daripada orang yang tidak, menurut CDC. "Merokok harus dianggap sebagai faktor risiko utama yang dapat dimodifikasi untuk diabetes," kata Frank B. Hu, MD, PhD, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan. 

Ia menambahkan, upaya kesehatan masyarakat untuk mengurangi merokok akan berdampak besar pada beban global diabetes tipe 2.

Makanan karbohidrat

karbohidrat

karbohidrat

Photo :
  • U-Report

Orang dengan diabetes tipe 2 perlu memperhatikan asupan karbohidrat mereka, kata para ahli. "Banyak orang tidak menganggap sayuran seperti ubi jalar, jagung, dan kacang polong sebagai sumber pati," kata Jenifer Bowman, RD, ahli diet di UCHealth di Fort Collins, Colorado. "Tetapi jika Anda mencoba mengatur gula darah Anda, Anda perlu menyadari kandungan karbohidrat secara keseluruhan."

Gaya hidup sedentary

Duduk sepanjang hari sangat terkait dengan diabetes tipe 2, kata dokter. "Saran bahwa bahkan orang-orang yang aktif secara fisik tetapi juga duduk dalam waktu lama memiliki peningkatan risiko diabetes tipe 2 menarik," kata Dr. Matthew Hobbs, kepala penelitian di Diabetes UK. 

“Namun, tidak semua studi dalam tinjauan ini melihat faktor ini, jadi buktinya tidak kuat dan tentu saja tidak boleh digunakan untuk mencegah orang melakukan latihan fisik. Yang jelas, siapa pun yang menghabiskan banyak waktu duduk atau berbaring akan mendapat manfaat dari mengganti sebagian waktu itu dengan berdiri atau berjalan." 

Selain efek langsung yang mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk duduk, melakukan lebih banyak aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga berat badan yang sehat, yang merupakan cara terbaik untuk meminimalkan risiko diabetes tipe 2."

Obesitas

BAHAYA OBESITAS

BAHAYA OBESITAS

Photo :
  • U-Report

Studi menunjukkan bahwa obesitas dan diabetes tipe 2 terkait erat. "Kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke," kata American Diabetes Association. 

“Ini juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tidak sehat, dan glukosa (gula) darah tinggi. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu Anda mencegah dan mengelola kondisi ini. Dan Anda tidak perlu kehilangan banyak untuk meningkatkan kesehatan Anda—bahkan kehilangan 10–15 pon dapat membuat perbedaan besar."

Resistensi insulin

Akar penyebab diabetes tipe 2 adalah resistensi insulin, yang menyebabkan gula darah tinggi.

"Pada penderita diabetes, sel-sel mereka menjadi sangat resisten terhadap insulin sehingga insulin tidak dapat lagi menjaga kadar gula darah mereka dalam kisaran yang sehat," kata Thomas Rutledge, PhD. 

Akibatnya, kadar gula darah menjadi tinggi, dengan konsekuensi bencana jika dibiarkan. Sayangnya, bahkan ketika seseorang dengan diabetes menerima pengobatan, pengobatan ini tidak serta merta meningkatkan resistensi insulin yang mendasarinya; seseorang dapat menurunkan kadar gula darah sambil tetap bertahan. resisten insulin, memberi mereka rasa aman palsu tentang kesehatan mereka."