11 Efek Samping Menakjubkan Makan Pisang Setiap Hari

Pisang
Pisang
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Nanas telah dikenal sebagai pilihan makanan ringan yang sangat sehat yang dikemas dengan banyak vitamin dan nutrisi. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada tubuh Anda jika Anda makan pisang setiap hari?

Berdasarkan penelitian, kebiasaan ini mungkin memberikan beberapa manfaat yang mengejutkan—mulai dari memperbaiki kulit hingga membantu Anda menurunkan berat badan. Yang mengatakan, penting untuk diingat untuk tidak berlebihan: Secara keseluruhan, Anda hanya boleh makan 1 hingga 3 pisang per hari, menurut para ahli.

Jika Anda seorang pecinta pisang, Anda akan senang menemukan efek samping yang menakjubkan dari makan pisang dalam jumlah yang sehat setiap hari, demikian dikutip dari laman Eat This.

1. Menurunkan berat badan

Salah satu efek makan pisang secara teratur adalah angka timbangan Anda mulai turun. Ini karena sifat pisang yang kaya protein dan serat, yang dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan membuat Anda cenderung tidak ingin ngemil.

2. Tidur lebih cepat

ilustrasi tidur nyenyak.

ilustrasi tidur nyenyak.

Photo :
  • U-Report

Triptofan, asam amino yang dapat membuat Anda merasa mengantuk, dapat ditemukan di pisang, itulah sebabnya makan pisang di penghujung hari dapat membuat Anda merasa siap untuk tidur.

Selain triptofan, pisang juga mengandung magnesium dan potasium, yang keduanya diketahui bertindak sebagai pelemas otot, dan pada gilirannya, dapat membantu memudahkan Anda tidur.

3. Menyehatkan usus

Usus yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di seluruh tubuh Anda, jadi menyeimbangkan mikrobioma Anda harus menjadi prioritas utama. Mengkonsumsi pisang bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan usus Anda.

Sebuah tinjauan studi tahun 2017 di Nutrition Bulletin mengungkapkan bahwa pisang mengandung pati resisten, yang dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek, esensial AKA untuk kesehatan usus yang lebih baik.

4. Risiko lebih rendah terkena kanker ginjal

Ilustrasi ginjal

Ilustrasi ginjal

Photo :
  • times of india

Karena tingginya tingkat senyawa fenolik antioksidan yang ditemukan dalam pisang, buah kuning yang populer mungkin dapat membantu Anda menurunkan risiko hanya dengan memakannya. Menurut sebuah penelitian di Swedia, wanita yang makan empat hingga enam pisang seminggu mampu mengurangi risiko terkena kanker ginjal hingga setengahnya. Itu jelas merupakan alasan bagus untuk menambahkan pisang ke daftar belanjaan Anda!

5. Memiliki lebih banyak energi

Makan pisang setiap hari tidak hanya akan membuat Anda tidak merasa lelah, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja atletik Anda. Sebuah studi PLOS One 2012 menemukan korelasi langsung antara makan pisang dan peningkatan tingkat energi pada atlet pria yang berkompetisi dalam lomba bersepeda jarak jauh.

6. Memori meningkat

Pasti Anda tidak pernah menyadari bahwa makan pisang dapat meningkatkan daya ingat Anda. Menurut BCC, vitamin B memberi pisang kekuatan untuk mendukung fungsi memori dengan lebih baik, serta membantu melindungi aspek lain dari otak.

Studi juga menemukan bahwa siswa yang makan pisang sering tampil lebih baik dalam ujian, dan beberapa bahkan belajar lebih efisien.

7. Kulit mengalami perbaikan

Mengatasi Kulit Kering (Ilustrasi)

Mengatasi Kulit Kering (Ilustrasi)

Photo :
  • U-Report

Kami terus mencari cara baru untuk meningkatkan kesehatan kulit kami, dan tampaknya, makan lebih banyak pisang bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai. Ada banyak vitamin dan mineral dalam pisang, tetapi mangan, khususnya, cenderung bekerja untuk meningkatkan kadar kolagen tubuh.

Menurut Harvard Health, memiliki kadar kolagen yang lebih baik dapat menyebabkan kulit lebih diperbaiki, jadi segala sesuatu mulai dari jerawat hingga kerutan hingga kulit kering mungkin mulai hilang setelah memasukkan lebih banyak pisang ke dalam makanan Anda.

8. Menurunkan risiko anemia

Menurut Klinik Cleveland, anemia mempengaruhi sekitar 30% dari populasi, atau 2 miliar orang secara global. Gejalanya dapat berkisar dari pusing, sakit kepala, dan detak jantung yang cepat, di antara banyak lainnya.

Kandungan zat besi dalam pisang sangat tinggi dan telah terbukti meningkatkan kadar keseluruhan tubuh. Dengan demikian, pisang dapat membantu melawan kemungkinan efek anemia. (Beberapa makanan kaya zat besi lainnya yang bekerja untuk melawan kekurangan zat besi termasuk kacang hitam dan salmon.)

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Fungsi utama kalium dalam tubuh adalah mengatur gerakan otot, dan otot terpenting di seluruh tubuh Anda adalah jantung Anda. Mengingat kebanyakan orang tidak mengkonsumsi cukup kalium dalam makanan sehari-hari mereka, makan pisang sehari bisa menjadi penting untuk mengatur tekanan darah dan aspek kesehatan jantung lainnya.

Faktanya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa diet kaya kalium—terutama yang melibatkan banyak pisang—dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Risiko penyakit jantung sebesar 27%. Jika Anda belum memasukkan pisang ke dalam diet Anda, ini mungkin pertanda bagi Anda untuk memulai!

10. Meningkatkan mood

Pernahkah Anda berpikir bahwa pisang pagi Anda bisa menjadi alasan untuk suasana hati Anda yang bahagia? Nah, ternyata itu mungkin memainkan peran penting dalam masalah ini. Setelah dicerna, triptofan (asam amino yang terkait dengan kantuk) dalam pisang juga dapat diubah langsung menjadi serotonin di dalam tubuh.

Serotonin tambahan dari pisang bisa membuat Anda merasa kurang tertekan, dan dengan demikian, meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia. 

11. Penglihatan membaik

Ilustrasi kacamata.

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

National Institute of Health menyoroti tiga hal yang mungkin berasal dari mengonsumsi makanan yang penuh vitamin A: melindungi mata Anda, mempertahankan penglihatan normal, dan bahkan meningkatkan penglihatan di malam hari. Tidak hanya memiliki pisang untuk camilan sangat mudah, tetapi juga manfaat kesehatannya, seperti yang satu ini, sangat besar.