Kondisi Kesehatan Pasien Suspek Cacar Monyet Di Kota Cilegon

Monkeypox atau cacar monyet
Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • crosstimbersgazette

VIVA Lifestyle – Lansia berinisial ‘Y’ (60 tahun) yang diduga kuat atau suspek cacat monyet kondisi kesehatannya stabil, kini warga Kota Cilegon, Banten, itu masih menjalani isolasi mandiri dirumahnya.

Kondisi kesehatannya terus dipantau oleh tenaga medis dari Puskesmas Pulomerak.

"Pasien saat ini masi menjalani isoman dalam keadaan umum yang baik berdasarkan laporan pemantauan puskesmas setempat," kata Kepala Dinkes Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, dikantornya, Kamis 11 Agustus 2022.

Cacar monyet

Cacar monyet

Photo :
  • times of india

Pasien Y yang berjenis kelamin perempuan itu diminta terus menjalani isolasi mandiri hingga keluar hasil laboratorium di Kemenkes. Namun Ratih belum bisa memastikan kapan hasilnya itu bisa di dapat.

Lantaran baru hari ini, Kamis, 11 Agustus 2022, sampel yang telah diambil dari pasien Y dibawa ke laboratorium Kemenkes di Jakarta. Ratih memastikan hingga saat ini, belum ditemukan kasus positif cacat monyet atau mongkeypox.

"Kita belum tahu, karena belum pernah ada. Jadi belum tahu riwayat hasilnya keluar kapan. Karena di Banten belum ada," terangnya.

Monkeypox atau cacar monyet

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • times of india

Kadinkes menghimbau masyarakat Kota Cilegon untuk tidak resah dengan dugaan satu warga yang suspek cacar monyet. Pola hidup bersih dan sehat harus terus dilakukan untuk mencegah penularan berbagai macam penyakit.

Ratih juga menyarankan agar masyarakat terus memakai masker, kemudian memasak daging hingga benar-benar matang.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu resah, tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir, memakai masker, menjaga jarak. Kemudian ketika kita makan daging yang sudah dimasak sampai matang," jelasnya.