Sampel Lansia Diduga Cacar Monyet Dikirim ke Litbangkes Kemenkes

Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • crosstimbersgazette

VIVA Lifestyle – Labkesda Kota Cilegon telah mengirimkan sampel lansia berinisial Y (60) yang diduga terpapar cacar monyet atau monkeypox ke Litbangkes Kemenkes Jakarta, untuk dilakukan pemeriksaan mendalam.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Sampel yang telah diambil oleh tim medis dari Kota Cilegon yakni, swab orofaring, swab krustalesi dan serum darah. Sampel pasien Y (60) yang diduga terpapar monkeypox itu dikirim pada Kamis, 11 Agustus 2022 ke Jakarta.

"Analisis labaoratorium puskesmas melakukan pengambilan sampel swab orofaring, swab krustalesi dan serum darah dan dikirim ke Labkesda Kota Cilegon untuk dikirimkan ke Litbangkes Jakarta, untuk mengetahui diagnosa," kata Kadinkes Kota Cilegon, Ratih Purnamasari, di kantornya, Kamis 11 Agustus 2022. 

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Ratih belum mengetahui kapan hasil pemeriksaan Litbangkes Kemenkes bisa diketahui hasilnya. Mereka hanya bisa menunggu hasil diagnosa terhadap sampel yang dilakukan oleh Kemenkes.

Ilustrasi Cacar Monyet

Photo :
  • VIVA/ Erick Christ Wibowo
Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

"Ya belum (ada hasilnya), (sampel) baru dikirim, hari ini oleh labkesda. Kita belum tahu kapan hasilnya keluar," terangnya.

Ratu kembali bercerita bagaimana awal mula munculnya dugaan lansia Y (60) terpapar monkeypox, saat dia mendatangi Puskesmas Pulomerak pada Senin, 8 Agustus 2022, sekitar pukul 09.30 WIB dengan berbagai keluhan yang diderita, seperti munculnya bintil di ketiak hingga demam.

Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, tim medis puskesmas kemudian mengambil sampel yang dibutuhkan untuk mendiagnosa kesehatan lansia Y tersebut. Kemudian, melakukan tracking ke keluarga yang tinggal bersamanya di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Gambar virus cacar monyet lewat miskroskop

Photo :
  • Cynthia S. Goldsmith, Russell Regner/CDC via AP

Selanjutnya, puskesmas meminta lansia Y dan keluarganya untuk melakukan isolasi mandiri dengan pantauan khusus dari tim kesehatan.

"Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit monkeypox dan memastikan upaya penemuan kasus dan respons yang sesuai kriteria kasus pada pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit monkeypox yang telah diterbitkan oleh Kemenkes per tanggal 30 Mei 2022. Sehingga kami tetap melakukan pemeriksaan penunjang laboratorium," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya