Simak Penyebab dan Cara Mengatasi Ketiak Gatal dengan Mudah

Ilustrasi ketiak gatal.
Ilustrasi ketiak gatal.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Gatal di ketiak bisa terjadi karena berbagai alasan mulai dari gaya hidup sehari-hari hingga kondisi medis tertentu. Ketiak gatal disertai dengan kemerahan, iritasi dan sensasi terbakar. Kondisi kulit ini dikenal sebagai pruritus. Temukan cara mengatasi ketiak gatal yang mengganggu kenyamanan.

Kamu juga mungkin mengalami peradangan kulit, nyeri dan kulit terkelupas di ketiak. Meskipun kamu mungkin merasa ingin menggaruk kulit untuk meredakannya, ini hanya akan memperburuk situasi. Memahami penyebab gatal ketiak akan membantu mengetahui cara mencegahnya. Sebelum mengetahui cara mengatasi ketiak gatal, cari tahu lebih dahulu penyebab ketiak gatal.

Penyebab Ketiak Gatal

Ada berbagai macam penyebab timbulnya rasa gatal pada ketiak. Hal itu pastinya berkaitan dengan gaya hidup sehari-hari. Berikut ini penyebab ketiak gatal yang dilansir dari Skin Kraft.

1. Deodoran

deodorant

deodorant

Photo :
  • U-Report

Menggunakan deodoran di bagian ketiak setelah mandi menyegarkan atau sebelum pergi keluar. Ternyata rutinitas kebersihan dasar, deodoran dapat menyebabkan ruam ketiak. Jika kamu merasa iritasi, kemerahan, dan gatal setelah menggunakan deodoran, Kamu mungkin alergi terhadap produk tersebut.

Menurut FDA (Food & Drug Administration), empat bahan dalam deodoran yang dapat memicu alergi antara lain aluminium, wewangian, pengawet dan pewarna.

2. Mencukur

ilustrasi mencukur bulu ketiak

ilustrasi mencukur bulu ketiak

Photo :
  • U-Report

Penyebab ketiak gatal yang kedua adalah mencukur ketiak. Banyak yang merasa nyaman menggunakan pisau cukur untuk menghilangkan bulu ketiak, pisau cukur dapat menyebabkan ruam dan gatal. Menggunakan silet tua, mencukur dalam keadaan kering, dan tidak menggunakan pelembab setelah bercukur dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan ruam ketiak.

3. Infeksi Jamur

Jika kamu memiliki kecenderungan untuk tidak mengeringkan ketiak setelah mandi atau jika kamu banyak berkeringat, ada kemungkinan infeksi bakteri. Infeksi jamur adalah salah satu contoh infeksi jamur. Pertumbuhan jamur atau bakteri terjadi pada bagian tubuh tempat lipatan kulit termasuk area seperti ketiak, selangkangan dll.

4. Cuaca

Ilustrasi cuaca panas.

Ilustrasi cuaca panas.

Photo :
  • U-Report

Kondisi cuaca ekstrim dapat menyebabkan ruam ketiak. Di musim panas, panas membuat kamu berkeringat. Keringat ini bercampur dengan kotoran yang menumpuk di ketiak sepanjang hari. Hal ini akan menyebabkan ketiak mulai merasa gatal. Demikian pula, dingin yang ekstrem dapat membuat ketiak kering dan gatal.

5. Alergi

Sama seperti deodoran, ada hal lain yang bisa memicu reaksi alergi di ketiak. Bubuk deterjen cucian, jenis kain tertentu, menggunakan produk yang memiliki bahan yang membuat kamu alergi, menyebabkan ruam ketiak.

6. Kebersihan yang Buruk

Salah satu alasan terbesar di balik ruam kulit adalah kebersihan yang buruk. Tidak mandi secara teratur, memakai pakaian kotor, dan tidak menjaga kebersihan ketiak bisa memicu ruam ketiak.

7. Parasit

Kutu busuk

Kutu busuk

Photo :

Parasit adalah organisme kecil yang memakan tubuh dan menyebabkan beberapa masalah. Kutu adalah salah satu contohnya dan dapat menyebabkan ketiak kamu gatal.

8. Sabun

sabun

sabun

Photo :
  • U-Report

Sabun yang dijual bebas memiliki bahan kimia yang kuat dan bersifat keras. Mereka membuat ketiak kering dan bersisik. Karena daerah ketiak sangat sensitif pada umumnya, sabun berbahan kimia yang keras dapat menyebabkan ruam di sana.

9. Stres

Stres

Stres

Photo :
  • Times of India

Ketika kamu mengalami kecemasan, tingkat stres kamu meningkat. Hal ini mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan beberapa reaksi fisik seperti gatal-gatal pada kulit. Itu bisa terjadi di mana saja di tubuh kamu, terutama di area sensitif seperti ketiak, selangkangan, dll.

Cara Mengatasi Ketiak Gatal 

Setelah mengetahui penyebab-penyebab gatal pada ketiak, gunakan cara mengatasi ketiak gatal di bawah ini yang dilansir dari Skin Kraft.

1. Kompres hangat

Ilustrasi kompres

Ilustrasi kompres

Photo :
  • pixabay

Jika ketiak kamu terus-menerus gatal dan muncul bisul, kamu bisa mencoba kompres air hangat akan membantu. Ini akan mempercepat proses pemulihan.

2. Pelembab

Pelembab wajah

Pelembab wajah

Photo :

Gunakan pelembab ketiak kamu berulang kali jika mengering. Gunakan pelembab yang bebas pewangi untuk menghindari reaksi alergi pada ketiak.

3. Es Batu 

es batu

es batu

Photo :
  • vstory

Es batu adalah pilihan bagus lainnya sebagai cara mengatasi ketiak gatal. Ini akan menenangkan kulit ketiak yang gatal dan juga meredakan rasa gatal yang terus-menerus.

4. Vitamin C 

Vitamin C

Vitamin C

Photo :
  • Times of India

Konsumsi vitamin C dapat menjadi cara mengatasi ketiak gatal. Tambahkan buah dan sayuran yang diperkaya vitamin C dalam makanan sehari-hari kamu. Komsumsi buah dan sayur, seperti jeruk, tomat, lemon dan brokoli yang akan melawan infeksi yang menyebabkan ketiak gatal. 

5. Minyak Atsiri

Minyak kelapa.

Minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Minyak atsiri seperti minyak kelapa, minyak pohon teh dan minyak lavender berguna untuk mengobati ketiak yang gatal. Minyak esensial akan mengurangi iritasi dan peradangan pada ketiak. Kamu bisa langsung mengoleskan minyak tersebut pada kulit saat terasa gatal.