Nafsu Wanita Meningkat Jelang Menstruasi? Ini Penjelasannya

Libido meningkat saat masa subur
Sumber :
  • pexels

VIVA Lifestyle – Semua orang baik memiliki nafsu birahi. Kendati begitu, baik pria maupun wanita mempunya fase terbaik dalam melakukan aktivitas seksual pada waktu tertentu. Tingkat nafsu seksual setiap individu berbeda. Tinggi rendahnya hasrat seksual dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi kesehatan, faktor pengobatan, kualitas hubungan dengan pasangan, hingga pengalaman seksual seseorang.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Bagi wanita, beberapa mungkin menyadari libidonya bisa meningkat lebih daripada biasanya menjelang menstruasi. Libido sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan dorongan atau hasrat seksual seseorang. 

Ilustrasi gairah seksual/bercinta.

Photo :
  • Stocksnap
Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Pernyataan bahwa libido wanita meningkat saat mendekati hari menstruasi adalah benar. Hal tersebut dijelaskan oleh seksolog dr. Haekal Anshari, M.Biomed dalam video di kanal YouTube VDVC health. 

Penyebab wanita lebih terangsang jelang menstruasi

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.

Photo :
  • Freepik

Berdasarkan penuturan dr. Haekal Anshari, ada sejumlah hormon yang meningkat saat menjelang menstruasi yaitu estrogen dan testosteron. Hormon testosteron tidak hanya dimiliki oleh pria, tapi juga diproduksi oleh tubuh wanita.

Menjelang menstruasi, hormon estrogen dan testosteron akan meningkat untuk mempersiapkan ovulasi atau pelepasan sel telur dari indung telur. Masa tersebut dinamakan sebagai masa subur wanita. Maka dari itu, masa subur memengaruhi kebutuhan biologis untuk bereproduksi.

Perubahan fisik dan psikis saat masa subur 

Ilustrasi wanita/bercinta.

Photo :
  • Freepik/cookie_studio

Ketika masa subur, terjadi perubahan fisik dan psikis pada wanita. Perubahan fisiknya yaitu suhu basal atau saat wanita bangun tidur menjadi lebih hangat, kulit menjadi lebih lembut dan bersih, serta lendir vagina menjadi lebih kental dan banyak (warnanya keputihan seperti putih telur).

Secara psikis, pada masa subur wanita ingin lebih dimanja, ingin lebih diperhatikan, dan libido seksualnya meningkat. Jika wanita ingin merencanakan kehamilan, di masa subur inilah saat yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Karena dalam kondisi tersebut, libido wanita sedang meningkat dan ada di masa subur.

Masa subur seorang wanita hitungannya adalah hari ke-12 sampai ke-14 sejak hari pertama menstruasi terakhir. Namun yang paling mudah, amati perubahan fisik dan psikis wanita pada masa suburnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya