Penyakit Mental: Mari Kenali Penyebab, Gejala Hingga Mencegahnya

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA Lifestyle – Penyakit mental (kadang-kadang juga disebut sebagai gangguan mental atau masalah kesehatan mental) dapat didefinisikan juga sebagai pola mental atau perilaku yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pribadi yang signifikan.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Penyakit mental dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang parah,  bahkan dapat menyebabkan kematian dalam kasus terburuk. Adanya gangguan semacam ini rupanya sangat memengaruhi suasana hati, pemikiran, dan perilaku seseorang. 

Ilustrasi depresi.

Photo :
  • dw
Ramalan Zodiak Sabtu 20 April 2024, Sagitarius: Hati-hati dengan Teman Dekat

Sebut saja contohnya, penyakit mental termasuk depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan dan perilaku adiktif. Banyak orang memiliki masalah kesehatan mental dari waktu ke waktu. Tetapi masalah kesehatan mental menjadi penyakit mental ketika tanda dan gejala yang berkelanjutan sering menyebabkan stres dan memengaruhi kemampuan Anda untuk berfungsi.

Penyakit mental dapat membuat Anda sengsara dan dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari Anda, seperti di sekolah atau di tempat kerja atau dalam hubungan. Dalam kebanyakan kasus, gejala dapat dikelola dengan kombinasi obat-obatan dan terapi bicara (psikoterapi).

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Lantas, apa saja yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit mental atau gangguan kejiwaan ini? Nah jangan terlewat, berikut ini akan kami bagikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Penyebab Penyakit Mental

ilustrasi depresi

Photo :
  • U-Report

Untuk penyebab dari penyakit gangguan mental sendiri sangatlah beragam, yang paling terlihat yaitu adanya rasa trauma dalam diri yang sulit untuk dilupakan begitu saja.

Jika secara umum, penyakit mental seperti ini disebabkan karena beberapa hal, yakni faktor genetik dan lingkungan, melansir dari laman website www.mayoclinic.org:

Sifat-sifat yang diwariskan

Penyakit mental lebih sering terjadi pada orang yang kerabat darahnya juga memiliki penyakit mental. Gen tertentu dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit mental, dan situasi hidup Anda dapat memicunya.

Paparan lingkungan sebelum lahir

Paparan stresor lingkungan, kondisi peradangan, racun, alkohol atau obat-obatan saat dalam kandungan terkadang dapat dikaitkan dengan penyakit mental.

Kimia otak

Neurotransmitter adalah bahan kimia otak yang terjadi secara alami yang membawa sinyal ke bagian lain dari otak dan tubuh Anda. Ketika jaringan saraf yang melibatkan bahan kimia ini terganggu, fungsi reseptor saraf dan sistem saraf berubah, menyebabkan depresi dan gangguan emosional lainnya.

Tapi selain beberapa hal di atas, ada pula penyebab lain yang bisa membuat seseorang mengalami penyakit gangguan mental, beberapa di antaranya sebagai berikut:

Ilustrasi pelecehan seksual.

Photo :
  • Unsplash

1. Orang yang Pernah Dilecehkan

Orang-orang yang telah dilecehkan sebagai seorang anak atau juga selama masa dewasa mereka mungkin menderita penyakit mental yang parah.
Orang-orang ini sering mencoba untuk menekan peristiwa mengerikan yang terjadi pada mereka. Namun, perasaan tertekan ini dapat berubah menjadi gangguan mental dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan semua jenis masalah kesehatan mental.

2. Ditelantarkan

Tingkat pengabaian yang tinggi di masa kanak-kanak juga dapat berkontribusi pada masalah mental. Anak-anak yang diabaikan di masa kanak-kanak mereka cenderung mengembangkan kecemasan dan masalah kesehatan mental lainnya begitu mereka tumbuh dewasa.

3. Masalah Pengasuhan

Karena orang tua kita memiliki dampak besar pada perkembangan kita, masalah pengasuhan juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan mental yang parah bagi anak-anak yang terkena dampak.

Misalnya, jika orang tua Anda memperlakukan Anda dengan sangat buruk di masa kecil Anda, kemungkinan besar Anda tidak akan pernah bisa mengembangkan tingkat harga diri yang sehat karena Anda tidak pernah merasa berharga.

Selain itu, jika orang tua Anda menderita kecanduan narkoba, kemungkinan besar Anda juga akan kecanduan karena anak-anak sering mengadopsi perilaku orang tua mereka.

4.Persitiwa Hidup

Beberapa peristiwa dalam hidup kita benar-benar dapat menghantam kita dengan cara yang tidak dapat kita proses dan terima sejak awal.

Namun, beberapa orang lebih sensitif daripada yang lain dalam hal pukulan takdir.

Oleh karena itu, orang yang cukup sensitif mungkin tidak dapat menghadapi kejadian buruk yang serius dalam hidup mereka dengan kekuatan yang diperlukan dan mungkin menderita gangguan kesehatan mental yang parah karena pukulan takdir tersebut.

5.Pengalaman Masa Kecil Terburuk

Masa kanak-kanak kita secara signifikan menentukan bagaimana kehidupan kita akan berubah setelah kita menjadi dewasa. Jadi, jika Anda memiliki masa kanak-kanak yang buruk dengan banyak masalah, kemungkinan besar Anda akan menderita penyakit mental yang parah setelah Anda dewasa karena perspektif Anda tentang hidup mungkin sangat negatif, yang dapat mengakibatkan lingkaran setan negatif, kurangnya motivasi dan depresi.

6.Pernah Ditindas/Dibully

Bullying juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental bagi masing-masing korban. Apalagi di masa kanak-kanak ketika karakter orang masih cukup rapuh, bullying dapat menyebabkan kerusakan yang cukup banyak.

Orang yang menderita intimidasi di masa kecil mereka mungkin mengalami masalah mental yang signifikan di masa dewasa mereka dan mungkin juga menderita tingkat harga diri yang rendah.

Itulah beberapa poin yang bisa juga menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit mental healthy atau penykit gangguan mental. Setelah kita mengetahui penyebabnya, ada pun gejala yang jangan sampai Anda lewatkan begitu saja.

Gejala serta Tanda-tandanya

Tanda dan gejala penyakit mental dapat bervariasi, tergantung pada gangguan, keadaan dan faktor lainnya. Gejala penyakit mental dapat mempengaruhi emosi, pikiran dan perilaku. Contoh tanda dan gejalanya antara lain:

  • Merasa sedih atau sedih

  • Pikiran bingung atau kemampuan berkonsentrasi berkurang
  • Ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan, atau perasaan bersalah yang ekstrem
  • Perubahan suasana hati yang ekstrem dari pasang surut
  • Penarikan dari teman dan aktivitas
  • Kelelahan yang signifikan, energi rendah atau masalah tidur
  • Detasemen dari kenyataan (delusi), paranoia atau halusinasi
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah atau stres sehari-hari
  • Kesulitan memahami dan berhubungan dengan situasi dan orang
  • Masalah dengan alkohol atau penggunaan narkoba
  • Perubahan besar dalam kebiasaan makan
  • Perubahan gairah seks
  • Kemarahan, permusuhan, atau kekerasan yang berlebihan
  • Pikiran bunuh diri

Terkadang gejala gangguan kesehatan mental muncul sebagai masalah fisik, seperti sakit perut, sakit punggung, sakit kepala, atau sakit dan nyeri lain yang tidak dapat dijelaskan.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala penyakit mental, temui penyedia perawatan primer atau profesional kesehatan mental Anda. Sebagian besar penyakit mental tidak membaik dengan sendirinya, dan jika tidak diobati, penyakit mental dapat memburuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan masalah serius.

Jenis-jenis Penyakit Mental

Isolasi sosial

Masalah kesehatan mental dapat menyebabkan isolasi sosial. Orang yang menderita penyakit mental mungkin tidak lagi memiliki motivasi untuk meninggalkan rumah dan menonton TV atau bermain video game sepanjang hari.

Namun, ini dapat menyebabkan titik di mana mereka kehilangan semua koneksi sosial mereka, termasuk anggota keluarga dan teman dekat. Ini lebih lanjut dapat memperburuk situasi mental mereka, yang dapat mengakibatkan lingkaran setan kesepian dan masalah mental.

Masalah kesehatan fisik

Masalah mental juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik. Misalnya, jika otak Anda tidak lagi bekerja dengan baik, Anda mungkin lupa untuk melakukan tugas-tugas kehidupan sehari-hari Anda.

Ini mungkin termasuk menjawab surat Anda dari otoritas resmi mengenai jaminan sosial dan asuransi kesehatan. Dengan demikian, jika terjadi cedera, Anda mungkin tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan karena Anda melewatkan komunikasi dengan perusahaan asuransi kesehatan.

Kecelakaan

Masalah kesehatan mental juga dapat menyebabkan berbagai macam kecelakaan. Misalnya, jika Anda menderita masalah mental dan tidak dapat memperhatikan lalu lintas, kemungkinan Anda terlibat dan terluka dalam kecelakaan lalu lintas meningkat secara signifikan.

Depresi

Orang yang menderita kondisi kesehatan mental mungkin sering merasa tidak berharga dan tidak merasa sebagai bagian fungsional dari masyarakat.

Kesepian emosional semacam ini dapat menyebabkan tingkat depresi yang serius. Selain itu, orang dengan masalah kesehatan mental juga sering menjadi terisolasi secara sosial, yang dapat meningkatkan kemungkinan depresi lebih banyak lagi.

Gangguan kepribadian

Masalah kesehatan mental juga dapat mencakup gangguan kepribadian.
Orang yang menderita gangguan kepribadian biasanya menampilkan pola maladaptif yang menyimpang dari norma yang diterima dari suatu budaya.

Namun, tidak semua orang yang menyimpang dari norma sosial bisa dikatakan menderita gangguan kepribadian, sehingga diagnosis gangguan kepribadian bisa jadi cukup rumit dan bahkan bisa jadi seringkali salah.

Psikosis

Psikosis dapat disebabkan oleh masalah kesehatan mental atau juga penyalahgunaan obat yang disebabkan oleh masalah kesehatan mental. Orang yang menderita psikosis biasanya mengalami kesulitan untuk mengenali apa yang nyata dan apa yang tidak nyata.

Dengan demikian, mereka mungkin juga berada dalam bahaya kecelakaan fisik jika mereka tidak lagi dapat membedakan antara mimpi dan terjaga.

Gangguan obsesif atau kompulsif

Orang yang menderita gangguan obsesif atau kompulsif merasa perlu melakukan rutinitas tertentu berulang kali. Orang-orang ini seringkali hanya memiliki kendali yang tidak memadai atas pikiran dan rutinitas mereka, yang dapat membuat mereka berbahaya bagi masyarakat jika mereka mengembangkan pikiran-pikiran kekerasan.

Gangguan melukai diri sendiri

Beberapa orang dengan masalah kesehatan mental juga menderita gangguan menyakiti diri sendiri.Untuk mengalihkan diri dari rasa sakit mental mereka, mereka menerima untuk menyakiti diri sendiri secara fisik karena masalah mental mereka sering menyebabkan lebih banyak rasa sakit daripada bahaya fisik mereka.

Skizofrenia

Orang yang menderita skizofrenia sering mendengar suara-suara yang sebenarnya hanya ada di kepala mereka dan juga sering menderita berbagai jenis psikosis.

Ini pada gilirannya membuat mereka tidak cocok untuk interaksi sosial, karena mereka dapat membahayakan diri mereka sendiri dan juga orang lain. Hal ini dapat menyebabkan isolasi sosial, yang dapat memperburuk masalah.

Serangan panik

Serangan panik biasanya ditandai dengan episode ketakutan yang tiba-tiba dan tidak terkendali, tanpa benar-benar menjadi alasan untuk itu dari sudut pandang objektif.

Dengan demikian, orang yang menderita serangan panik sering kehilangan kendali atas hal-hal yang agak sepele karena masalah kesehatan mental mereka.

Gangguan bipolar

BPD ditandai dengan suasana hati yang meningkat secara tidak normal. Orang yang menderita BPD sering mengalami kesulitan untuk mempertahankan hubungan sosial, karena mereka sering cukup kompulsif dan menyakiti perasaan orang lain.

Kecenderungan bunuh diri

Beberapa jenis masalah kesehatan mental juga dapat menyebabkan kecenderungan bunuh diri bagi banyak orang.Masalah mental seperti depresi sering menyebabkan keadaan di mana orang kehilangan keinginan untuk hidup.

Orang-orang ini mungkin melihat kematian sebagai bentuk kelegaan dan karena itu mungkin melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendeteksi dan mengobati masalah mental secara medis dengan tepat untuk menghindari bunuh diri orang.

Faktor Risiko Penyakit Mental

Faktor-faktor tertentu dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit mental, termasuk:

  • Riwayat penyakit mental pada kerabat darah, seperti orang tua atau saudara kandung
  • Situasi kehidupan yang penuh tekanan, seperti masalah keuangan, kematian orang yang dicintai atau perceraian
  • Kondisi medis (kronis) yang sedang berlangsung, seperti diabetes
  • Kerusakan otak akibat cedera serius (cedera otak traumatis), seperti pukulan keras di kepala
  • Pengalaman traumatis, seperti pertempuran atau penyerangan militer
  • Penggunaan alkohol atau obat-obatan rekreasi
  • Riwayat pelecehan atau penelantaran masa kecil
  • Sedikit teman atau sedikit hubungan yang sehat
  • Penyakit mental sebelumnya
  • Penyakit mental adalah hal biasa.

Sekitar 1 dari 5 orang dewasa memiliki penyakit mental pada tahun tertentu. Penyakit mental dapat dimulai pada usia berapa pun, dari masa kanak-kanak hingga tahun-tahun dewasa berikutnya, tetapi kebanyakan kasus dimulai lebih awal dalam kehidupan.
Efek dari penyakit mental bisa bersifat sementara atau tahan lama. Anda juga dapat memiliki lebih dari satu gangguan kesehatan mental pada saat yang bersamaan. Misalnya, Anda mungkin mengalami depresi dan gangguan penggunaan zat.

Pencegahan

Tidak ada cara pasti untuk mencegah penyakit mental. Namun, jika Anda memiliki penyakit mental, mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan stres, untuk meningkatkan ketahanan Anda dan untuk meningkatkan harga diri yang rendah dapat membantu mengendalikan gejala Anda. Ikuti langkah ini:

Perhatikan tanda-tanda peringatan. Bekerja dengan dokter atau terapis Anda untuk mempelajari apa yang mungkin memicu gejala Anda. Buatlah rencana sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan jika gejala kembali. Hubungi dokter atau terapis Anda jika Anda melihat adanya perubahan gejala atau apa yang Anda rasakan. Pertimbangkan untuk melibatkan anggota keluarga atau teman untuk melihat tanda-tanda peringatan.

Dapatkan perawatan medis rutin. Jangan mengabaikan pemeriksaan atau melewatkan kunjungan ke penyedia perawatan primer Anda, terutama jika Anda merasa tidak enak badan. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan baru yang perlu diobati, atau Anda mungkin mengalami efek samping obat.
Dapatkan bantuan saat Anda membutuhkannya. Kondisi kesehatan mental bisa lebih sulit diobati jika Anda menunggu sampai gejalanya memburuk. Perawatan pemeliharaan jangka panjang juga dapat membantu mencegah kekambuhan gejala.

Jaga dirimu baik-baik. Tidur yang cukup, makan sehat dan aktivitas fisik yang teratur adalah penting. Cobalah untuk mempertahankan jadwal yang teratur. Bicaralah dengan penyedia perawatan primer Anda jika Anda mengalami kesulitan tidur atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang diet dan aktivitas fisik.

    Halaman Selanjutnya
    Halaman Selanjutnya