10 Masalah Kesehatan yang Terlihat Seperti Depresi Padahal Tidak

sakit kepala, pusing, depresi, cemas, darah rendah
Sumber :
  • Pixabay/ Engin_Akyurt

VIVA Lifestyle –   Setiap orang yang hidup di dunia ini, pasti pernah mengalami gangguan depresi, meskipun bagi mereka yang belum pasti ada masanya mereka mengalami depresi dalam hidupnya. Depresi adalah gangguan mood umum yang mempengaruhi sekitar 280 juta orang di seluruh dunia. 

Pemuda di Karawang Alami Gangguan Jiwa Diduga Usai Belajar Ilmu Tasawuf

Pernahkah Anda merasa sedih, putus asa, atau berenergi rendah? Apakah Anda mengalami kesulitan tidur atau berkonsentrasi? Meskipun ini adalah gejala umum depresi, itu bisa menjadi tanda dari sesuatu yang lain. 

Ilustrasi anemia

Photo :
  • Freepik/katemangostar
Bisa Sebabkan Depresi, Inilah Mengapa Pasien TBC Butuh Pendampingan Psikologis

Masalah kesehatan seperti kekurangan vitamin D, anemia, atau kondisi yang tidak terdiagnosis seperti autisme bisa sangat mirip dengan depresi. Pelajari cara untuk lebih memahami gejala Anda.

Oleh karena itu, mari kita simak berbagai masalah kesehatan yang terlihat seperti depresi padahal tidak. Namun memiliki tanda yang mirip dengan depresi. Kira-kira, apa saja?

Pria di Palembang Tewas Gantung Diri, Ada Surat Wasiat Isinya Begini

Sindrom Kelelahan Kronis (ME/CFS)

Myalgic encephalomyelitis/chronic fatigue syndrome ffc(ME/CFS) dan depresi dapat membuat Anda kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. Gejala umum ME/CFS lainnya termasuk pusing, nyeri otot dan sendi, dan sakit kepala. 

ME / CFS biasanya mempengaruhi orang dewasa muda dan setengah baya, dengan wanita didiagnosis lebih sering daripada pria.

Fibromyalgia

Sulit Tidur

Photo :
  • U-Report

Fibromyalgia sering salah didiagnosis sebagai depresi karena depresi bisa menjadi gejala fibromyalgia. Gangguan muskuloskeletal ini menyebabkan otak dan sumsum tulang belakang Anda memproses sinyal rasa sakit dengan intensitas lebih. Wanita memiliki risiko lebih tinggi daripada pria.

Gejala lain dari fibromyalgia dan depresi meliputi: 

  • Masalah tidur
  • Masalah dengan memori dan konsentrasi
  • Kelelahan
  • Sulit tidur 

Penyakit Lyme

Penyakit Lyme .

Photo :
  • U-Report

Penyakit Lyme disebut "peniru hebat" karena gejalanya sama dengan banyak kondisi lain. Penyakit Lyme dapat menyebabkan kelelahan yang luar biasa dan gejala kognitif yang terlihat seperti depresi. Gejala lain termasuk sakit kepala, demam, dan ruam kulit yang disebut eritema migrans. Ruam ini muncul sebagai bentuk bullseye yang khas.

Jika Anda baru saja digigit kutu – atau di daerah dengan populasi kutu yang banyak, termasuk negara bagian seperti Minnesota dan Maryland – Anda mungkin ingin memeriksakan diri ke dokter tentang pengujian penyakit Lyme.

Hipotiroidisme

Seperti depresi, hipotiroidisme - suatu kondisi di mana tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon - dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan, dan masalah memori. Depresi itu sendiri bisa menjadi gejala hipotiroidisme.

Hipotiroidisme dapat didiagnosis dengan tes darah dan diobati dengan hormon tiroid sintetis. Risiko Anda meningkat jika Anda memiliki riwayat keluarga hipotiroidisme, berusia di atas 60 tahun, atau memiliki penyakit autoimun.

ADHD

ADHD adalah gangguan perkembangan saraf yang sering dikaitkan dengan tingkat energi yang tinggi. Namun, banyak orang dengan ADHD tipe lalai mengalami kelelahan karena mencoba untuk fokus. Gejala ADHD yang dapat disalahartikan sebagai depresi meliputi:

  • Kurangnya konsentrasi
  • Kesulitan di tempat kerja atau sekolah
  • Perubahan suasana hati
  • Toleransi stres rendah

Sindrom Ehlers-Danlos (EDS)

Sindrom Ehlers-Danlos adalah penyakit jaringan ikat genetik langka yang dapat menyebabkan kelelahan, kabut otak, dan gangguan tidur. 

Jika Anda memiliki kulit yang melar atau rapuh, sendi hiper-mobil, atau mudah memar, Anda mungkin ingin bertanya kepada dokter Anda tentang Sindrom Ehlers-Danlos. 

Autisme

Autisme adalah cacat perkembangan yang dapat salah didiagnosis sebagai depresi. Gejala umum meliputi: 

  • Gugup tentang interaksi sosial
  • Kesulitan mencari teman
  • Isolasi sosial
  • Menghindari kontak mata
  • Misdiagnosis tersebar luas pada wanita, yang cenderung menyembunyikan ciri-ciri autis.


Defisiensi Vitamin D

Banyak orang dewasa yang kekurangan vitamin D, yang dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan dan perubahan suasana hati yang mungkin terlihat sangat mirip dengan depresi.

Kekurangan vitamin D dapat didiagnosis dengan tes darah. Jika Anda mengalami obesitas, memiliki warna kulit lebih gelap, atau berusia di atas 65 tahun, Anda mungkin berisiko lebih tinggi untuk kekurangan vitamin D.

Anemia

Anemia saat menstruasi.

Photo :
  • U-Report

Jika Anda menderita anemia, itu berarti Anda tidak memiliki cukup sel darah sehat untuk memasok tubuh Anda dengan oksigen yang cukup. Ini dapat menyebabkan kelelahan ekstrem, kabut otak, dan perubahan suasana hati — semua gejala yang terkadang disalahartikan sebagai depresi. 

Anemia dapat didiagnosis dengan tes darah. Perawatan tergantung pada penyebab yang mendasarinya tetapi bisa sesederhana suplemen zat besi atau perubahan pola makan. Orang yang sedang menstruasi, sedang hamil, memiliki kondisi kesehatan kronis, atau berusia di atas 65 tahun berisiko lebih tinggi terkena anemia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya