Kabar Baik, Vaksin Moderna Kini Efektif Lawan COVID-19 Omicron

COVID-19 varian Omicron.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – COVID-19 saat ini masih menyebar di banyak negara di dunia, dengan varian Omicron yang mendominasi. Terlebih, kasus harian COVID-19 di Indonesia pun melonjak tajam sejak munculnya varian-varian baru dari Omicron sehingga dunia membutuhkan penanganan secepatnya untuk meredam angka penularan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Di beberapa negara, kasus infeksi juga datang dalam jumlah besar. Oleh karena itu, kampanye vaksinasi juga sedang dijalankan untuk melindungi masyarakat dari virus corona. 

Berdasarkan fakta tersebut, regulator obat di Inggris telah menyetujui versi terbaru dari Vaksin Moderna. Para ahli mengatakan bahwa vaksin Moderna yang baru diperbarui ini juga efektif pada varian Omicron. Vaksin terbaru itu juga dinilai efektif pada bentuk lama dari coronavirus.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ilustrasi Omicron

Photo :
  • Dokumentasi VIVA

Tak heran, manfaat vaksin ini semakin meningkatkan efektivitasnya. MHRA, juga dikenal sebagai Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan di Inggris, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa uji Moderna terhadap vaksin mutakhir ini memenuhi kriteria untuk keamanan, kualitas dan efektivitas. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Vaksin ini memenuhi semua standar, dan vaksin baru dari Moderna ini diberikan sebagai dosis penguat untuk remaja berusia 18 tahun ke atas," ujar MHRA, dikutip dari laman The Health Site.

Vaksin yang diperbarui efektif pada 2 strain lain

Vaksin buatan Moderna sejauh ini, yang disebut SpikeVax, hanya efektif pada varian asli virus corona dan varian Omicron (BA.1). Pada saat yang sama, MHRA mengatakan bahwa efek dari versi vaksin baru Moderna ini juga telah terlihat pada varian BA.4 dan BA.5 Omicron. Ini karena strain BA.4 dan BA.5 dari varian Omicron dari coronavirus mendatangkan malapetaka di AS dan Eropa.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat

Memakai masker

Photo :
  • Times of India

Ini adalah vaksin pertama yang disetujui di Inggris untuk melawan virus corona dan varian Omicron-nya. Kepala Eksekutif MHRA Jun Ren mengatakan bahwa dalam uji klinis versi terbaru dari vaksin Moderna ini, dipastikan bahwa vaksin itu mengembangkan sistem kekebalan yang kuat terhadap varian Omicron dan bentuk asli dari virus corona. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya