Darurat, Klinik Seksual di Inggris Kehabisan Stok Vaksin Cacar Monyet

Monkeypox atau cacar monyet
Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Sejumlah klinik kesehatan seksual di Inggris mengklaim kehabisan stok vaksin cacar monyet, yang memicu penghentian besar-besaran program vaksinasi. Kondisi ini terjadi ketika kasus infeksi terus meningkat di Inggris dari minggu ke minggu.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan hari ini bahwa mereka telah mengirimkan 50.000 dosis ke klinik dan rumah sakit yang menawarkan suntikan.

"Ini adalah jumlah maksimum yang tersedia saat ini," kata regulator tersebut dikutip dari laman The Sun.

Klinik mengatakan mereka tidak mengharapkan  untuk menerima vaksinasi lagi sampai September. Ini berarti klinik dan rumah sakit yang menawarkan suntikan harus menolak siapa pun yang mencoba memesan vaksin selama beberapa minggu ke depan.

Namun, banyak yang masih akan memberikan vaksin kepada mereka yang memiliki janji temu yang dipesan selama beberapa minggu ke depan. UKHSA mengatakan masalah global dengan pasokan karena ketersediaan vaksin dan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak, berarti batch 100.000 dosis berikutnya tidak akan tersedia hingga akhir September.

Sisa 5.000 dosis terakhir akan didistribusikan oleh NHS kepada mereka yang diidentifikasi berisiko tinggi, pada akhir Agustus.

"UKHSA bekerja dengan produsen untuk mempercepat pengiriman sedini mungkin," ujar juru bicara.

Pada 8 Agustus lalu, ada 2.914 kasus yang dikonfirmasi dan 103 kasus cacar monyet yang sangat mungkin terjadi di Inggris Raya - total 3.017. Dari jumlah tersebut, 2.883 berada di Inggris, naik dari 2.730 pada 4 Agustus.

Richard Angell, direktur kampanye di Terrence Higgins Trust, mengatakan bahwa kurangnya vaksinasi sangat memprihatinkan. Beberapa orang yang seharusnya sudah diprioritaskan untuk divaksin terpaksa harus menunggu.

Monkeypox atau cacar monyet

Monkeypox atau cacar monyet

Photo :
  • crosstimbersgazette

“Kurangnya kepemimpinan yang tegas yang ditunjukkan untuk menghentikan wabah itu memberi tahu. Penanggulangan wabah cacar monyet akhirnya harus diprioritaskan – kita membutuhkan rencana dan Tsar sekarang”, tambahnya.

Dr Claire Dewsnap, presiden Asosiasi Inggris untuk Kesehatan Seksual dan HIV, menambahkan bahwa kondisi ini sangat miris. Terlebih, ribuan vaksin sudah diberikan namun stok justru sudah habis tak bersisa.

 "Luar biasa bahwa ribuan vaksin telah dikirimkan. Kami telah diberitahu bahwa pengiriman vaksin yang saat ini direncanakan berikutnya tidak akan tersedia sampai akhir September. BASHH prihatin dengan waktu yang diperlukan untuk menerima lebih banyak vaksin dan akan terus bekerja keras dengan lembaga-lembaga nasional untuk memastikan putaran pengiriman berikutnya semulus mungkin," jelasnya.

UKHSA menyarankan agar siapa pun yang menunggu vaksin cacar monyet, atau mereka yang sudah mendapat satu dosis, untuk tetap waspada terhadap gejala virus. Gejala bisa memakan waktu hingga tiga minggu untuk berkembang, jadi terus periksa diri Anda setelah kontak intim dengan orang lain.

"Jika Anda adalah kontak dekat dari suatu kasus - apakah Anda telah diberitahu oleh tim perlindungan kesehatan atau langsung oleh pasangan sebelumnya - harap istirahat dari hubungan seks dan kontak intim," kata UKHSA.

Demam

Demam

Photo :
  • vstory

Tanda dan gejala umum termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam baru. Ruam dapat muncul sebagai lepuh tunggal seperti bintik (atau sejumlah kecil) pada alat kelamin, anus dan daerah sekitarnya, lesi di mulut dan gejala proktitis (nyeri dubur atau dubur atau perdarahan).