Anjing Terinfeksi Cacar Monyet, Awas Bahaya Penularan Manusia-Hewan

Monkeypox atau cacar monyet
Monkeypox atau cacar monyet
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestylie – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa penderita cacar monyet harus menghindari kontak dengan hewan, termasuk hewan peliharaan, hewan peliharaan, dan satwa liar. Hal ini lantaran kasus baru dengan temuan seekor anjing terinfeksi cacar monyet yang diduga ditularkan manusia yang memeliharanya.

Dikutip dari laman People, seekor anjing telah dites positif terinfeksi cacar monyet dalam kasus pertama yang dikonfirmasi dari infeksi manusia ke hewan peliharaan, menurut laporan baru. Fakta baru tersebut terungkap dalam sebuah jurnal yang mana pemelihara anjing tersebut sebelumnya mengidap cacar monyet.

The Lancet Medical Journal merinci kasus yang melibatkan pasangan pria, berusia 44 dan 27 tahun, yang tinggal di tempat tinggal yang sama dan tertular virus setelah melakukan kontak seksual dengan orang lain. Pada 10 Juni, pasanga asal Prancis itu melaporkan gejala termasuk lesi, demam, dan sakit kepala.

Dua belas hari kemudian, anjing greyhound Italia peliharaan mereka, yang berusia 4 tahun mengalami lesi serupa dan kemudian dinyatakan positif cacar monyet. Pasien tersebut mengaku tidur bersama anjing di rumah mereka, yang menurut para peneliti mengakibatkan penularan. Pasangan pria itu juga mengklaim sudah berhati-hati untuk mencegah anjing mereka dari kontak dengan hewan peliharaan atau manusia lain.

"Temuan kami harus memicu perdebatan tentang perlunya mengisolasi hewan peliharaan dari individu yang positif virus monkeypox," kata laporan itu.

Ilustrasi manusia terinfeksi Cacar Monyet.

Ilustrasi manusia terinfeksi Cacar Monyet.

Photo :
  • Dok CDC Public Health

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa penderita cacar monyet harus menghindari kontak dengan hewan, termasuk hewan peliharaan, hewan peliharaan, dan satwa liar untuk mencegah penyebaran virus. Monkeypox menyebar terutama melalui kontak kulit-ke-kulit, kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi, dan juga dapat ditularkan melalui tetesan pernapasan.

Jika seseorang telah dites positif terkena cacar monyet dan belum pernah melakukan kontak dekat dengan hewan peliharaan mereka, pemilik didesak untuk menempatkan hewan peliharaan tersebut dalam perawatan teman atau keluarga sampai mereka benar-benar pulih.

Hewan peliharaan yang memiliki kontak dekat dengan orang yang bergejala cacar monyet harus disimpan di rumah dan jauh dari hewan dan manusia lain selama 21 hari setelah kontak terakhir. Orang yang terinfeksi tidak boleh merawat hewan peliharaan yang terpapar.

Bulan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Pada hari Jumat, ada 31.799 kasus yang dikonfirmasi di 89 negara.