Hati-Hati, Ini 4 Tanda Metabolisme Tubuh Melambat

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja
Sumber :
  • Pixabay/ Concord90

VIVA Lifestyle – Salah satu yang membuat tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik adalah metabolisme. Melansir dari Mayo Clinic, metabolisme adalah proses di mana tubuh membakar energi untuk fungsi dasar tubuh, seperti detak jantung, fungsi otak, dan pernapasan. Metabolisme adalah cara tubuh mengolah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi. Tak ayal, metabolisme menjadi rahasia untuk memiliki tubuh yang sehat. 

Ahli Beberkan Waktu Makan yang Bisa Kecilkan Lemak Perut Membandel, Pukul Berapa?

Karena metabolisme membakar makanan sebagai "bahan bakar" tubuh, mereka yang memiliki metabolisme cepat dapat makan apa pun yang mereka inginkan, tanpa perlu khawatir berat badan akan naik. 

Sementara mereka yang memiliki metabolisme lamban harus bekerja lebih keras untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan mereka.

Benarkah Minum Air Dingin Setiap Hari Bisa Berdampak Buruk? Begini Penjelasannya

Nah, ada tanda tanda yang bisa terlihat jika metabolisme tubuh melambat. Berikut 4 tanda metabolisme melambat

Sering Merasa Lelah

Makanan Pedas Ternyata Memiliki Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Ilustrasi wanita kelelahan.

Photo :
  • U-Report

Tentu, banyak hal yang dapat membuat kita merasa lelah, termasuk faktor-faktor yang jelas seperti tidak cukup tidur, aktivitas terlalu padat atau berolahraga terlalu keras.

Namun, menurut Lisa Moskovitz, RD dan CEO dari NY Nutrition Group, ternyata jika terlalu sering merasa lelah, maka bisa jadi itu tanda metabolisme tubuh melambat "Tetapi jika kamu sering merasa lelah, itu bisa menjadi tanda bahwa metabolisme tubuh telah sedikit lebih lambat, karena tubuhmu tidak berjalan dengan semestinya dalam mengubah asupan makanan menjadi energi," jelasnya. 

Sering "Ngidam" Makanan Manis atau Bertepung

Ilustrasi makanan mengandung gula.

Photo :
  • U-Report

Menginginkan suatu makanan, sering kali merupakan cara tubuh untuk meminta penjemputan energi. Jika kamu makan dengan baik dan tidur cukup, tetapi masih memiliki hasrat yang sangat kuat, bisa jadi metabolisme tubuh tidak secara efektif mengubah makanan yang sudah kita makan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

Sering Merasa Kedinginan

Kedinginan

Photo :
  • The Sun

Metabolisme tubuh juga membantu menghasilkan panas, dan jika lambat, maka tubuh akan sering merasa kedinginan. 

Namun, bisa jadi merasa dingin sepanjang waktu adalah gejala hipotiroidisme, yang juga memperlambat metabolisme. Jika sering merasa kedinginan sepanjang waktu, kemungkinan besar tiroid tidak seaktif yang seharusnya, begitu juga metabolisme. Akibatnya, tubuh akan lebih sering berbaring dan berselimut lebih tebal dari biasanya. 

Kulit dan Rambut Kering dan Kusam

Ilustrasi rambut rontok

Photo :
  • Pixabay/ slavoljubovski

Tanda metabolisme lambat yang keempat yakni kulit dan rambut kering dan kusam. Ketika metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, tubuh tidak akan memperbaiki sel secepat yang seharusnya untuk menjaga kulit dan rambut, kata Keatley. Ketika memiliki metabolisme yang lambat, sel-sel tidak seaktif yang seharusnya, yang berarti mereka tidak mendapatkan suplai darah yang tepat.

Juga, saat tubuh mencoba untuk menghemat panas, maka tubuh tidak banyak berkeringat. Ini dapat berdampak pada kulit, yang membuatnya terasa kering dan pecah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya