7 Manfaat Kunyit untuk Wajah, Sudah Dipercaya Ribuan Tahun!

Ilustrasi jahe dan kunyit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Manfaat kunyit untuk wajah tentu sudah tidak diragukan lagi. Selain baik untuk penyedap rasa makanan, rempah-rempah satu ini memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Kunyit atau curcuma longa sendiri merupakan salah satu rempah-rempah yang umum digunakan di seluruh dunia. Kunyit telah sejak lama dipercaya digunakan sebagai pengobatan tradisional India dan China untuk tujuan yang sangat beragam.

Berdasarkan penelitian Oregon State University, komponen aktif kunyit, yakni kurkumin memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antikanker sehingga sangat baik bagi kesehatan serta kecantikan tubuh. 

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

Gambar Kunyit

Photo :
  • U-Report

Selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kecantikan wanita. Kunyit mendapatkan manfaat kesehatannya terutama karena kurkumin, komponen bioaktif. Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Bahan ayurveda kuning ini memiliki tempat terhormat di lingkaran kesehatan dan perawatan kulit. Ini adalah ramuan anti-inflamasi kuat yang terbuat dari akar Curcuma zedoaria (sepupu jahe) yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit dan berasal dari Asia Tenggara. 

Secara tradisional (dan dalam iterasi modern juga), kunyit telah digunakan sebagai bahan dalam makanan (seperti pewarna pada bubuk kari), sebagai tonik atau suplemen penyembuhan, dan bahkan diformulasikan menjadi ramuan kulit kuno untuk mempercantik ritual.

Masker kunyit

Photo :
  • U-Report

"Di India kunyit banyak digunakan dalam masakan, kecantikan, dan pengobatan herbal karena dianggap sebagai akar yang sangat bermanfaat. Dua manfaat yang paling saya dengar adalah mencerahkan dan mengurangi peradangan," kata pakar kecantikan ayurveda Michelle Ranavat, pendiri Ranavat Botanics .

Setelah mengetahui manfaat kunyit secara umum, berikut ini akan kami beritahu lainnya. Nah berikut ini terdapat beberapa manfaat kunyit untuk wajah yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Apa saja kira-kira?

Manfaat Kunyit untuk Wajah

Perawatan wajah dengan kunyit

Photo :
  • http://beritatrendz.blogspot.com

Kunyit adalah rempah-rempah yang secara ilmiah dikenal sebagai Curcuma longa. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba dan antioksidan yang membantu mengelola beberapa masalah kulit seperti tanda-tanda penuaan , pigmentasi, jerawat, dan masih banyak lainnya.

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin yang membuatnya anti-inflamasi. Manfaat kesehatan utama kunyit berasal dari kurkumin ini. Kunyit mudah tersedia di setiap rumah tangga. Oleh karena itu, ini adalah perawatan kulit yang sering dilakukan oleh banyak dari kita. 

Orang Barat juga sudah mulai menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kulit yang penting. Beberapa produk perawatan kulit yang tersedia secara internasional seringkali mengandung kunyit sebagai bahan utamanya.

Dan berikut beberapa manfaat kunyit untuk wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Menambahkan Cahaya Alami Pada Kulit Wajah

Kunyit dianggap sebagai bahan ampuh untuk mencerahkan kulit dan mengungkapkan cahaya. Ini adalah bahan antioksidan kuat yang dapat mengurangi bintik hitam, noda dan hiperpigmentasi . Anda mungkin telah memerhatikan di sebagian besar pernikahan India, kunyit atau haldi digunakan dalam ritual. Hal ini dilakukan untuk menambahkan beberapa cahaya alami pada kulit di hari besar Anda. Antioksidan dan sifat anti-inflamasi dalam kunyit memberi kilau pada kulit Anda, menghidupkannya kembali dengan mengeluarkan cahaya alami.

2. Mengobati Jerawat Berjerawat

Bakteri Cutibacterium acnes dapat menyebabkan jerawat jenis lesi pada kulit Anda. Kunyit bisa sangat bagus untuk mengobati jenis jerawat ini. Sebuah studi di PharmaTutor menunjukkan bahwa komponen aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat melawan jerawat vulgaris. Sifat anti-inflamasi kunyit mengurangi peradangan kulit dan akhirnya menyembuhkan kulit.

Kunyit.

Photo :
  • U-Report

3. Membantu Dengan Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik adalah salah satu jenis eksim. Menurut The American Academy of Dermatology, banyak orang dewasa sering mengalami dermatitis atopik, terutama di sekitar mata mereka. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa kombinasi kunyit, pegagan India, dan kenari efektif melawan eksim. Meskipun tidak banyak penelitian atau studi ilmiah yang tersedia untuk membuktikan kemanjuran kunyit untuk eksim, ada bukti anekdotal yang menjamin keefektifan kunyit.

4. Memperlambat Penuaan Kulit

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kulit Anda sering terkena sinar UV dan polusi lingkungan. Ini mengganggu keseimbangan minyak alami kulit dan kulit Anda mulai kehilangan elastisitas yang muncul sebagai tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan , bintik-bintik penuaan dll. Demikian pula, radikal bebas merusak sel-sel kulit Anda dan mempercepat proses penuaan. Biasanya, tanda-tanda penuaan pertama kali muncul di sekitar mata, dahi, dan leher Anda. Curcumin menjadi senyawa antioksidan tinggi meningkatkan produksi kolagen Anda dan memperkuat elastisitas kulit Anda.

5. Membantu Dengan Psoriasis

Psoriasis juga bisa terjadi pada wajah Anda. Ini adalah kondisi kulit yang membuat kulit Anda tebal dan sangat kering. Ini mengobarkan kulit wajah Anda dan menyebabkan iritasi parah. Orang yang memiliki psoriasis wajah juga dapat mengalami psoriasis kulit kepala. Para ahli menyarankan bahwa kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati psoriasis wajah. Menjadi anti-mikroba dan anti-inflamasi, kunyit dapat membunuh bakteri penyebab psoriasis dan mengurangi peradangan kulit . 

6. Mengurangi Lingkaran Hitam

Ilustrasi lingkaran hitam di bawah mata.

Photo :
  • U-Report

Lingkaran hitam di sekitar mata adalah masalah kulit yang umum. Kurang tidur, makan tidak sehat, hiperpigmentasi, atau menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer atau ponsel dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Di sini, kunyit bisa datang untuk menyelamatkan Anda. Sebagai agen pencerah, kunyit bermanfaat bagi kulit Anda dengan meminimalkan munculnya lingkaran hitam dan meningkatkan sirkulasi, sehingga mengurangi bengkak dan mencerahkan kulit di sekitar mata Anda. 

7. Melembabkan Kulit Kering

Kulit kering di musim dingin adalah skenario yang biasa. Itu bisa membuat kulit Anda tampak kusam dan dehidrasi. Tapi dengan kunyit, Anda bisa meredakannya. Menerapkan produk perawatan kulit yang mengandung kunyit atau masker atau paket kunyit buatan sendiri sangat membantu untuk melembabkan kulit Anda. Ini meningkatkan proses pengangkatan sel kulit mati sehingga sel-sel kulit baru dapat beregenerasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya