Ini Resep Mudah Sajikan Minuman Herbal Kaya Khasiat di Musim Pancaroba

Minuman herbal
Minuman herbal
Sumber :
  • Times of India

VIVA LifestyleMusim pancaroba biasanya kita kerap mengalami pilek dan flu. Flu dan pilek yang menyerang bisa menganggu aktivitas sehari-hari.

Di musim pancaroba seperti sekarang, kondisi cuaca seringkali tidak menentu. Panas matahari menyengat di siang hari, tiba-tiba hujan mengguyur dengan deras.

Dan akibat kondisi cuaca yang sering kali tak menentu tersebut, maka risiko akan mudahnya pemicu perkembangbiakan bakteri dan mutasi virus ang dapat mengganggu kita pun kian patut jadi perhatian.

Kedengarannya mengerikan ya, guys. Tak heran, di musim pancaroba banyak orang yang terjangkit penyakit menular seperti pilek, demam, panas dalam, sakit tenggorokan, masuk angin dan lainnya.

Jika terserang penyakit tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengurangi produktivitas. Oleh karena itu, di musim pancaroba ini sebaiknya kamu pandai-pandai menjaga kesehatan.

Bagi Anda yang ingin mencegah flu dan pilek di musim pancaroba seperti saat ini, rupanya ada sebuah resep mudah minuman herbal yang gampang untuk bisa dibuat di rumah.

Ilustrasi herbal Indonesia, jahe dan madu.

Ilustrasi herbal Indonesia, jahe dan madu.

Photo :
  • U-Report

"Dalam menghadapi semua perubahan yang memang sehari-hari mudah sekali, dan mudah kita temukan di dapur kita serta yang sifatnya adaptogenik dengan tubuh, yakni bahan-bahan seperti jahe, kunyit, lengkuas dan kencur," ungkap dokter Dian Elco M.Si (Herbal).

"Selain itu juga, bahan-bahan ini pun bisa membantu untuk mengatasi permasalahan perubahan cuaca terhadap daya tahan tubuh kita menjadi seperti gampang terserang batuk, pilek, diare dan flu," lanjutnya.

Minuman herbal itu pun dipercaya akan bisa mencegah flu dan pilek di musim pancaroba seperti sekarang ini. Dengan mengonsumsi minuman ini, ramuan sederhana ini bisa bikin tubuhmu tetap fit di musim yang nggak tentu.

Yuk kita coba resep minuman herbal ini yang diulas langsung oleh dr Dian Elco M.Si (Herbal) dalam program Hidup Sehat tvOne, edisi Senin 22 Agustus 2022 berikut ini:

TEH BUGAR
1 Ruas jahe dimemarkan
1/2 Ruas kencur dimemarkan
3 Iris lengkuas
1 Ruas kunyit dimemarkan
1 Batang kayu manis
4 Buah cengkeh
2 Gelas air
Gula batu atau madu secukupnya

Cara Membuat:
- Cuci bersih semua bahan
- Masukkan satu persatu ke dalam air
- Didihkan selama 10-15 menit
- Angkat dan saring
- Minum 1-2 kali sehari setelah makan