Vaksin Cacar Monyet Diberikan Setelah Terpapar

Infografik Cacar Monyet Masuk RI
Sumber :
  • VIVA/ Endri Widada

VIVA Lifestyle – Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSUI dr. Anindia Larasati mengatakan, vaksin untuk cacar monyet yakni JYNNEOS (Imvamune/Imvanex) diberikan setelah seseorang terpapar penyakit.

Kemenkes Ingatkan Masyarakat Waspadaai Email Phishing Mengatasnamakan SATUSEHAT

 Anindia menjelaskan, seperti dikutip dari Antara, cacar monyet atau monkeypox disebabkan virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis). Virus dapat ditularkan ke manusia bila terjadi kontak langsung dengan hewan terinfeksi (gigitan atau cakaran) atau manusia lain yang terkonfirmasi monkeypox.

Cacar monyet

Photo :
  • times of india
Bocah 7 Tahun di Makassar Mesum di Kuburan, Mengaku Karena Sering Nonton Film Porno

Mengutip beberapa sumber, pedoman terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengingatkan agar setiap orang selalu waspada terhadap penyebaran virus ke anggota keluarga di rumah, termasuk hewan peliharaan.

Terkait vaksin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, vaksin tidak 100 persen efektif dalam keadaan apapun. Kita dapat menurunkan risiko terpapar dengan cara membatasi kontak dekat dengan orang yang dikonfirmasi cacar monyet atau dengan hewan yang dapat terinfeksi.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Langkah berikutnya, rutin membersihkan dan mendisinfeksi lingkungan yang bisa saja terkontaminasi virus dari seseorang yang menularkan.

Bagi pasien yang sudah terkonfirmasi cacar monyet, diharuskan mengisolasi diri dari orang lain sampai semua lapisan kulit baru (setelah lesi muncul) terbentuk. Agar mencegah penularan virus ke orang lain.

Kemudian, virus juga dapat ditularkan melalui cairan seksual. Sebaiknya, gunakan kondom sebagai tindakan pencegahan saat melakukan kontak seksual selama 12 minggu setelah pulih.

Secara global, lebih dari 38.000 kasus cacar monyet telah dikonfirmasi, termasuk lebih dari 13.500 kasus di Amerika Serikat. Sebagian besar kasus cacar monyet telah terdeteksi pada gay dan biseksual.

Penelitian penyakit yang berasal dari hewan termasuk cacar monyet

Photo :
  • AP Photo/Allen Sullivan

Sebelumnya, pada Sabtu 20 Agustus 2022. Kementerian Kesehatan mengumumkan kasus terkonfirmasi cacar monyet pertama di Indonesia. Pasien pertama tersebut merupakan pria 27 tahun asal Jakarta yang sempat bepergian ke luar negeri yang dikonfirmasi  terdapat kasus cacar monyet.

Dengan adanya penemuan kasus cacar monyet ini, Kementerian Kesehatan melalui juru bicaranya, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, meminta masyarakat untuk tidak panik. Hal itu karena derajat penyakit ini tidak terlalu berat dibandingkan dengan COVID-19.

Lebih lanjut, terkait vaksinasi cacar monyet, Syahril mengungkap bahwa untuk sementara ini WHO belum memberikan rekomendasi vaksinasi massal sebagaimana halnya COVID-19. Meski demikian, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan telah melakukan proses untuk pengadaan vaksinasi cacar monyet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya