Sederet Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Kulit Sehat

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat
Sumber :
  • SNP Lab

VIVA Lifestyle  – Kulit Anda pastinya membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat untuk melakukan pekerjaan utamanya. Yakni menjadi penghalang yang melindungi seluruh tubuh Anda dari hal-hal di luarnya. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Untuk membantu menjaga kulit Anda terlihat, bekerja, dan merasa baik, maka penuhi beberapa nutrisi berikut ini yang baik untuk kulit Anda. Lantas, apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kita?

Berikut ini akan kami bagikan sederet nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap terawat dan terjaga, melansir dari webmd.com:

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

Ilustrasi Menjaga Kecantikan Kulit

Photo :
  • U-Report

Lemak Sehat

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Beginilah cara kulit Anda mendapatkan "cahaya". Terlalu sedikit lemak dalam diet Anda dapat membuat kulit Anda keriput dan kering.

Fokus pada lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dari tanaman seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat dan dari ikan. Ini membantu kulit Anda tetap lembab, kencang, dan fleksibel, dan lebih baik untuk jantung Anda daripada lemak jenuh.

Asam lemak omega-3 adalah sejenis lemak tak jenuh ganda, yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda tetapi dibutuhkan untuk membangun dinding sel. Mereka juga memblokir bahan kimia yang memungkinkan kanker kulit tumbuh dan menyebar, dan mereka dapat menurunkan peradangan.

Protein

Sumber protein

Photo :
  • Times of India

Tubuh Anda mengubah protein yang Anda makan menjadi bahan penyusun yang disebut asam amino dan menggunakannya kembali untuk membuat protein lain, termasuk kolagen dan keratin yang membentuk struktur kulit. Asam amino juga membantu mengelupaskan kulit tua.

Beberapa asam amino adalah antioksidan yang melindungi sel-sel kulit terhadap sinar UV dan dari "radikal bebas" yang dibuat ketika tubuh Anda memecah makanan tertentu atau berada di sekitar asap rokok.

Vitamin A

Sumber vitamin K

Photo :
  • times of india

Baik lapisan atas dan bawah kulit membutuhkan vitamin A. Vitamin A tampaknya mencegah kerusakan akibat sinar matahari dengan mengganggu proses yang memecah kolagen. Karena merupakan antioksidan, ini dapat memberikan perlindungan pada kulit Anda dari sengatan matahari (walaupun tidak sebanyak memakai tabir surya). Ini membantu kelenjar minyak di sekitar folikel rambut Anda bekerja dan juga dapat membantu menyembuhkan luka dan goresan, terutama jika Anda menggunakan steroid untuk mengurangi peradangan.

Tanpa vitamin A yang cukup, kulit Anda mungkin menjadi kering dan gatal atau bergelombang.

Ilustrasi Kulit Sehat

Photo :
  • Ms Glow

Vitamin C

Vitamin C

Photo :
  • Times of India

Pikirkan "C" untuk kolagen: Vitamin ini membantu jaringan protein yang bengkok mempertahankan bentuknya. Ini juga merupakan antioksidan kuat, melindungi Anda dari radikal bebas dan mungkin menurunkan kemungkinan kanker kulit. Kadar vitamin C yang rendah dapat menyebabkan gusi mudah memar dan berdarah, serta luka yang penyembuhannya lebih lambat.

Vitamin E

Sumber vitamin E

Photo :
  • Times of India

Antioksidan dan anti-inflamasi ini juga dapat menyerap energi dari sinar UV, yang merusak kulit dan menyebabkan keriput, kendur, dan kanker kulit. Ia bekerja dengan vitamin C untuk memperkuat dinding sel.

Seng

Lapisan luar kulit Anda memiliki lima kali lebih banyak mineral ini daripada lapisan di bawahnya. Seng membantu kulit Anda sembuh setelah cedera. Ini diperlukan untuk menjaga dinding sel tetap stabil dan agar sel membelah dan berspesialisasi saat mereka tumbuh.

Seng dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV karena cara kerjanya dalam kaitannya dengan logam lain di tubuh Anda, seperti besi dan tembaga. Ini juga bertindak seperti antioksidan.

Terlalu sedikit seng dapat terlihat seperti eksim, tetapi ruam gatal tidak akan membaik jika Anda mengoleskan pelembap dan krim steroid di atasnya.

Selenium

Selenium adalah mineral yang membantu antioksidan tertentu melindungi kulit Anda dari sinar UV. Kekurangan selenium telah dikaitkan dengan kemungkinan kanker kulit yang lebih besar.

Makanan dan Suplemen

Suplemen sperma

Photo :
  • menshealth

Secara umum, buah dan sayuran adalah pilihan yang baik karena memiliki vitamin yang ramah kulit dan antioksidan lainnya. Beberapa makanan mengandung lebih dari satu nutrisi untuk kulit Anda, yang seringkali membantu mereka bekerja lebih baik:

  • Ikan berlemak (salmon, sarden, tuna): protein, omega-3, selenium
  • Sayuran hijau tua (kangkung, bayam, sawi): vitamin A, C, dan E; omega-3; protein -- ditambah selenium dalam bayam
  • Telur: protein, vitamin A dan E, selenium, seng
  • Biji rami: omega-3, selenium
  • Kacang-kacangan (lentil, buncis): protein, seng
  • Alpukat: lemak sehat, vitamin C dan E
  • Minyak zaitun extra virgin: lemak sehat, vitamin E

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda khawatir Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi penting ini dari makanan Anda untuk memastikan suplemen tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda dengan cara lain.

Minyak ikan adalah sumber omega-3, misalnya, tetapi mengonsumsinya mungkin bukan ide yang baik jika Anda menggunakan pengencer darah atau memiliki sistem kekebalan yang lemah. Dan suplemen seng dapat membuat beberapa antibiotik kurang efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya